banner iklan

Pengertian dan Ciri-ciri Wirausaha

Aththaariq Rizki
Ilustrasi wirausaha

Daftar Isi


Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah pelaku usaha atau kegiatan niaga yang berdiri sendiri, dengan syarat seluruh sumber daya dan usaha didukung oleh sang pelaku untuk menentukan produk baru, menentukan konsep dan proses produksi, mengembangkan strategi pemasaran, dan mengelola modal.

Tujuan dari usaha ini adalah untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih besar daripada yang diproses sebelumnya. Seorang wirausaha bertanggung jawab atas persiapan dan pengoperasian seluruh proses bisnis, mulai dari pembelian hingga pemasaran produk.

Seringkali, wirausaha juga disebut sebagai wiraswasta. Beberapa ahli berpendapat bahwa wirausaha berarti seseorang yang memiliki usaha atau bisnis, sedangkan wiraswasta berarti bekerja sendirian, meskipun untuk orang lain. Dalam hal ini, perbedaan wirausaha dan wiraswasta terletak pada sikap mental dan/atau bentuk usaha/kegiatan.

Menurut Bygrave (2009) ada 10 karakteristik kewirausahaan yang dikenal dengan sebutan 10D yaitu :

  1. Dream (Mimpi),
  2. Decisiveness (Ketegasan),
  3. Doers (Kemauan Kerja),
  4. Determination (Ketetapan Hati),
  5. Dedication (Dedikasi),
  6. Devotion (Kesetiaan),
  7. Details (Rinci),
  8. Destiny (Nasib),
  9. Dollars (Uang),
  10. Distribute (Distribusi).

Definisi Wirausaha Menurut Ahli

  • Richard Cantillon (1775): kewirausahaan didefinisikan sebagai wiraswasta, yaitu saat seorang pengusaha membeli barang sekarang dengan harga tertentu dan menjualnya di masa depan dengan harga yang tidak pasti.
  • JB Say (1803): wirausahawan adalah seorang pelaku usaha yang dapat mengelola sumber dayanya secara ekonomis (efektif dan efisien) dan dari produktivitas rendah ke tinggi.
  • Penrose (1963): kewirausahaan melibatkan identifikasi peluang dalam sistem ekonomi.
  • Harvey Leibenstein (1968, 1979): kewirausahaan mencakup kegiatan yang diperlukan untuk memulai atau menjalankan bisnis ketika tidak semua pasar ditentukan atau ditentukan dengan baik atau komponen fungsi produksi tidak sepenuhnya diketahui.
  • Dan Stein dan John F. Burgess (1993): wirausahawan adalah seseorang yang tahu bagaimana mengelola, mengatur, dan berani mengambil semua risiko untuk menciptakan peluang bisnis dan bidang bisnis baru.
  • Suharto Prawiro: kewirausahaan merupakan nilai penting yang dibutuhkan sebagai modal awal dalam menjalankan usaha dan mengembangkan usaha.
  • Joseph Schumpeter: wirausahawan adalah seseorang yang memiliki peluang dan dapat mengubah peluang tersebut menjadi bisnis yang menguntungkan.
  • Arif F. Hadipranata: wirausahawan adalah seseorang yang berani mengambil resiko dalam segala aktivitas bisnisnya.
  • Kasmir: wirausahawan adalah seseorang yang berani mengambil resiko dari peluang bisnis yang ada dengan harapan dapat mengambil pelajaran baru dari peluang yang diraihnya.
  • Thomas W. Zimmerer: kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan berbagai jenis masalah dan dapat memanfaatkannya menjadi sebuah bisnis.

Ciri-ciri Wirausaha

Ciri-ciri seorang wirausaha menurut para ahli adalah:

  1. Optimis
  2. Melihat peluang di masa depan
  3. Berani mengambil risiko
  4. Kreatif dan punya inovasi
  5. Berjiwa kepemimpinan
  6. Berorientasi pada hasil atau keuntungan.

Dalam memulai bisnis, seorang wirausaha harus menawarkan produk atau metode produksi baru, yang membuat pasar tertarik untuk membelinya. Tanpa inovasi, tidak akan berdiri sebuah usaha yang menguntungkan. Wirausaha yang sukses biasanya adalah mereka yang mampu menyelesaikan sebuah masalah di masyarakat, yang belum punya solusi sebelumnya. Seorang wirausaha juga harus punya akses ke modal yang cukup untuk memulai usahanya.

Seorang wirausaha yang membuka usaha berjualan makanan, misalnya, pastinya harus punya keahlian dalam mengolah dan mengelola produksi makanan tersebut. Sayangnya, itu saja tidak cukup. Di samping punya keahlian memasak misalnya, seorang wirausaha ini harus punya keterampilan manajemen yang baik. Tidak jarang sebuah usaha bangkrut karena manajemen keuangan dan sumber daya manusia yang buruk, bahkan jika produknya sendiri bagus.

Seorang wirausaha harus paham bahwa produk dan jasa tidak bisa terjual dengan sendirinya. Maka, wirausaha harus punya pemahaman target pasar, pemahaman kebutuhan pasar, kemampuan membaca peluang, dan kemampuan komunikasi yang baik. Serangkaian keahlian ini disebut juga dengan pemasaran atau marketing.

Kelebihan Berwirausaha

  • Bebas mengatur jam kerja dan hari libur
  • Menciptakan lapangan kerja baru
  • Penghasilan tidak terbatas
  • Mengembangkan potensi diri
  • Kepuasan pribadi

Kekurangan Berwirausaha

  • Resiko kehilangan investasi
  • Beban kerja lebih berat
  • Penghasilan tidak menentu
  • Perlu banyak keahlian dan pengetahuan, termasuk manajemen

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Aththaariq Rizki
Aththaariq Rizki

Saya seorang konsultan yang tertarik pada penulisan terkait software ERP, Data Analisis, dan Supply Chain Management

You Might Also Like