banner iklan

Pengertian dan Tips Melakukan WFH (Work From Home)

pengertian_dan_tips_melakukan_wfh

Masa pandemi seperti sekarang ini membuat istilah WFH. WFH adalah akronim dari Works from Home yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti bekerja dari  rumah. Jika kamu sebelumnya bekerja di perusahaan, kantor, sekolah dan lain-lain, maka sekarang kamu harus bekerja dari rumah. WFH memang bermanfaat karena mampu menghindarkanmu dari kemacetan yang terkadang membuat stres.Apalagi jika kamu sedang dikejar waktu sementara kondisi jalanan sedang macet. Namun dengan WFH, kamu cukup melakukan pekerjaanmu dari rumah bahkan mungkin juga sambil mengenakan baju tidur selama bekerja. WFH juga bermanfaat untuk menghindarkanmu agar tidak terpapar virus Covid-19. Jika membahas lebih dalam istilah WFH ini bukan berarti kamu benar-benar bekerja dari rumah.Kamu juga bisa di tempat lain selain di kantormu seperti di restoran atau kafe. Bekerja dengan sistem WFH memang membuat seseorang memiliki fleksibilitas yang lebih baik. 

Kelebihan dan Kekurangan WFH (Work From Home)

Dengan menerapkan WFH, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem kerja tersebut. Beberapa kelebihan WFH adalah sebagai berikut:

Kelebihan WFH (Work From Home)

  1. Menghemat Biaya Pengeluaran

Manfaat pertama dari sistem WFH ih adalah mampu menghemat biaya pengeluaran para karyawan. Bekerja dari rumah bisa menghemat biara makan serta biaya transportasi. Sama halnya dengan perusahaan yang dapat mengatur anggarannya sehingga menjadi lebih hemat. Lain halnya ketika kamu bekerja di kantor.Meskipun kamu mendapatkan biaya makan serta transportasi, terkadang kamu masih ingin membeli makanan di luar. Cobaan inilah yang kemudian membuat biaya makanmu serta transportasi menjadi lebih banyak.

  1. Fleksibel

Adanya WFH juga bermanfaat karena membuat para karyawan menjadi lebih fleksibel. Mereka bisa menentukan ingin bekerja di mana dan di jam berapa. Hal ini karena setiap orang mempunyai jam produktif yang tidak sama antara satu dengan yang lain. Jam kerja sudah tidak terpaku pada sistem jam 8-5 maupun 9-6. Jam makan pun juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Mendekatkan Diri pada Keluarga

Menerapkan sistem kerja dari rumah juga dapat memberikan keuntungan untuk seseorang yang telah berkeluarga. Mengapa? Karena mereka bisa lebih sering berkumpul setelah sebelumnya sibuk karena harus bekerja di kantor. Meskipun begitu, kamu juga harus membedakan kapan waktunya WFH dan kapan harus bersama keluarga. Jangan malah karena WFH membuatmu menjadi lebih santai dan malah produktivitasmu menurun.

Kekurangan Work From Home

Meskipun WFH memiliki kelebihan, nyatanya menerapkan sistem bekerja dari rumah juga memberikan beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan WFH adalah sebagai berikut:

  1. Terganggu Keluarga

Tidak bisa dipungkiri bahwa meskipun WFH membuatmu lebih dekat dengan keluarga namun terkadang kamu tetap merasa terganggu. Apalagi jika di rumahmu ada banyak orang, kemungkinan besar kamu akan terganggu sehingga tidak bisa bekerja dengan tenang. Apalagi jika kamu memiliki anak yang masih kecil. Kamu tidak bisa meninggalkannya begitu saja sehingga kemungkinan kamu malah akan meninggalkan pekerjaanmu.

  1. Jam Kerja yang Tidak Teratur

Sistem work from home memang fleksibel, namun kamu juga jangan sampai terlalu fleksibel. Jangan sampai tidak ada batasan jam kerja dan malah membuatmu malah bekerja selama 24/7. Oleh karena itu, meskipun kamu harus bekerja dari rumah namun kamu juga harus tetap menerapkan jam kerja. Jangan sampai terlalu berlebihan dan jangan pula terlalu santai.

  1. Kurang Termotivasi

Bagi beberapa orang, melihat seseorang yang bekerja di kantor akan menjadi sebuah motivasi. Lingkungan yang memiliki kondisi yang kompetitif akan menjadi sebuah acuan bagi orang lain agar mereka terus bisa melangkah maju. Cara bekerja dari rumah yang sendirian cenderung membuat orang kurang termotivasi. Lingkungan kerja pun bisa menjadi kurang kompetitif.

Tips Bekerja dari Rumah Agar Tetap Produktif

Meskipun kamu tidak ada pilihan lain selain bekerja dari rumah, namun kamu juga harus tetap produktif. Jangan sampai karena WFH membuatmu bermalas-malasan dan sering menunda pekerjaan. Maka dari itu, di sini kami akan membantumu dengan memberikan beberapa tips penting agar bekerja dari WFH tetap produktif.

  1. Usahakan Memiliki Ruang Kerja Sendiri ketika WFH

Tips pertama WFH adalah kamu harus memiliki curang kerja tersendiri pada saat bekerja dari rumah. Ruang kerja tersebut perlu karena akan membuatmu lebih fokus dan bisa menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu. Misalnya kamu meletakkan satu meja dan kursi berukuran kecil pada sudut ruang tamu serta jauh dari sofa agar tidak membuatmu malah bermalas-malasan.Kamu juga bisa bekerja di meja makan sambil mengonsumsi camilan. Idealnya, tempat kerja yang kamu siapkan adalah tempat yang bisa membuatmu lebih fokus. Hindari tempat-tempat seperti tempat tidur atau tempat lain yang bisa membuatmu malah bersantai.

  1. Menetapkan Rutinitas 

Salah satu hal yang cukup sulit bagi orang-orang ketika beradaptasi dengan sistem kerja WFH adalah menetapkan rutinitas. Adaya media sosial malah membuatmu atasan atau klien bisa menghubungimu selama 24.7. Oleh sebab itu, cobalah tetap bekerja sesuai jam kantor yang sudah biasa kamu lakukan. Misalnya kamu bekerja mulai pukul 9 pagi sampai 6 sore. Lakukan jam yang sama ketika WFH.Kamu juga perlu menjadwalkan waktu istirahat yang sama seperti ketika kamu bekerja di kantor. Waktu istirahat tersebut bisa kamu lakukan untuk melakukan kegiatan santai seperti berjalan-jalan di sekitar rumah, duduk sambil minum kopi, atau melakukan aktivitas santai lainnya.Dengan begitu, meskipun kamu sudah terlalu lama melakukan WFH namun kamu tetap tidak akan stres. Aktivitas lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah menonton film atau masak makanan favoritmu.

  1. Berpakaian Rapi

Tips yang ketiga ini mungkin terkesan aneh namun tetap perlu kamu lakukan. Biasanya orang yang bekerja di rumah cenderung memakai pakaian yang santai. Namun untuk tetap menjaga rutinitas serta produktivitas maka kamu perlu berpakaian secara rapi selama bekerja. Ini juga akan membuatmu tetap merasa sedang bekerja sehingga tidak mudah bermalas-malasan. Apalagi jika kamu harus berkomunikasi melalui video call. Atasanmu akan memberikan nilai lebih dan mungkin saja kamu akan menjadi salah satu karyawan teladan.


You Might Also Like