Promosi Produk yang Efektif

Promosi_Produk_yang_Efektif

Dalam bisnis, sangat penting untuk mempromosikan produk apakah itu dalam bentuk barang atau jasa. Promosi suatu produk atau jasa adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk menarik minat calon konsumen  untuk membeli. Meski terkesan sepele, ternyata hanya sedikit orang yang tahu cara mempromosikan produk dengan cara yang baik dan adil. Artikel berikut  akan membahas cara mempromosikan produk jadi dengan tips. 

Pengertian Promosi Produk 

Sebuah pemberitaan media, kegiatan promosi adalah kegiatan yang mempromosikan produk atau merek yang mengarah pada penjualan dan menciptakan loyalitas merek. Kegiatan promosi ini hanyalah salah satu dari tujuh elemen dasar yang termasuk dalam bauran pemasaran atau marketing. Sedangkan yang lain mengatakan bahwa konsep promosi adalah suatu bentuk usaha untuk mengumumkan atau menawarkan suatu produk untuk dijual dan dimaksudkan untuk menarik calon konsumen untuk membeli. Jadi, setelah seorang pemilik usaha menjalankan promosi, diharapkan  penjualan  produk yang dipromosikan akan meningkat. Menurut pakar pemasaran, itu berbeda. Para ahli pemasaran percaya bahwa kegiatan promosi adalah proses menginformasikan, membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Meskipun ada beberapa arti, secara umum kegiatan promosi produk memiliki pola yang sama. Yang dimaksud dengan promosi adalah penyebaran suatu produk kepada calon konsumen dengan tujuan menyelesaikan pembelian yang dilakukan oleh konsumen tersebut. 

Tips Promosi Produk yang Efektif 

Setelah mengetahui arti dan tujuan dari kegiatan promosi, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memikirkan bagaimana cara agar promosi dapat berjalan. Promosi tidak hanya tentang pengumuman produk tetapi juga tentang menarik perhatian untuk melakukan pembelian. Berikut  beberapa tips yang bisa diikuti agar iklan produk  dilakukan dengan efektif. 

  1. Tawarkan Diskon 

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon atau rabat. Diskon atau diskon merupakan hal yang paling diharapkan konsumen. Adanya diskon atau rabat menjadi faktor utama yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan tindakan berupa pembelian suatu produk. Adanya promosi berupa potongan harga atau rabat pasti akan menarik perhatian konsumen. Bahkan di luar negeri pun ada event khusus yang diadakan untuk memperkenalkan promosi berupa diskon. Peristiwa ini dikenal dengan peristiwa Black Friday. Sementara di Indonesia, momen  serupa terjadi dalam bentuk Hari Belanja Online Nasional. 

  1. Menawarkan Pengiriman Gratis  

Selain diskon merchandise langsung, strategi lain adalah menawarkan pengiriman gratis. Menawarkan pengiriman gratis berguna bagi pemilik bisnis yang menjual produk mereka secara online. Dan menunjukkan bahwa diskon dalam bentuk  gratis ongkos kirim berpotensi menarik minat konsumen dalam bertransaksi. Jenis promosi ini menjadi sangat sengit sejak munculnya aktivitas perdagangan online. Semua kegiatan promosi ini memang sangat dinanti oleh para konsumen dan bisa menjadi suatu strategi promosi yang terlihat sangat efektif. 

  1. Give Refund 

Give Refund merupakan salah satu bentuk promosi yang dapat dilakukan. Refund adalah kegiatan mengembalikan  uang kepada konsumen setelah melakukan pembelian dalam pecahan tertentu. Meski ada syaratnya, ternyata promosi berupa refund ini juga sangat efektif. 

  1. Menyelenggarakan Flash Sale 

Bentuk lain dari promosi produk yang efektif adalah flash sale. Flash Sale adalah penjualan yang sangat singkat dan terbatas. Selama flash sale ini, barang-barang yang dijual ditawarkan dengan harga kurang dari harga biasa. Berdasarkan pengalaman beberapa toko atau bisnis yang menjalankan promosi seperti ini, kegiatan promosi ini juga berguna untuk memecah belah konsumen agar tidak sekaligus membeli. Flash sale juga sangat efektif  karena banyak konsumen yang rela  mengorbankan hal lain untuk flash sale. 

