Pengertian Payslip (Slip Gaji) dan Kegunaannya

pengertian_payslip_slip_gaji_dan_kegunaannya

Tanggal gajian merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh para karyawan dalam sebuah perusahaan maupun non-perusahaan dalam aktivitas kerja mereka. Gaji sendiri merupakan suatu kewajiban dalam bentuk tunai yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawannya karena telah menggunakan waktu, tenaga, dan pikiran karyawannya selama periode tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan.Beberapa perusahaan di dalam membayarkan gajinya kepada karyawan terkadang memberikan selembaran slip gaji sebagai tanda bukti bahwa perusahaan tersebut sudah melaksanakan kewajibannya dalam membayar gaji kepada karyawan. Lembaran slip gaji tersebut berupa dokumen yang nantinya akan dicetak oleh perusahaan untuk diberikan kepada karyawan karena tidak sedikit dari para karyawan yang memerlukan slip gaji untuk menunjang kebutuhan hidupnya sendiri.Slip gaji (payslip) memiliki pengertian yaitu sebuah bukti resmi penerimaan gaji kepada para karyawan yang diberikan oleh perusahaan tempatnya bekerja atau diberikan oleh si pemberi gaji. Pada umumnya selembaran slip gaji memuat tentang gaji bersih yang diterima oleh karyawan seperti gaji pokok, penambahan gaji (bisa dari uang lembur dan lain sebagainya), potongan gaji, dan terkadang berisi nilai pinjaman yang dipinjam oleh karyawan terhadap perusahaan atau si pemberi gaji.Slip gaji yang diterima oleh karyawan ternyata memiliki beberapa kegunaan yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Berikut beberapa kegunaan dari slip gaji:

  1. Sebagai rujukan saat melamar pekerjaan baru

Dengan adanya slip gaji yang dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan maka perusahaan tempat kita melamar pekerjaan akan mengetahui bahwa kita pernah bekerja di perusahaan apa dengan nominal gaji berapa. Hal ini akan memberikan referensi bagi perusahaan untuk memperkirakan berapa nominal gaji yang layak diberikan oleh si pelamar pekerjaan berdasarkan keahlian yang dimilikinya.

  1. Sebagai pengajuan cicilan kendaraan bermotor

Bagi yang ingin membeli motor tetapi uang yang dibutuhkan tidak mencukupi, maka dapat melakukan kredit atau cicilan motor. Beberapa tempat cicilan atau kredit motor memiliki beberapa persyaratan dokumen yang harus dipenuhi agar dapat membeli motor dengan kredit angsuran seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, buku tabungan, surat nikah, bahkan ada yang menyertakan slip gaji kerja. Slip gaji biasanya digunakan sebagai bukti bahwa si pembeli memiliki pekerjaan tetap dan mampu membayar cicilan motor setiap bulannya.

  1. Sebagai pengajuan cicilan alat elektronik

Bagi yang ingin melakukan cicilan alat elektronik, pembeli dapat menunjukkan slip gaji yang dimilikinya. Slip gaji akan dijadikan pertimbangan dalam kemampuan membayar cicilan setiap bulannya dan menjadi pertimbangan atas jangka waktu cicilan yang akan diambil.

  1. Sebagai pengajuan KPR untuk membeli rumah

Bagi yang ingin membeli rumah dengan bantuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), slip gaji merupakan salah satu syarat dokumen dari bank yang harus tersedia. Umumnya bank akan meminta slip gaji selama tiga sampai enam bulan berturut-turut dengan masa waktu kerja lebih dari setahun.

  1. Sebagai pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Slip gaji merupakan salah satu syarat yang harus ada jika ingin mengajukan kredit tanpa agunan. Kredit ini dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan hidup seperti pendidikan, kesehatan, renovasi rumah, pernikahan, dan kebutuhan lainnya. Pihak bank akan menilai slip gaji para kreditur apakah layak untuk mendapatkan fasilitas KTA tersebut atau tidak. Dengan adanya slip gaji maka pihak bank dapat mengetahui kemampuan para kreditur dalam membayar tagihan cicilan setiap bulannya. Nominal gaji yang diterima setiap bulannya dalam slip gaji akan menentukan besar kecilnya nominal cicilan yang dapat diambil oleh para kreditur.Berikut penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan slip gaji dan beberapa kegunaan dari slip gaji itu sendiri. Dengan adanya pembahasan ini, maka diharapakan akan memberikan pengetahuan lebih mengenai dunia akuntansi.


You Might Also Like