Perbedaan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, Jasa dan Manufaktur

perbedaan_laporan_keuangan_perusahaan_dagang_jasa_dan_manufaktur

Jenis perusahaan terbagi atas tiga macam yakni perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur. Perusahaan dagang ialah perusahaan yang aktivitas bisnisnya membeli produk jadi untuk dijual kembali ke konsumen. Perusahaan jasa ialah perusahaan yang menawarkan jasa kepada konsumen. Perusahaan manufaktur ialah perusahaan yang membuat produknya sendiri yang kemudian dijual kepada konsumen. Walau jenis perusahaannya berbeda namun ketiganya sama-sama membutuhkan laporan keuangan. Laporan keuangan ini bermanfaat bagi pihak internal perusahaan dan eksternal perusahaan. Fungsi laporan keuangan ini diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Menunjukkan Kinerja Perusahaan

Laporan keuangan mampu menunjukkan kinerja perusahaan anda. Anda bisa mengetahui berapa jumlah laba dan rugi yang dihasilkan oleh perusahaan melalui laporan ini. Dari laporan ini anda juga bisa mengetahui kemana saja uang anda dihabiskan hingga berapa utang yang ditanggung pihak perusahaan.

  1. Evaluasi Bisnis

Laporan keuangan juga digunakan sebagai dasar evaluasi bisnis anda. Tak hanya pihak internal saja yang menggunakan laporan keuangan anda untuk evaluasi namun pihak eksternal seperti pihak perpajakan maupun investor.

  1. Dasar Pertimbangan Pemberian Kredit

Laporan keuangan juga dibutuhkan pihak bank sebagai dasar pertimbangan dalam memberikan kredit. dengan melihat laporan keuangan pihak bank akan dengan mudah memperhitungkan resiko kredit macet. Selain itu laporan keuangan juga dibutuhkan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar hutang-hutangnya.

  1. Sebagai Dasar Penyusunan Rencana Kegiatan Perusahaan

Laporan keuangan juga dibutuhkan untuk dasar penyusunan rencana kegiatan perusahaan di masa depan. Dengan adanya laporan keuangan maka perusahaan bisa memutuskan apakah perlu melakukan rekturisasi atau ekspansi di masa depan.Komponen Laporan KeuanganLaporan keuangan terdiri dari beberapa bagian diantaranya bisa anda simak sebagai berikut :Laporan Laba RugiLaporan laba rugi terdiri dari jumlah pendapatan perusahaan dalam periode tertentu dikurangi beban perusahaan. Adanya laporan laba rugi menolong pengguna laporan keuangan untuk mengetahui besaran laba atau pun rugi yang didapatnya dalam periode tertentu.Laporan Perubahan ModalLaporan ini berisi tentang perubahan modal dalam periode akuntansi. Perubahan modal ini bisa saja terjadi jika perusahaan membagikan dividen atau mengalami penguatan laba ataupun kerugian dalam suatu periode.NeracaNeraca merupakan laporan yang menampilkan jumlah aset, utang dan modal yang dimiliki perusahaan tersebut. pada sisi aktiva anda akan mengetahui penggunaan dana anda yang didistribusikan baik dalam bentuk aset tetap, persediaan, kas hingga piutang. Pada sisi passive anda akan menemukan informasi hutang, modal bahkan laba ditahan yang anda miliki.Laporan Arus KasSelanjutnya terdapat laporan arus kas dimana menampilkan informasi mendetail tentang sumber pendanaan dan pada pos mana saja dana tersebut didistribusikan. Laporan ini juga bisa anda gunakan untuk dasar perencanaan bisnis dan anggaran di masa depan.Perbedaan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, Jasa dan ManufakturSeperti dikemukakan sebelumnya bahwa terdapat tiga jenis perusahaan yakni dagang, jasa dan manufaktur. Setiap jenis perusahaan memiliki aktivitas bisnis yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Perbedaan ini juga ditunjukkan dalam laporan keuangan yang dimilikinya. Anda bisa menyimak perbedaan laporan keuangan ketiganya dengan menyimak ulasan berikut ini :

  1. Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memiliki perhitungan harga pokok penjualan yang lebih komplek ketimbang perusahaan dagang. Harga pokok penjualan milik perusahaan manufaktur melibatkan beberapa persediaan mulai dari bahan baku, persediaan dalam proses hingga persediaan barang jadi. Hal ini dikarenakan perusahaan manufaktur mengolah bahan mentah menjadi produk jadi sehingga persediaannya juga lebih kompleks.

  1. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa berbeda dengan perusahaan manufaktur. Perusahaan jasa memiliki laporan keuangan yang mirip dengan perusahaan dagang hanya saja tidak memiliki persediaan barang dagang dalam laporan neracanya. Bentuk dari produknya merupakan layanan sehingga tidak memiliki wujud layaknya produk dari perusahaan dagang maupun manufaktur.

  1. Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang tidak memiliki persediaan yang rumit layaknya perusahaan manufaktur. Perusahaan dagang dalam menghitung harga pokok penjualannya hanya membutuhkan laporan stock opname dari persediaan barang dagang yang dimilikinya. Perusahaan dagang juga tidak mengenal persediaan bahan baku maupun persediaan barang dalam proses. Hal ini dikarenakan perusahaan dagang menjual produk yang siap dijual tanpa harus mengolah atau merubah produk tersebut.Laporan keuangan harus memiliki sifat relevan, transparan, dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan mudah dimengerti sehingga handal dan tepat sasaran. Untuk mengetahui terjadi kesalahan atau tidak dalam penyajian laporan keuangan yang anda buat maka perlu dilakukan audit. Auditor nantinya akan memberikan opini apakah laporan keuangan yang anda buat sudah wajar atau belum. Adanya audit ini juga mampu mendeteksi kesalahan saji baik sengaja maupun tidak sengaja yang membuat kerugian material ataupun pervasive. Setelah mengetahui perihal laporan keuangan diatas sudah siapkah anda membuat laporan keuangan untuk perusahaan anda saat ini?


You Might Also Like