banner iklan

Penting! Ketahui Cara Membuat Laporan Stok Barang Untuk Perusahaan dengan Microsoft Excel secara Mudah

Penting! Ketahui Cara Membuat Laporan Stok Barang Untuk Perusahaan dengan Microsoft Excel secara Mudah

Penting! Ketahui Cara Membuat Laporan Stok Barang Untuk Perusahaan dengan Microsoft Excel secara Mudah 

Laporan stok barang sangat berguna untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan dengan memiliki laporan stok barang, perusahaan dapat mengetahui barang yang ada di inventory nya. Sehingga secara jangka panjang perusahaan dapat mengetahui apakah persediaan barang yang dimiliki sudah efektif dalam memperoleh keuntungan yang diproyeksikan perusahaan. Lantas, hal tersebut berujung pada sebuah pertanyaan terkait bagaimana cara membuat laporan stok barang masuk dan keluar. Terutama pada Microsoft Excel yang merupakan metode paling sederhana dan mudah dalam membuat laporan stok barang.Pembuatan laporan inventaris masuk dan keluar dengan Excel dapat dilakukan untuk mengelola bisnis retail, restoran, manufaktur, atau bahkan jenis bisnis lainnya. Saya akan membagikan terkait bagaimana anda dapat menggunakan Microsoft Excel for Business dengan spreadsheet, alat sederhana dan fleksibel ini dapat melacak dan mengelola inventaris. Spreadsheet sendiri memungkinkan Anda untuk menyusun daftar barang masuk dan keluar dari sistem penjualan yang mana hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga tidak perlu refill atau botol. Dalam artikel ini, secara khusus saya akan menjelaskan cara membuat laporan inventaris masuk dan keluar menggunakan Microsoft Excel. Di bawah ini adalah contoh laporan inventaris bulanan di Excel.

Cara Membuat Laporan Stok Barang Masuk dan Keluar dengan Excel

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk membuat laporan barang masuk dan keluar di Excel:

  1. Siapkan Microsoft Excel, kemudian mulai buat sheet dengan nama ‘Master Data Barang’ sebagai master data dari seluruh barang yang ada baik masuk atau keluar. Setelah itu, buat ‘Header’ sesuai kebijakan perusahaan sesuai tanggal aktivitas yang ada. Lalu buat tabel dengan judul kolom berupa kode, nama barang, stok awal, jumlah barang masuk dan keluar, dan stok akhir untuk mengetahui detail dari barang yang ada di inventory dan bagaimana pergerakannya.

  1. Dari data tersebut, anda dapat mengisi tabel tersebut dengan kondisi barang yang ada di lapangan baik dari namanya hingga jumlah stok nya yang setelah ada aktivitas perubahan akan ditunjukkan jumlah akhirnya di stok akhir. Template tabel tersebutlah yang akan menjadi template untuk diisi setiap harinya.
  2. Setelah menuliskan data-data di atas, maka untuk memudahkan proses pencatatan barang masuk dan keluar, anda harus membuat sheet baru di halaman Excel tersebut. Sheet baru ini akan berfungsi untuk menghitung jumlah barang masuk dan barang keluar yang akan diintegrasikan dengan sheet ‘Data Barang’.
  3. Selanjutnya, buat sheet baru dengan nama ‘Barang Masuk’. Buat tabel dengan judul kolom berupa tanggal, kode, nama barang, dan jumlah atau disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan lakukan langkah yang sama pada sheet ‘Barang Keluar’.

  1. Lanjutkan ke sheets “data barang masuk”. Pada kolom nama barang, anda juga dapat menggunakan rumus excel VLOOKUP yang akan berguna untuk memudahkan proses pencarian barang ketika melakukan input melalui kode barang
  2. Lalu anda dapat kembali ke sheet “Master Data Barang”, lalu masukan rumus SUMIF pada kolom masuk untuk mempermudah penambahan barang tanpa harus dihitung kembali. Berikut contoh penggunaan SUMIF: =SUMIF(tableX[kode],tableY[#thisrow],[kode],tableZ[jumlah]).
  3. Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah membuat jumlah barang setelah aktivitas yang ada terlihat pada kolom barang akhir di master data. Rumus excel yang dapat digunakan adalah SUM yakni untuk menambahkan stok awal dengan barang masuk dan dikurangkan dengan stok keluar dengan menginput rumus pada kolom stok akhir. Sehingga dengan begitu perusahaan dapat melihat stok akhir yang ada dengan lebih mudah, yakni langsung berfokus ke kolom stok akhir.

Adapun keuntungan membuat laporan stok barang masuk atau keluar seperti diatas adalah, sebagai berikut:

  1. Mengetahui stok barang dengan lebih mudah tanpa harus menghitung ulang barang
  2. Melakukan stock opname tentu akan lebih mudah karena langsung terlihat jumlah barang awal dan akhirnya.
  3. Efisiensi operasional (perusahaan mengetahui kinerja karyawan pada warehouse mereka sesuai dengan jumlah barang yang ada)
  4. Memaksimalkan keuntungan perusahaan karena perusahaan dapat menganalisis barang yang diminati oleh pelanggan secara keseluruhan atau bahkan secara mendetail terkait barang yang laku musiman.

Itulah bagaimana penerapan laporan stok barang masuk dan keluar dari cara pembuatanya hingga keuntungannya untuk perusahaan. Laporan stok barang ini juga dapat disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dalam menentukan sistem pelaporan yang ada. Apakah per bulan, atau per minggu, atau bahkan per hari, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Perbedaan strategi pelaporan itu dikategorikan menjadi 2 yaitu “Akuntansi Persediaan Perpetual dan Periodik” anda dapat mengetahuinya lebih lanjut di sini. Dalam hal ini, excel merupakan metode yang sangat sederhana dan dapat dikatakan paling mudah karena semua orang memahaminya. Tetapi software ERP dapat menjadi alternatif lain untuk pencatatan ini. Ukirama sebagai penyedia software ERP terbaik di Indonesia dapat membantu pencatatan laporan stok barang masuk dan keluar yang terintegrasi di seluruh perangkat sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh orang yang diberi akses bahkan pada kode barang di lapangan yang dapat disesuaikan dengan barcode untuk dilakukan pencatatan pada software. Hal ini tentu sangat berguna untuk meningkatkan efektivitas proses pencatatan yang ada karena pelaporan yang ada tidak perlu menggunakan link lagi dengan mengirimkan data laporan satu per satu tetapi dapat langsung diakses melalui software Ukirama tersebut. Sehingga secara jangka panjang tentu ini akan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan mengingat data yang semakin lama semakin besar akan meningkatkan potensi human error, yang mana hal tersebut tidak akan terjadi di Ukirama karena menggunakan fitur otomatisasi.Itulah cara membuat laporan stok barang masuk dan keluar dengan Excel hingga keunggulannya untuk meningkatkan efektivitas dan keuntungan perusahaan. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like