Penting! Ketahui Apa itu Stok Persediaan, Beserta Cara Mengelolanya

Penting! Ketahui Apa itu Stok Persediaan, Beserta Cara Mengelolanya

Dalam mengelola suatu perusahaan, tentunya akan terdiri dari bagian-bagian yang penting bagi perusahaan tersebut. Mulai dari laporan keuangan, pengelolaan transaksi, manajemen inventory dan mengelola konsumen atau pelanggan. Setidaknya, jika anda adalah pemilik perusahaan, maka beberapa istilah tersebut harus dikuasai oleh anda. Pasalnya mereka adalah dasar yang memiliki peran penting pada perusahaan.Sebenarnya mengelola usaha atau perusahaan dengan baik bukan berarti anda harus memahaminya hingga expert. Namun, anda hanya perlu memahami dasar-dasar yang ada, entah itu pengelolaan perusahaan yang seperti apa. Yang perlu diperhatikan oleh anda adalah dalam mengelola perusahaan, dasar-dasar tersebut akan berurusan dengan anda yang sebagai pemilik perusahaan.Akan tetapi, dalam hal ini anda tak perlu khawatir, karena aplikasi jurnal stock dapat membantu anda dalam pengelolaan stok barang yang dimiliki oleh perusahaan anda sendiri. Berbicara tentang aplikasi stok persediaan online, dimana pembahasan ini akan berfokus pada pengertian tentang apa itu stok persediaan dan bagaimana cara mengelolanya. Pembahasan detailnya, anda dapat simak pembahasan demi pembahasan dibawah ini.

Apa itu Stok Persediaan?

Apa itu stok persediaan? Umumnya, kata stok dan persediaan barang merupakan barang yang sudah disimpan oleh perusahaan yang nantinya akan dijualkan pada periode berikutnya. Maksudnya disini, stok persediaan berarti harus dan tetap dijaga sehingga proses produksi serta pemasaran perusahaan tak terhambat. Maka dari itu, pemanfaatan dari aplikasi stok gudang online sangat perlu diperhatikan.Aplikasi inventory control terbaik itu akan memantau stok barang yang berada di dalam gudang perusahaan. Aplikasi persediaan terbaik di Indonesia ada banyak juga yang dapat digunakan, jadi anda hanya perlu memilih aplikasi stock barang terbaik 2023 dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.Menurut KBBI, stok adalah persediaan barang, dengan fungsinya untuk perbekalan barang dagang. Tapi adapula yang mendefinisikan bahwa stok persediaan adalah penyimpanan barang perusahaan atau barang dagang yang nantinya diperjualkan untuk kinerja bisnis usaha, atau bahan yang dipakai masih dalam proses produksi. Dalam hal ini, persediaan barang perusahaan akan menjadi lebih mudah pada proses produksi jika memanfaatkan software pengelola barang persediaan online.Namun, perlu diketahui kalau persediaan yang seperti ini bukan hanya dikhususkan untuk barang atau produk yang telah jadi, melainkan barang setengah jadi maupun masih mentah yang dijadikan sebagai bahan baku. Dalam pengelolaan bahan baku biasanya perusahaan profesional akan memanfaatkan aplikasi manajemen bahan baku sehingga mereka bisa mendapatkan penghematan waktu luang.Memang banyak juga perusahaan yang masih melakukan manajemen inventory dengan cara manual, tapi akan menjadi lebih mudah jika mengelolanya dengan bantuan fitur aplikasi stok barang terbaru 2023. Hal tersebut mungkin karena beberapa aplikasi manajemen inventory terbaik tahun 2023 memiliki beberapa keunggulan tersendiri sehingga mempermudahkan pemilik perusahaan dalam pengelolaan persediaan stok perusahaannya.

Bagaimana Cara Mengelolanya?

Sesudah anda mengetahui tentang apa itu stok persediaan, agar lebih jelas lagi penjelasan mengenai stok persediaan, sebaiknya anda mencari tahu tentang bagaimana cara mengelolanya. Bisa dibilang dalam pengelolaannya, dimana anda dapat melakukannya dengan mudah, mengingat di era teknologi yang berkembang ini, anda dapat memanfaatkan software stok persediaan terbaik 2023.Meskipun  diluaran sana ada banyak aplikasi manajemen inventory untuk pabrik dengan fitur-fitur unggulan aplikasi manajemen inventory untuk outlet. Tetap saja anda harus memperhatikan beberapa faktor penting dalam pengelolaannya. Coba disimak dengan baik poin-poin yang sudah tersusun rapi dibawah ini.

1. Mengelompokkan Persediaan Barang

Cara yang harus dilakukan oleh pemilik perusahaan dalam mengelola stok persediaan barang adalah dengan mengelompokkan barang yang ada. Dalam proses pengelompokkan barang yang seperti ini, dimana sebuah perusahaan dalam mengelompokkannya dengan sesuai apa yang menjadi kebutuhan perusahaan itu sendiri.Sebagai contohnya, suatu perusahaan mengelompokkan barang yang yang bisa hilang dengan mudah, dan ada juga kelompok barang yang tidak mudah hilang. Kemudian buatlah kelompok barang yang lebih cepat laku atau laris manis dan barang mana yang mempunyai masa waktu yang lebih lama.Perlu diketahui kalau proses pengelompokkan ini akan mempermudahkan anda dalam melakukan manajemen persediaan barang yang ada. Hal ini juga sudah termasuk dengan pemantauan hingga mengatur barang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Inilah yang menjadi alasan kenapa pengelompokkan barang di gudang perusahaan itu sangat penting dilakukan.