  1. Beli 1 Gratis 1 dan Sejenisnya

Saat Anda berjalan ke pusat perbelanjaan, Anda sering melihat bentuk promosi ini, yaitu beli satu, gratis satu atau serupa. Promosi ini banyak digunakan di masyarakat dan merupakan sarana promosi yang sangat efektif. Dari sudut pandang konsumen, promosi ini sangat menarik dan menimbulkan kegairahan pembelian. 

  1. Pemberian Bingkisan 

Pemberian bingkisan atau bingkisan berupa barang lain yang selalu berkaitan dengan produk yang dijual juga merupakan bentuk promosi yang menarik. Biasanya kegiatan promosi ini dilakukan pada produk elektronik seperti kamera dengan kartu memori atau tas kamera sebagai hadiah. Namun, metode ini juga dapat diterapkan pada banyak produk lain, selain elektronik. Dengan melakukan kegiatan promosi dengan cara ini, yang diperlukan hanyalah menawarkan produk lain untuk dijadikan hadiah. Kiat-kiat ini sangat spesifik dan terbukti mampu memikat konsumen untuk membeli. 

  1. Melaksanakan Loyalty Program 

Loyalty Program merupakan salah satu bentuk promosi yang dapat dilakukan untuk menarik calon nasabah baru. Loyalty program merupakan kegiatan untuk memberikan promosi khusus kepada konsumen yang tergolong konsumen jangka panjang. Biasanya dalam loyalty program ini, para pemain komersial memberikan tanda, bisa berupa stiker atau stempel. Konsumen yang membeli produk tersebut kemudian akan diberikan stiker atau stempel kembali. Setelah menguangkan jumlah tertentu, konsumen dapat menebus jumlah tersebut untuk promosi yang ditawarkan.Contoh program loyalitas dapat ditemukan di industri minuman, di mana ketika konsumen menerima 10 label atau stempel, pemilik bisnis akan memberikan minuman gratis. 

  1. Bagikan Kupon Promosi 

Kegiatan promosi seperti ini banyak dijumpai di aplikasi ojek online dan sejenisnya. Biasanya, aplikasi menawarkan berbagai diskon atau promosi dalam bentuk voucher. Kupon ini dapat ditukarkan dalam transaksi di aplikasi yang ditentukan. Voucher ini dapat dikirim melalui email atau langsung di aplikasi. 

  1. Memberikan Jaminan Kualitas

Assurance juga merupakan bentuk promosi yang sangat efektif. Jaminan ini dapat dikomunikasikan dalam tagline saat membuat iklan atau promosi. Memastikan kualitas atau keaslian barang tersebut juga menjadi salah satu alasan konsumen melakukan pembelian. 

  1. Giveaways 

Cara ini dianggap paling mudah dan efektif untuk mempromosikan suatu produk. Memberi hadiah kepada calon pelanggan serupa dengan memberikan hadiah atau freebies seperti yang telah dibahas di atas. Tapi bedanya, hadiah ini gratis. Tujuan pemberian hadiah ini juga untuk menarik perhatian calon konsumen baru untuk menemukan produk atau bentuk yang terkenal. Dengan demikian, dengan memberikan hadiah, promosi dan iklan dapat menjangkau lebih banyak orang. Untuk melakukan tindakan promosi produk ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Saat ini, ketika teknologi informasi berkembang, sangat tepat menggunakan jejaring sosial untuk berpromosi. Beriklan melalui media sosial juga dapat memperluas pasar Anda, terutama jika Anda memiliki toko online atau menjual produk secara online. Namun terkadang yang menyulitkan untuk berjualan secara online adalah harus melakukan pembukuan dan pelacakan persediaan secara berkala, terutama jika Anda menjual produk Anda di beberapa toko online, yang tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga.


You Might Also Like