Perubahan Tarif Pajak UMKM Tahun 2024

Ilustrasi Pajak

Daftar Isi


Benarkah Tarif Pajak UMKM Dinaikkan?

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) atau malah sudah punya usaha, mungkin sudah mendengar kabar perubahan tarif pajak penghasilan (PPh) untuk UMKM. Apakah benar terjadi kenaikan tarif pajak untuk UMKM?

"Tidak ada kenaikan tarif pajak untuk UMKM, yang ada adalah kembali ke tarif normal jika jangka waktu yang disyaratkan telah selesai," demikian keterangan Ditjen Pajak melalui akun media sosial Twitter/X @DitjenPajakRI, hari Senin (29/1/2024).

Keringanan Pajak Untuk UMKM: Berlaku 7 Tahun

Banyak yang mengira kalau terjadi kenaikan pajak untuk UMKM, padahal yang terjadi adalah sebaliknya, lho! Selama ini, UMKM diberi keringanan pajak, yang sekarang diregulasi ulang. Berdasarkan PP 55/2022, diatur bahwa masa berlaku tarif pajak ringan 0,5% untuk UMKM dibatasi maksimal 7 tahun untuk WP UMKM Orang Pribadi, maksimal 3 tahun untuk WP Badan Usaha berbentuk PT, serta maksimal 4 tahun untuk WP Badan Usaha berbentuk CV, Firma, koperasi, dan Badan Usaha Milik Desa atau Milik Bersama. Lebih lanjut, pihak DJP menjelaskan:

"Sebagai ilustrasi, jika WP Orang Pribadi terdaftar tahun 2015, maka dia bisa menggunakan fasilitas tarif PPh final 0,5% sejak 2018 hingga 2024," tulis Ditjen Pajak melalui akun X itu. "Sementara jika terdaftar tahun 2020, maka bisa memanfaatkan tarif PPh final 0,5% sejak 2020 hingga 2026."

Disebutkan bahwa tujuan pembatasan masa berlaku tarif PPh final 0,5% adalah agar para pelaku UMKM bisa punya ruang leluasa untuk mengembangkan diri dengan tarif pajak ringan. Selain itu, Ditjen Pajak juga memberikan pembebasan PPh Final bagi UMKM Orang Pribadi dengan pemasukan hingga Rp 500 juta per tahun.

"Dengan menggunakan tarif PPh Pasal 17 bisa jadi lebih menguntungkan karena apabila UMKM rugi maka tidak ada pajak yang harus dibayar, sedangkan dengan tarif PPh Final tidak melihat kondisi untung rugi UMKM tetap bayar 0,5% dari omzet," lanjut Ditjen Pajak lewat akun Twitter/X-nya.

Tarif Pajak Terbaru Untuk UMKM

Tarif Pajak UMKM

Untuk mengelola laporan keuangan dan pajak, UMKM pun butuh sistem yang fleksibel, cepat, dan tidak perlu banyak input data secara manual. Inilah kenapa banyak perusahaan menengah sampai besar mulai beralih ke software enterprise resource planning (ERP), seperti Ukirama, yang bisa membantu membuat faktur pajak untuk dilaporkan secara online. Ingin tahu lebih banyak tentang pajak, bisnis, akuntansi, dan ERP? Pelajari selengkapnya di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like