2. Bedakan Barang Mahal dan Tidak

Bagaimana cara mengelola stok persediaan barang perusahaan? Secara umum, dalam mengelola persediaan stok barang yang ada, dimana mereka harus membedakan barang yang mempunyai harga mahal dengan barang mana yang harganya tidak mahal. Hal yang seperti ini akan membantu perusahaan menjadi lebih mudah dalam memanajemen persediaan perusahaan.Ketahuilah terlebih dahulu kalau barang dengan harganya yang mahal, dimana barang tersebut lebih mudah dan cepat hilang. Maka dari itu, untuk memanajemen persediaan, yang mana seorang pemilik perusahaan harus teliti dalam pengontrolan persediaan stok barang yang ada. Cara termudahnya, mungkin anda dapat mengetahui dan mengontrol setiap barang yang ada hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. Misalnya aplikasi inventory barang Ukirama.Hal yang seperti ini perlu anda perhatikan, mengingat pengontrolan barang yang baik dan benar bisa membuat perusahaan terhindar dari kerugian. Maksudnya disini, suatu perusahaan tidak akan dirugikan dengan adanya barang yang memiliki harga mahal, dan kemudian barang mahal tersebut itu hilang.

3. Periksa Ketersediaan Barang Terjual

Yang selanjutnya, dalam mengelola stok persediaan barang perusahaan, dimana mereka harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan yang dimaksud adalah memeriksa ketersediaan barang yang sudah terjual. Dimana ini adalah salah satu aktivitas yang sangat membantu dalam manajemen persediaan barang perusahaan yang ada. Jadi, sangat penting untuk anda melakukan pemeriksaan ketersediaan barang pada waktu-waktu tertentu.Memeriksa persediaan stok barang atau biasanya disebut dengan stock opname dapat dilakukan oleh anda di tiap hari. Yang mana anda akan memeriksa jumlah barang yang sudah terjual dan jumlah barang yang belum terjual atau masih tersisa.  Perlu anda tahu kalau hal yang seperti ini sangat membantu anda dalam melakukan manajemen persediaan dan selalu update pada jumlah barangnya.

4. Harus Disiplin

Apapun jenis pekerjaan kita saat ini, sifat disiplin adalah salah satu kunci kesuksesannya. Hal yang seperti ini juga berlaku pada proses pencatatan terhadap stok barang. Yang mana ini adalah yang yang harus dilakukan selama perusahaan memanajemen persediaan stok barangnya. Tapi, anda harus tahu bahwa disiplin disini, dimana anda harus rutin untuk memeriksa barang serta mengelompokkan barang yang ada sesuai dengan label dan tempatnya.Hal yang seperti ini penting dilakukan bagi kita sebagai pemilik perusahaan. Karena dengan disiplin yang seperti ini, maka hal tersebut dapat mengurangi keadaan yang mana persediaan barangnya menjadi berantakan. Tentu saja persediaan barang yang berantakan akan menyebabkan kehilangan barang lebih mudah hilang. Maka dari itu, sangat penting untuk disiplin melakukan pengecekan dan pengelompokkan barang yang baik dan benar.

5. Stok Barang Restan

Yang paling terakhir, dimana anda harus melakukan stok barang restan. Maksud dari stok barang restan ini adalah barang-barang maupun item yang mungkin tidak terpajang kembali atau sudah tidak terjual. Stok barang yang tak terjual laku serta tidak dipajang dan hanya disimpan di gudang saja, hal tersebut merupakan produk atau barang restan.Solusi terbaiknya, anda harus memanfaatkan manajemen stock barang restan online. Dimana anda dapat mengontrol barang-barang tersebut dengan cara yang baik jika memanfaatkan manajemen restan online. Dengan begitu, perusahaan anda akan terhindar dari kondisi barang yang hilang dan tidak tercatat.Barang-barang tersebut juga harus dikelompokkan sehingga stok barang lainnya tidak menyatu. Karena jika stok barang restan dengan stok barang lainnya menyatu, maka ini akan membuat manajemen persediaannya menjadi kacau dan berantakan. Jadi, bagi anda yang tidak ingin gudang persediaan barang berantakan, maka anda harus hindari hal-hal tersebut.

Kelola Stok Barangnya dengan Ukirama

Dalam mengontrol stok persediaan, seperti yang sudah disebut tadi diatas, dimana anda dapat menggunakan software Ukirama yang merupakan aplikasi akuntansi terbaik dengan fitur-fitur unggulan yang bisa mengatasi masalah-masalah mengenai stok barang perusahaan anda. Selain itu, software tersebut juga dapat membantu anda dalam mengontrol stok persediaan barang.Dengan software Ukirama, maka anda dapat mengelola hutang piutang yang tak tertagih dengan pembuatan laporan keuangan yang makin mudah dan masih ada banyak hal lainnya yang dapat anda lakukan dengan Ukirama software tersebut.Mulai saat ini, anda sudah tahu kan betapa pentingnya stok persediaan barang harus rapi dan betapa pentingnya juga peranan aplikasi atau software Ukirama yang ada. Semoga melalui informasi yang sudah dijelaskan diatas, anda semua yang telah membacanya bisa membuat wawasan anda makin bertambah. Terimakasih…


You Might Also Like