banner iklan

QRIS Dompet Digital yang Memudahkan Pembayaran

Gambar Blog Ukirama QRIS Dompet Digital yang Memudahkan Pembayaran

Seiring berjalannya waktu dompet digital semakin marak digunakan untuk kemudahan financial, salah satunya adalah QRIS. Adapun QRIS merupakan suatu teknologi pembayaran digital yang mana pada saat 2020 tahun silam penggunaannya meningkat hingga 3,64 juta pengguna.Bila Anda belum pernah menggunakan aplikasi tersebut maka pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai aplikasi dompet digital QRIS yang telah menjadi terobosan transaksi dari Bank Indonesia.

Pengertian QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk seluruh perusahaan yang menjalankan sector bisnis nya menggunakan teknologi finansial atau fintech. Beberapa contohnya adalah aplikasi keuangan digital OVO, LinkAja, Gopay, ShopeePay, Dompetku, dll.Menurut keterangan resmi dari Bank Indonesia, QRIS merupakan kombinasi dari berbagai jenis QR Code dalam penyelenggaraan jasa sistem pembayaran atau PJSP. Dimana kegiatan jual beli menjadi semakin aman karena menggunakan QR Code dan tidak hanya itu transaksi menjadi lebih cepat, mudah dan akurat.Bagi setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang sudah menggunakan basis QR Code, baik itu pihak asing dan pihak dalam negeri sudah diwajibkan untuk menggunakan QRIS. Karena hal ini sudah sesuai dengan aturan yang telah tertuang pada PADG No.21/18/2019 mengenai implementasi Standar International QRIS dalam metode pembayaran.Sehingga saat ini seluruh QR Code akan terintegrasi dengan aplikasi keuangan pembayaran yang hanya menggunakan satu jenis QR Code. Dengan berbagai macam aplikasi dompet digital yang Anda gunakan. Dalam setiap transaksi di kemudian hari akan dilakukan dengan pemindaian pada satu tempat yang sama, yaitu pada aplikasi QRIS apabila merchant sudah memiliki kerja sama dengan program transaksi elektronik tersebut.Seperti slogan yang telah dipaparkan oleh QRIS untuk seluruh pembayaran. Karena karakteristik dari QRIS adalah UNGGUL, yang memiliki arti sebagai berikut:

  1. Universal 

Aplikasi QRIS mampu menerima seluruh pembayaran elektronik hanya dengan menggunakan satu QR Code saja, sehingga memudahkan para pengguna.

  1. Gampang 

Transaksi yang menggunakan aplikasi QRIS sangatlah mudah untuk digunakan, karena hanya butuh sekali pemindaian dengan menggunakan smartphone.

  1. Untung

Bagi setiap merchant dan para konsumen diberikan kemudahan dalam pengaplikasian nya cukup dengan satu jenis QR Code saja, dan tidak harus menggunakan tarif pembayaran yang berbeda-beda.

  1. Langsung

Transaksi digital yang menggunakan QR Code dapat dilakukan secara real time di saat kita membutuhkan pembayaran digital di lokasi dan tempat manapun sehingga lebih fleksibel untuk para pengguna.

Tujuan QRIS

Dalam pembuatan aplikasi QRIS yang berbasis digital ini pihak Bank Indonesia (BI) memiliki tujuan untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi via mobile dan peningkatan inklusi.Adapun tujuannya adalah untuk membiasakan masyarakat berbaur dengan teknologi khususnya di bidang keuangan.Maka dari itu akan memberikan dampak yang baik  bagi para pengguna khususnya merchant regulator, karena pembayaran non-tunai akan diakses melalui satu aplikasi.

Manfaat QRIS 

Aplikasi QRIS adalah salah satu terobosan yang dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi para pebisnis atau merchant dan konsumen pengguna aplikasi dompet digital yang melakukan transaksi kebutuhan sehari-harinya dengan QRIS.

