Pengertian dan Jenis Kegiatan Distribusi

pengertian_dan_jenis_kegiatan_distribusi

Apa itu kegiatan distribusi? Sebenarnya kegiatan ini erat kaitannya dengan aktivitas perdagangan. Ini merupakan sebuah kegiatan yang memiliki peran sangat penting agar nanti barang bisa sampai ke konsumen dengan kondisi yang baik. Aktivitas distribusi berfokus pada bagaimana penyampaian atau pengiriman barang dari produsen menuju konsumen secara aman dan tepat.

Penjelasan Kegiatan Distribusi

Distribusi merupakan sebuah penyaluran yang mana di dalamnya melibatkan proses pengiriman atau penyampaian barang pada beberapa orang maupun beberapa tempat. Jika ditinjau berdasarkan perspektif bisnisnya, aktivitas distribusi ini merupakan upaya yang diharapkan bisa mempermudah proses pengiriman maupun penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.Kegiatan distribusi juga memiliki hubungan dengan aktivitas pemasaran. Bagi mereka yang menjalankan bisnis, mereka harus berusaha agar produk maupun jasanya bisa menyebar luar dan tepat sasaran sesuai kebutuhan. Para pebisnis distribusi atau yang biasa disebut distributor harus memiliki rasa tanggung jawab serta berperan sebagai fasilitator. Dengan begitu para konsumen bisa memperoleh barang dan jasa secara tepat. Para distributor tersebut bisa membeli barang dari produsen terlebih dahulu dan selanjutnya menjual barang tersebut kembali. Di dalam perekonomian modern seperti sekarang, untuk jalur distribusi bisa semakin singkat karena hadirnya teknologi digital.Sebelumnya ketika kamu ingin memasarkan produk yang ada di luar pulau atau bahkan luar negeri maka akan terasa sulit. Namun hadirnya teknologi digital membuat proses pengiriman menjadi lebih mudah dan cepat. Misalnya kamu bisa memesan barang melalui marketplace online. Kamu dapat membeli barang apa saja dan di mana saja.Kamu tidak harus mengunjungi toko untuk bisa mendapatkan barangmu tersebut. Proses pengiriman barang juga lebih mudah. Apalagi jika marketplace tersebut menawarkan bonus. Biaya pengiriman barang bahkan bisa gratis.

Jenis Kegiatan Distribusi

  1. Langsung

Jenis pertama dari kegiatan distribusi adalah distribusi langsung. Untuk jenis yang pertama ini biasanya dilakukan produsen kecil dengan. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya distribusi. Pihak produsen dapat menjual produknya secara langsung kepada konsumen. Caranya adalah dengan melakukan pemasaran, penjualan, serta pengiriman barang itu sendiri.

  1. Tidak Langsung

Dalam distribusi tidak langsung, produsen akan mengandalkan jasa para penyalur atau distributor. Para penyalur tersebut bisa berupa retail maupun grosir. Secara umum, untuk distribusi tidak langsung biasanya dilakukan oleh produsen yang berskala besar. Tujuan melakukan distribusi ini agar bisa menjangkau pasar secara lebih luas.Sementara untuk cara kerjanya adalah dengan kerap memasarkan produk tahan lama. Selain itu, untuk proses distribusinya juga memerlukan waktu yang cukup lama. Misalnya mulai proses pengambilan barang ke produsen, penempatan stok barang yang ada di gudang penyalur, kemudian menjualnya pada retailer.

  1. Semi Langsung

Jenis distribusi yang ketiga ini adalah distribusi yang kelompoknya berfokus pada jalur distributor secara khusus. Di dalam kegiatan distribusi barang, memang harus memerlukan penanganan tertentu. Tahap ini mengharuskan produsen agar dapat mengontrol distributor yang berasal dari perusahaanmu. Misalnya distribusi dengan barang yang lebih mahal serta lebih mewah.

