banner iklan

Penting! Ketahui Perbedaan CRM vs ERP, Jangan Sampai Salah Pilih!

Penting! Ketahui Perbedaan CRM vs ERP, Jangan Sampai Salah Pilih!

Apa sih perbedaan CRM vs ERP? Di era teknologi yang semakin maju saat ini, tentunya akan membawa perubahan yang sangat besar untuk berbagai macam industri dalam dunia bisnis. Bahkan saat ini sudah hadir juga software ERP untuk bisnis anda yang sangat bermanfaat buat kepentingan bisnis yang dijalankan oleh anda.Produk digital yang berupa CRM vs ERP menjadi salah satu jenis software untuk mengelola data pelanggan atau konsumen. Seringkali perbedaan CRM vs ERP ini, biasanya akan membingungkan untuk setiap kalangan pebisnis, walaupun keduanya hadir sebagai aplikasi untuk melacak data pelanggan atau konsumen.Tapi tenang, saat ini anda tidak perlu bingung mengenai masalah dari perbedaan-perbedaan software CRM dengan software ERP. Pasalnya, dalam pembahasan kita kali ini akan membahas tentang perbedaan dari kedua software CRM dan ERP untuk perusahaan. Untuk pembahasan yang lebih detailnya, bisa simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan CRM vs ERP dari Segi Pengertiannya

Bagaimana perbedaan CRM vs ERP? Jika anda ingin mencari tahu tentang perbedaannya, mungkin anda bisa lihat dari segi pengertian kedua software itu sendiri. Perlu diketahui kalau software ERP untuk bisnis anda maupun CRM untuk bisnis, dimana kedua-duanya dapat meningkatkan efisiensi, kualitas layanan atau produk yang ditawarkan hingga mengurangi biaya dari operasional.Akan tetapi, untuk memutuskan tentang mana yang harus digunakan, dimana anda harus benar-benar memahami betul tentang kedua software tersebut.  Agar lebih jelas mengenai apa itu CRM dan ERP, maka anda bisa lihat uraian yang telah tersedia seperti yang ada di bawah ini.

Apa itu CRM?

Apa itu CRM? Software Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu jenis software yang dapat membentuk strategi bisnis dalam pengelolaan interaksi pada konsumen sehingga bisa meningkatkan hubungan yang baik dengan para konsumen tersebut. CRM biasanya dianggap sebagai software dalam membantu kemajuan perusahaan. Maksudnya disini, menggunakan software CRM, maka anda dapat mengumpulkan, menganalisis hingga mengelola setiap data konsumen. Dengan begitu ini akan memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen dan bisa menciptakan kepuasan pelanggan.Dengan mengunduh aplikasi CRM, sebuah perusahaan bisa melacak kegiatan konsumen yang ada. Misalnya disini adalah pembelian, layanan konsumen hingga komunikasi yang dilakukan oleh konsumen. Mulai dari sinilah anda bisa mendapatkan informasi yang sangat berharga untuk meningkatkan hubungan interaksi anda dengan konsumen.

Apa itu ERP?

Apa itu ERP? Software Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan salah satu jenis software yang akan membantu perusahaan untuk mengintegrasikan aspek-aspek yang mengenai dengan operasional yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Hal tersebut termasuk dengan keuangan perusahaan, produksi, pemasaran, persediaan stock dan berbagai macam kegiatan lainnya yang dianggap penting bagi sebuah perusahaan. Inilah yang menjadi alasan kenapa banyak pebisnis menyebutnya sebagai software bisnis ERP terbaik di Indonesia.ERP juga bermanfaat bagi banyak perusahaan dalam meningkatkan visibilitas dari segi proses bisnisnya hingga mengoptimalkan pemakaian sumber daya yang lebih efektif. Namun, harus dipastikan kalau anda menggunakan software ERP persediaan terbaik tahun 2023 sehingga sumber daya bisa dikelola dengan baik. Memanfaatkan software ERP produksi terbaru di tahun 2023, sebuah perusahaan bisa mengelola informasi maupun data dengan terintegrasi dan lebih terstruktur. Dengan begitu ini juga akan menimbulkan efisiensi operasional yang meningkat hingga mengurangi biaya perusahaan yang ada.Bahkan, jika anda memanfaatkan software ERP proyek di tahun 2023 dengan baik dan benar, maka bisnis yang anda miliki bisa mengambil sebuah keputusan dengan tepat dan juga lebih akurat. Hal tersebut juga karena adanya informasi dan data dari konsumen yang sudah tersedia melalui software ERP akuntansi tahun 2023.

Perbedaan dari sisi Tujuannya

Perbedaan CRM vs ERP bisa juga dilihat dari segi tujuan yang dimiliki oleh kedua software tersebut. Meskipun kedua software ini mempunyai fungsi untuk meningkatkan operasional perusahaan yang lebih efisiensi serta produktivitas. Tetapi, ada perbedaan yang mencolok dari kedua software tersebut, dimana tujuan dari kedua-duanya sangatlah berbeda. Memang banyak yang bilang kalau software ERP terintegrasi CRM dan menjadi sesuatu hal yang sangat baik dan perlu dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis atau perusahaan yang dijalankan. Tapi, coba anda pertimbangkan kembali untuk pemilihan mana yang lebih baik dari kedua tujuannya seperti berikut ini.

Tujuan CRM

CRM atau disingkat dari Customer Relationship Management memiliki tujuan untuk mengelola interaksi perusahaan dengan konsumen yang dimilikinya sehingga bisa mendapatkan hubungan yang lebih baik dari target konsumen perusahaan tersebut. Bukan hanya itu saja, tujuan utama dari CRM ini juga untuk memenuhi setiap kebutuhan yang dimiliki oleh konsumen. Dalam hal ini, sebuah perusahaan akan berusaha dengan keras dalam memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga dapat memperkuat hubungannya dengan konsumen.

