Pentingnya Melakukan Analisis Pasar dalam Bisnis

Pentingnya_Melakukan_Analisis_Pasar_dalam_Bisnis

Untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis Andal, Anda harus bisa melakukan analisis pasar yang baik dan tepat. Analisis pasar merupakan bagian penting dalam manajemen pemasaran. Dengan analisis pasar yang tepat, Anda akan lebih mudah memahami kondisi pasar sehingga mampu menemukan strategi yang tepat untuk memasarkan produk.Analisis pasar adalah dasar dan pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran. Dengan melakukan analisis pasar, Anda bisa menentukan target pasar dengan tepat sehingga angka penjualan bisa meningkat. Ada banyak pembeli di pasar dengan kebutuhan dan keinginan yang beragam. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan menjadi target pasar. Untuk menentukan target pasar yang potensial, pengusaha perlu melakukan analisis pasar dengan baik dan tepat.

Apa itu analisis pasar?

Analisis pasar adalah penilaian menyeluruh dari kondisi pasar dalam suatu industri tertentu. Analisis pasar memiliki banyak manfaat untuk bisnis, seperti mengurangi risiko kerugian, menganalisis target konsumen potensial, dan membantu menentukan strategi bisnis yang tepat.Analisis pasar merupakan bagian penting dari rencana pemasaran produk. Dengan analisis pasar yang tepat, Anda bisa meningkatkan pendapatan dan keuntungan penjualan. Analisis pasar juga diperlukan untuk mengetahui potensi bisnis yang bisa dimanfaatkan.Dengan kata lain, analisis pasar merupakan penilaian menyeluruh dari pasar dalam industri tertentu. Dengan analisis pasar, Anda dapat mempelajari dinamika pasar Anda, seperti volume dan nilai, segmen pelanggan potensial, pola pembelian, persaingan, dan faktor penting lainnya. Hasil dari analisis pasar juga membantu Anda memahami potensi bisnis yang ada serta menentukan berapa lama sebuah bisnis bisa bertahan.

Bagian-bagian dalam analisis pasar

Analisis pasar terdiri dari beberapa bagian yang saling terkait. Berikut bagian-bagian penting dalam analisis pasar:

  1. Tinjauan industri

Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui gambaran keseluruhan kondisi industri Anda saat ini dan menentukan kemana arah industri akan berjalan.

  1. Analisis target pasar

Penentuan target pasar dilakukan untuk mengetahui siapa pelanggan yang sebenarnya, apa kebutuhan pelanggan, dan bagaimana kondisi demografis mereka.

  1. Analisis kompetitor

Analisis kompetitor diperlukan untuk mengetahui positioning, kekuatan dan kelemahan pesaing Anda di dalam industri.

  1. Analisis harga dan perkiraan

Analisa harga akan membantu Anda untuk menentukan bagaimana cara memposisikan perusahaan Anda di pasar. Sementara itu, perkiraan akan membantu menunjukan porsi pasar yang diharapkan.

Manfaat analisis pasar

Analisis pasar memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda. Berikut berbagai manfaat analisis pasar dalam bisnis:

  1. Membantu memahami pelanggan

Dengan melakukan analisa pasar, Anda lebih mudah memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan. Jadi, Anda bisa mengetahui seperti apa produk yang harus dipasarkan dan kualitas seperti apa yang diharapkan oleh pelanggan.

  1. Mengurangi kerugian

Kerugian merupakan salah satu hal yang akan selalu terikat dalam bisnis. Namun, Anda bisa melakukan beberapa langkah untuk meminimalisir kerugian tersebut, salah satunya dengan menganalisa kondisi pasar.Hasil analisis tersebut bisa menjadi data penyusun strategi marketing yang paling sesuai. Dengan adanya strategi yang tepat, Anda bisa mengurangi potensi kerugian. Analisa pasar juga membantu perusahaan mempelajari kegagalan dari persaingan sehingga perusahaan bisa melakukan antisipasi terhadap kegagalan yang sama.