Tujuan Kegiatan Produksi

Kegiatan distribusi tentunya memiliki beberapa tujuan. Di antaranya:

  1. Jaminan Proses Produksi

Alur distribusi harus bisa menjaga hubungan antar proses produksi. Dengan begitu, maka barang tidak akan menumpuk di gudang terlalu lama. Kondisi tersebut berlaku bagi produsen yang bersakala menengah maupun besar. Lalu bagaimana dengan produsen bersakal kecil? Mereka bisa langsung menjual produknya agar bisa mempersingkat alur distribusinya.

  1. Barang atau Jasa Menjadi Lebih Berguna

Tujuan yang kedua dari adanya kegiatan distribusi ini membuat barang maupun jasa tersebut dapat dimanfaatkan konsumen. Akan tetapi, bila tidak sampai disalurkan tepat waktu maka para konsumen kemungkinan tidak dapat menikmati barang maupun jasa tersebut.

  1. Mempermudah Konsumen untuk Mendapatkan Barang atau Jasa

Hal ini bertujuan agar nanti proses distribusi distribusi bisa lebih mudah bagi konsumen dalam menerima barang dan jasa. Mengapa? Karena tidak seluruh konsumen mempunyai akses secara langsung ke produsen. Kita ambil contoh barang yang diproduksi perusahaan atau pabrik besar. Dalam hal ini pihak penyalur harus dapat menjembatani atau menjadi penghubung antara konsumen dengan produsen. Dengan begitu, barang yang dikirimkan bisa sampai ke sasaran secara tepat.

Tugas Distributor

Apa saja tugas seorang distributor? Secara umum tugasnya adalah menjadi penghubung antara produsen dengan konsumen. Untuk selengkapnya, beberapa tugas dari seorang distributor adalah sebagai berikut:

  1. Memasarkan Produk

Distributor sudah seharusnya memiliki kemampuan dalam memasarkan produknya secara baik. Hal ini karena kegiatan distribusi mempunyai peran yang penting. Para konsumen bisa lenbih mengenal produk yang akan dibelinya. Mereka juga akan mendapatkan informasi secara lebih lengkap mengenai produk tersebut.Selain itu, konsumen juga dapat lebih mudah di dalam menemukan mana poroduk yang benar-benar mereka butuhkan. Dengan adanya sistem pemasaran yang baik, konsumen bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan. Biasanya bentuk pemasaran ini bisa berupa potongan harga, cashback, hadiah, maupun berbagai promo menarik lainnya.

  1. Menulis Informasi tentang Produk secara Lengkap

Distributor bertugas memberikan informasi kepada konsumen secara tepat dan jelas mengenai barang yang dipasarkan. Akan tetapi, sebelumnya para konsumen juga harus memiliki informasi secara lebih lengkap terkait kualitas produk, berapa banyak jumlah barang yang dijual, serta berapa harga produk tersebut di pasaran.Dengan mendapatkan informasi secara lengkap dan jelas, konsumen bisa lebih mudah dan cepat di dalam menentukan mana produk yang akan mereka beli sesuai dengan kebutuhan. Informasi tentang produk juga bermanfaat bagi distributor.Para distributor bisa mengetahui seperti apa informasi yang ada di dalam produk ketika produk masih ada di menumpuk di gudang. Jika target sudah tercapai dan mendapatkan keuntungan sesuai yang direncanakan, biasanya para distributor mulai melakukan cuci gudang. Tujuannya agar stok barang cepat habis dan mereka mendapatkan produk yang baru.

  1. Melakukan Penyortiran

Tugas seorang distributor juga melakukan penyortiran produk serta memastikan kualitas dari produk sebelum sampai ke konsumen. Aktivitas ini juga bertujuan untuk memisahkan barang yang bagus dan barang yang reject atau tidak bagus.Itulah beberapa tugas distributor. Selain itu, distributor juga memiliki tugas lainnya yaitu:

  • Menyimpan produk secara baik
  • Mengangkut produk
  • Memasarkan produk dengan harga sesuai dan kompetitif
  • Membeli atau mendapatkan produk dari konsumen

You Might Also Like