Tujuan ERP

Bagaimana dengan tujuan software ERP? Pada umumnya, tujuan dari ERP ini untuk mengintegrasikan setiap aspek penting yang dapat mengembangkan hingga memajukan perusahaan menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Aspek penting yang dimaksud terdiri dari sistem keuangan perusahaan, produksi, persediaan hingga pemasaran atau promosi produk maupun layanan jasa dan lain sebagainya. Tujuan utama dari software ERP ini adalah membuat perusahaan agar lebih optimal dalam pemakaian sumber daya hingga bisa meningkatkan aktivitas perusahaan itu sendiri dan menjadi lebih efisien.

Perbedaan CRM & ERP dari Fitur-fiturnya

Gimana apakah anda sudah memiliki pandangan tentang perbedaan CRM vs ERP? Mungkin dari pengertian atau definisi dan tujuannya masih belum bisa dikatakan berbeda. Nah, jika anda menganggap kalau keduanya belum bisa dibedakan, maka anda dapat mengetahui perbedaan CRM vs ERP dari fitur-fitur yang dimilikinya.Akan tetapi, anda harus tahu kalau kedua software ini memiliki fitur-fitur yang terbaik, apalagi dalam mengontrol keuangan perusahaan. Contohnya anda manfaatkan software ERP keuangan otomatis, yang mana keuangan anda dapat terkelola dengan mudah, bahkan anda tidak akan melakukan apapun hanya cukup memantau saja. Begitupun dengan software CRM yang dapat membuat anda lebih mudah untuk mengontrol dan memantau setiap kegiatan konsumen yang ada. Itu adalah keunggulan-keunggulan dari kedua software karena mereka mempunyai fitur-fitur yang sangat menarik dan bermanfaat. Untuk melihat perbedaannya dari segi fitur-fiturnya, maka lihatlah uraian berikut.

Fitur-fitur CRM

Bagaimana fitur-fitur CRM? Apakah bermanfaat untuk kemajuan bisnis atau perusahaan yang dijalankan? Sistem CRM seringkali mempunyai fitur yang lebih berfokus pada konsumen atau pelanggan yang dimilikinya. Tentunya ini akan membuat pemantauan terhadap aktivitas konsumen bisa dilakukan oleh anda dengan mudah. Untuk fitur-fitur dari software CRM ini terdiri dari pelacakan kegiatan konsumen, manajemen penjualan, manajemen kampanye, manajemen kontak, manajemen prospek, fitur laporan & dasbor, live GPS & laporan kehadiran hingga fitur otomasi tenaga penjualan dan lain sebagainya.

Fitur-fitur ERP

Berbeda dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh software ERP, dimana anda biasanya akan menguasai yang namanya manajemen keuangan, produksi, persediaan, proyek, supply chain management, reporting, manufaktur dan lain sebagainya yang bisa anda manfaatkan untuk pertumbuhan perusahaan anda. Yang lebih menariknya lagi dari software ERP ini adalah, dimana software ERP dapat terintegrasi dengan software CRM. Menarik bukan? Tapi, ini hanya sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis yang anda miliki. Dengan begitu, ini akan membuat perusahaan menjadi lebih mudah dalam pengelolaan segala aspek operasional perusahaan yang hanya dengan satu sistem.

Mana yang Lebih Baik, CRM atau ERP?

Mana yang lebih baik jika kita lihat perbedaan CRM vs ERP? Tiap perusahaan tentunya mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, tidak semua perusahaan memiliki kebutuhan yang sama. Mungkin ada perusahaan yang berfokus pada manajemen konsumen, dan ada pula yang berfokus pada operasi dari perusahaan itu sendiri. Maka dari itu, memilih mana yang lebih baik antara CRM dan ERP ini cukup sulit dilakukan. Hanya saja bergantung pada keperluan dan kebutuhan serta tujuan dari perusahaan yang anda jalani.Apabila bisnis anda berfokus pada manajemen konsumen, maka CRM menjadi salah satu software yang cocok untuk anda. Namun, jika mempunyai perusahaan yang berfokus pada operasi atau aktivitas perusahaan itu sendiri, misalnya keuangan dan lain sebagainya. Maka anda dapat memutuskan untuk menggunakan software ERP.

Jadi, Siapa yang Lebih Baik?

Jadi siapa yang lebih baik dari perbedaan CRM vs ERP? Kedua software ini dirancang untuk memenuhi keperluan dan kepentingan perusahaan dengan cara-caranya yang berbeda. Jadi, tak salah juga kalau pemilihan CRM dan ERP itu hanya bergantung dari kebutuhan perusahaan tersebut.Tetapi, dalam kasus-kasus tertentu, pemakaian dari kedua software perlu diperhatikan. Yang mana sebuah perusahaan harus mendapatkan software terbaik dan bisa diandalkan. Salah satu software yang dapat anda gunakan adalah yang merupakan aplikasi unggulan untuk memenuhi setiap kebutuhan perusahaan.Dengan demikian pembahasan yang mengenai perbedaan CRM vs ERP, semoga pembahasan yang sudah tersedia diatas dapat berguna untuk kelangsungan bisnis atau perusahaan anda. Satu hal yang harus diingat oleh anda adalah pemilihan software CRM dan ERP harus benar-benar berkualitas sehingga tidak salah dalam pemakaiannya.


You Might Also Like