Perbedaan Laporan Neraca (Balance Sheet) dan Laporan Laba Rugi (Income Statement)

perbedaan_laporan_neraca_balance_sheet_dan_laporan_laba_rugi_income_statement

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa neraca dan laporan laba rugi ini, menjadi salah satu laporan keuangan utama, dihasilkan dari proses akuntansi. Pasti banyak orang yang belum mengetahui perbedaan laporan neraca dan laporan laba rugi. Ya berikut ini akan kami akan sampaikan perbedaan laporan neraca dan laporan laba rugi. Silahkan simak artikel perbedaan laporan neraca dan laporan laba rugi di bawah ini dengan sebaik mungkin, good luck.Pengertian dari Neraca Aktiva atau harta kekayaan, kewajiban dan modal ini harus dimiliki oleh perusahaan pada saat tertentu. Di dalam judul suatu neraca ini terdapat nama perusahaan atau organisasi perusahaan, nama laporan, dan tanggal laporan neraca. Lalu pada bagian badan atau isi laporan neraca terdapat tiga bagian yakni bagian aktiva, bagian kewajiban dan bagian modal.Bagian yang Wajib dan Perlu Kita Ketahui dalam Laporan NeracaYang perlu Anda ketahui bahwa dalam pembuatan laporan neraca yakni jumlah pada aktiva selalu sama dengan jumlah pasiva (kewajiban dan modal). Keseimbangan dari keduanya digambarkan sebagai persamaan akuntansi, yakni suatu persamaan yang menunjukan jumlah semua harta yang tercantum berasal dari kreditur, pemilik. Tetapi sebaliknya pada jumlah kontribusi kreditur dan pemilik ini harus sama dengan jumlah harta pada perusahaan

  • Aktiva yaitu sumber ekonomi yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang biasanya biasanya dihitung dalam satuan uang. Jenis sumber ekonomi pada perusahaan disebut dengan harta dari perusahaan. Tentu saja harta tersebut terdiri bermacam-macam seperti tanah, gedung, mesin, piutang dagang, pembayaran di muka(uang muka) dan sebagainya. Biasanya aktiva ini dicantumkan pada neraca, secara berurutan yang sudah tentu, yang dimulai dari aktiva lancar (kas, piutang dagang, persediaan). Setelah itu akan diikuti dengan aktiva lainya seperti aktiva yang bersifat permanen (tanah, gedung, mesin, dan sebagainya).
  • Kewajiban yaitu hutang yang wajib atau harus dibayar oleh suatu perusahaan, dengan uang atau bisa dengan jasa pada suatu saat tertentu. Bisa dikatakan kewajiban merupakan tagihan para kreditur pada suatu perusahaan, biasanya pertama dicantumkan kewajiban jangka pendek, misalnya utang dagang, utang wesel. Lalu dibawah kewajiban jangka pendek terdapat atau dicantumkan kewajiban jangka panjang seperti hutang hipotik.
  • Lalu untuk modal ini juga perlu Anda masukan ke dalam laporan neraca. Dan bagian modal ini dicantumkan pada bagian dibawahnya kewajiban, modal ini merupakan suatu hak yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Definisi Laporan Laba atau Rugi Selanjutnya yaitu laporan laba atau rugi ini dibuat agar menggambarkan hasil dari operasi suatu perusahaan dalam periode waktu yang tertentu. Dengan begitu laporan laba atau rugi ini menggambarkan suatu keberhasilan atau kegagalan operasi pada suatu perusahaan, dalam mencari atau mencapai targetnya. Hasil dari operasi suatu perusahaan biasanya diukur dengan perbandingan, yakni membandingkan pendapatan perusahaan dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.Bagian yang Wajib dan Perlu Kita Ketahui dalam Laporan Laba atau Rugi Beberapa hal yang perlu Anda ketahui di dalam laporan laba atau rugi yaitu. Pada laporan laba atau rugi ini diberi judul terdiri atas nama suatu perusahaan dan diberi nama laporan (laporan rugi-laba). Didalam laporan laba atau rugi ini cantumkan juga periode laporan dan Isi laporan rugi-laba tersebut. Didalamnya terdiri dari tiga komponen pokok seperti, pendapatan, biaya, laba artinya yakni :

  • Pendapatan yaitu aliran penerimaan uang atau bisa dengan harta lainnya yang diterima perusahaan dari salah satu konsumen. Ini sebagai hasil penjualan barang perusahaan, tidak hanya itu perusahaan juga bisa memberikan jasa pada konsumennya.
  • Biaya yaitu salah satu harga pokok barang atau produk dan bisa juga jasa-jasa. Yang dijual oleh sebuah perusahaan oleh para konsumennya untuk mendapatkan atau menghasilkan pendapatan.
  • Laba atau rugi yaitu selisih biaya lebih atau biaya kurang, dari biaya operasional atau modal awal.

Perbedaan Neraca dan Laporan Laba atau Rugi Nah, kali ini perbedaan laporan neraca dan laporan laba rugi, laporan neraca ini dibuat dengan tujuan untuk menggambarkan kondisi keuangan perusahaan. Atau bisa juga kondisi keuangan organisasi pada suatu saat tertentu, sedangkan untuk laporan laba atau rugi ini dibuat untuk. Menggambarkan hasil usaha yang didapatkan dalam suatu saat periode waktu yang tertentu. Pada umumnya kedua laporan ini dibuat atau disusun oleh suatu perusahaan setahun sekali.Nah, itulah tadi perbedaan laporan neraca dan laporan laba rugi yang mungkin berguna buat Anda. dan bisa membantu memecahkan masalah yang Anda alami saat ini. Memang pada dasarnya laporan neraca dan laporan laba atau rugi ini hanya disusun dalam waktu setahun sekali. Semoga artikel perbedaan laporan neraca dan laporan laba rugi yang kali ini kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.


You Might Also Like