Perbedaan Software Akuntansi dengan Sistem ERP

perbedaan_software_akuntansi_dengan_sistem_erp

Banyak orang sulit membedakan software akuntansi dengan sistem ERP karena adanya beberapa kemiripan dari kedua aplikasi ini. Tetapi, pada dasarnya keduanya memiliki perbedaan. Artikel ini akan membahas mengenai kemiripan dan perbedaan kedua aplikasi tersebut.

Software Akuntansi

Software akuntansi adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai alat untuk membantu akuntan menjalankan proses akuntansi di perusahaan. Pencatatan yang sebelumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas seperti catatan penjurnalan pembelian/penjualan, pembuatan laporan seperti buku besar, laba rugi, dan neraca dapat dibuat oleh software akuntansi tersebut. Contohnya, akuntan bisa langsung melihat laporan buku besar dan laporan laba rugi, ketika dokumen faktur penjualan dimasukkan. Karena software ini dikhususkan untuk pencatatan akuntansi, sehingga laporan yang dihasilkan adalah laporan keuangan. Beberapa software akuntansi juga menyediakan fitur seperti pengelolaan inventaris yang mengacu kepada pencatatan akuntansinya.

Sistem ERP

Sistem ERP sendiri adalah sebuah adalah software untuk membantu masing - masing divisi dalam menjalankan proses operasional mereka di perusahaan. Seperti yang sebelumnya dibahas pada “ Apa itu Sistem ERP? ”, Sistem ERP lebih menekankan kepada perencanaan, analisis sumber daya, pengelolaan pembelian, penjualan, keuangan, inventaris, bahkan sampai pada pengelolaan sumber daya manusia seperti kepegawaian dan perhitungan penggajian karyawan (Payroll).

Secara umum sistem ERP dapat menjalankan hampir seluruh pekerjaan operasional yang ada di dalam perusahaan. Tentunya semuanya dijalankan otomatis, dan terhubung satu dengan yang lain. Contohnya pada saat divisi membuat sebuah invoice (faktur) pembelian barang, divisi pergudangan (Inventaris) bisa melihat bahwa akan ada penambahan jumlah barang. Begitu juga dari divisi keuangan bisa melihat bahwa ada hutang yang baru saja bertambah. Divisi akuntansi bisa melihat jurnal yang terbit dengan otomatis. Semua laporan dari seluruh divisi bisa dilihat oleh manajer perusahaan. Data-data yang dihasilkan sistem ERP berasal dari seluruh divisi dan menjadi satu kebenaran yang membantu manajemen baik untuk mengambil keputusan maupun kebijakan perusahaan.

Perbedaan Software Akuntansi dengan Sistem ERP

Perbedaan dari kedua aplikasi tersebut terletak pada kebutuhan pengguna. Software akuntansi umumnya digunakan oleh bagian akuntansi dan keuangan, penggunanya pun sebagian besar adalah akuntan. Sedangkan sistem ERP digunakan oleh semua divisi perusahaan dan penggunanya pun adalah karyawan di seluruh divisi perusahaan tersebut.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan perusahaan ketika memilih antara kedua software tersebut antara lain jika penggunanya hanya akuntan saja maka menggunakan software akuntansi saja cukup. Sebaliknya, jika perusahaan ingin menghubungkan seluruh aktivitas operasional perusahaan dari satu divisi ke divisi yang lain maka software yang cocok adalah sistem ERP.

Pertimbangan lain perusahaan untuk menggunakan salah satu dari kedua aplikasi adalah dari segi biaya. Software akuntansi pada umumnya relatif lebih murah daripada sistem ERP. dikarenakan sistem ERP dari segi fungsi jauh lebih besar dan di dalamnya sudah termasuk software akuntansi.

Cr: Berbagai sumber


You Might Also Like