Pentingnya Sistem Manajemen Gudang Untuk Bisnis

Sindhu Partomo
Pentingnya sistem manajemen gudang untuk bisnis

Daftar Isi


Pasti kamu tidak mau kan, susah mengurus persediaan barang dan membutuhkan tempat untuk menyimpan produk?

Kamu bisa coba menggunakan gudang untuk menyimpan stok barang. Tetapi, pengelolaan gudang tanpa sistem yang tepat dapat menyebabkan barang kamu berantakan. Gudang memang bisa dikelola secara manual, namun ada sistem yang bisa digunakan untuk mempermudahnya yaitu sistem manajemen gudang atau warehouse management system (WMS).

Lalu, apa itu sistem manajemen gudang ?

Sistem manajemen pergudangan adalah sistem yang bisa kamu gunakan untuk mengelola barang masuk dan keluar, lalu sebagai tempat penyimpanan dan semua proses itu dilakukan di dalam gudang dengan pencatatan yang tepat. Maka dari itu, manajemen pergudangan sangat penting bagi sebuah bisnis salah satu alasannya agar usaha kamu tidak mengalami kerugian.

Kerugian yang dimaksud adalah barang rusak, tidak tercatat ataupun hal-hal lainnya yang mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian.

Selain menghindari kerugian, ada alasan lainnya kenapa sistem manajemen gudang penting, simak penjelasan berikut ini:

1. Membuat Informasi Lebih Akurat

Dengan menggunakan sistem manajemen gudang yang baik dan benar, kamu bisa membuat data yang akurat. Karena biasanya informasi gudang terkait dengan stok barang, data pembelian dan penjualan.

Kamu harus mengetahui data penjualan periode sebelumnya, data penjualan saat ini, dan forecast penjualan untuk periode berikutnya. Karena data tersebut bisa kamu gunakan sebagai penentu forecast penjualan serta strategi pemasaran untuk mencapai target tersebut.

2. Membuat Perkiraan Persediaan

Kamu yang mempunyai usaha dengan penjualan yang tinggi pasti merasa takut apabila kekurangan persediaan barang, kan?

Nah, caranya kamu bisa membuat forecast persediaan barang dan itu tidak mudah karena kamu harus mengecek alur persediaan barang. Kalo kamu tidak menggunakan sistem manajemen pergudangan maka bisa menimbulkan resiko kehilangan stok barang dalam jumlah kecil maupun besar.

3. Memisahkan Stok Barang Lama dan Baru

Dengan memisahkan stok barang baru dan lama berguna untuk melakukan perhitungan jumlah stok barang yang sudah terjual atau yang belum terjual.

Kalo kamu mencampurkan stok barang lama dan baru ke dalam satu tempat maka akan membuat kamu bingung untuk mencatat pemasukan dan pengecekan data stok barang.

4. Melakukan Pengecekan Barang

Selanjutnya kamu mesti melakukan pengecekan barang secara berulang sebelum dimasukkan ke gudang.

Tujuannya apa sih? tujuannya agar kamu bisa mengidentifikasi barang yang mengalami kecacatan atau tidak layak jual, kesalahan produksi, dan kesalahan lainnya sebelum dimasukkan ke warehouse.

Biasanya, usaha akan melakukan pengecekan kembali sebelum kamu memberikan kode barang untuk melihat apakah ada tidaknya barang yang dicatat dalam stok gudang.

5. Mengatur Tata Letak Gudang

Kalo kamu sudah menggunakan warehouse management system (WMS) atau sistem manajemen pergudangan, kamu juga menerapkan pengaturan tata letak gudang yang optimal.

Sebelumnya, kamu harus tahu karakteristik stok barang dan selanjutnya kamu bisa mengatur layout gudang. Kalo kamu masih kesulitan untuk mengetahui karakteristik stok barang dan bingung mengatur layout gudang sendiri, kamu bisa menggunakan platform yang sudah mengelola semuanya mulai dari gudang, stok barang, sampai laporan penjualan bisnis kamu.

Salah satu sistem manajemen gudang yang bisa kamu gunakan adalah Jubelio WMS. Sistem ini menawarkan kemudahan dalam pengelolaan gudang, mulai dari proses inbound (barang masuk) hingga outbound (barang keluar).

Jadi, kamu bisa mendapatkan visibilitas penuh terhadap proses pergudangan. Semua proses tersebut bisa terlacak melalui Sistem Manajemen Gudang dari Jubelio ini.

Paling penting, Jubelio WMS juga sudah terhubung dengan sistem omnichannel. Jika kamu ingin mengetahui lebih lengkap mengenai sistem gudang Jubelio, cek selengkapnya disini.

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Ukirama

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like