  1. Membantu meningkatkan perkembangan bisnis

Analisis pasar adalah salah satu cara untuk membantu bisnis agar semakin berkembang. Melalui analisis pasar, Anda bisa mendapatkan informasi tentang pelanggan yang nantinya bisa dijadikan acuan untuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat. Analisa pasar juga membantu kita untuk mengetahui kelemahan kompetitor.

Cara melakukan analisis pasar

Melakukan analisis pasar tidak memerlukan proses yang rumit. Berikut hal yang diperlukan dalam menganalisis pasar:

  1. Mengidentifikasi pasar yang relevan

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menganalisis pasar adalah mengidentifikasi pasar yang relevan atau bersangkutan. Dalam hal ini, Anda harus mengidentifikasi rangkaian produk atau jasa di seluruh struktur produk yang dianggap penting dan strategis dalam manajemen.Tahap ini memerlukan dua langkah utama. Langkah pertama adalah mencoba mendefinisikan dan mendeskripsikan pasar terlebih dahulu. Kemudian manajemen harus menggambarkan struktur pasar produk serta batasan pasar yang terkait.

  1. Identifikasi segmen pasar

Di tahap ini, manajer harus memahami berbagai metode dalam pengelompokan konsumen ke dalam segmen. Untuk menentukan segmentasi pasar yang baik, Anda harus memastikan bahwa segmen pasar mudah dijangkau agar proses pemasaran bisa berjalan efektif.Segmentasi pasar juga harus mudah diukur dan cocok untuk perusahaan. Dengan kata lain, segmentasi pasar harus sesuai dengan kapabilitas pemasaran produk. Sebab, segmen pasar yang banyak kendala akan mengakibatkan proses pemasaran tidak berjalan lancar.

  1. Tentukan target pasar

Setelah melakukan segmentasi pasar, Anda bisa menetapkan target pasar. Tidak semua orang di dunia akan menjadi pelanggan Anda, dan akan membuang-buang waktu Anda untuk mencoba membuat semua orang tertarik dengan produk Anda.Oleh karena itu, lebih baik putuskan siapa yang paling mungkin menginginkan produk Anda dengan menganalisis target pasar Anda. Untuk mengetahui target pasar, Anda bisa memperhatikan berbagai faktor seperti berikut: 

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Pekerjaan
  • Pendidikan
  • Kebutuhan
  • Minat

Selama menentukan target pasar, Anda bisa membuat profil pelanggan atau persona yang mencerminkan pelanggan ideal Anda untuk dijadikan model bagi upaya pemasaran Anda.

  1. Pahami kompetitor Anda

Agar bisnis Anda berkembang, Anda memerlukan pemahaman yang baik tentang kompetitor Anda, termasuk kejenuhan pasar mereka, apa keunikan mereka, kekuatan, kelemahan, dan keunggulan mereka di pasar. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat daftar dari semua kompetitor utama Anda, lalu telusuri daftar itu. Setelah itu, Anda bisa melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin Anda hadapi di pasar. Dengan data tersebut, Anda bisa menentukan keunikan produk Anda dengan menawarkan produk yang mampu mengisi kelemahan dari produk kompetitor. 

  1. Tentukan harga dan perkiraan penjualan

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan dalam analisis pasar adalah mengetahui harga dan perkiraan penjualan. Hal ini dilakukan agar Anda lebih memahami target pasar yang bisa Anda jangkau.Oleh karena itu, Anda perlu menentukan harga produk terlebih dahulu. Dalam menentukan harga produk, Anda harus memastikan bahwa harga tersebut lebih dari apa yang Anda keluarga untuk membuat dan mengirimkan produk atau layanan tersebut. Jika Anda menetapkan harga yang tinggi, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang mampu menunjukan bahwa produk Anda memiliki kualitas yang baik. Sebab, harga yang tinggi juga harus setara dengan pengalaman berkualitas selama proses penjualan. Jika Anda menentukan harga terendah, pastikan pemasaran Anda tetap memberikan pesan dan kesan yang baik untuk calon pelanggan.


You Might Also Like