Manfaat QRIS bagi Merchant

Inilah manfaat yang telah diberikan QRIS bagi para pebisnis atau merchant di era modern untuk dapat menjangkau dan mempermudah tranksaksi bagi para konsumen ialah sebagai berikut :

  1. Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Apabila Anda sebagai pihak merchant yang telah menggunakan aplikasi QRIS, maka hanya membutuhkan satu QR Code saja. Hal tersebut akan mempermudah jangkauan transaksi menjadi lebih cepat, tepat dan mudah.

  1. Terdapat Lebih Banyak Alternatif Pembayaran

Aplikasi QRIS mempermudah konsumen atau pembeli dalam menentukan pemilihan aplikasi pembayaran digital dari e-wallet yang digunakannya, sehingga tidak perlu khawatir akan ketersediaan QR Code untuk melakukan pembayaran via mobile digital. Sehingga dapat meningkatkan pembayaran non-tunai dan inklusi ikut naik.

  1. Mencegah dari Bahaya Penipuan

Maraknya kasus penipuan berkedok transfer via aplikasi pembayaran digital membuat masyarakat menjadi was-was dan khawatir melakukan transfer via mobile digital. Namun di QRIS dengan QR Code akan mengantisipasi penipuan tersebut. 

  1. Mudah untuk Mendaftar menjadi Merchant

Pengguna aplikasi QRIS tidak harus melakukan pendaftaran yang terlampau rumit seperti melakukan verifikasi ke bank atau mendaftar satu per satu ke E-wallet. Cukup dengan mendaftar langsung melalui aplikasinya dan took Anda akan menerima pembayaran dari pelanggan dan konsumen dengan mudah. 

  1. Dipantau dan Dianalisis dengan sangat Praktis

Seluruh ringkasan transaksi yang telah Anda lakukan akan tercatat dengan baik dalam setiap akunnya. Dipantau secara real time untuk seluruh pengelolaan finansial dan kegiatan transaksi lainnya sehingga mempermudah bisnis.

Manfaat QRIS untuk Pembeli 

Selain itu bagi pembeli, berikut adalah beberapa manfaat QRIS:

  1. Pembayaran yang Alternatif

Menggunakan aplikasi QRIS memudahkan bagi para pembeli atau konsumen dimana Anda tidak harus khawatir lagi dengan memilih pembayaran non-tunai karena lebih fleksibel dan aman.

  1. Transaksi Mudah dan Cepat

Pembayaran digital dengan menggunakan QRIS merupakan cara yang lebih mudah dan cepat daripada melakukan pembayaran dengan uang tunai yang kurang praktis. Sehingga Anda tidak perlu lagi menunggu kasir untuk memberikan kembalian atau menunggu untuk ditukarkan uang dan masalah lainnya. Kemudian yang lebih utama menggunakan pembayaran digital lebih higienis dan lebih dapat dikendalikan pengeluarannya.

Pembayaran dengan QRIS

Yang harus kita periksa terlebih dahulu saat akan membayar menggunakan pembayaran melalui aplikasi QRIS adalah untuk top up, agar Anda dapat melakukan transaksi dengan jumlah saldo yang memadai kemudian QRIS dapat menerima dari kartu debit, kredit sampai dengan uang elektronik lsinnys yang telah disetujui oleh pihak Bank Indonesia (BI)Bagi metode merchant presented mode maka telah dibuat QR Code oleh pihak merchant di tempat transaksi. Sehingga pengguna langsung dapat meng scan QR Code yang telah disediakan agar lebih efisien.

Batasan dan Biaya Transaksi dari Aplikasi QRIS

Nominal maksimalnya pembayaran yang dapat dilakukan dengan QRIS yakni senilai Rp 2 juta. Namun, terdapat juga batasan kumulatif harian atau bulanan yang telah dilakukan oleh pihak pengguna yang telah ditetapkan dalam PJSP.Bagi batasan kumulatif ini ditentukan berdasarkan manajemen risiko keuangan pada setiap pengguna. Metode pembayaran digital melalui QRIS memiliki istilah merchant discount rate (MDR). Merchant discount rate untuk QRIS adalah sebesar 0,7% yang akan ditanggung oleh merchant atau mitra pengguna jasa.Bila dibandingkan dengan biaya switching yang memiliki Gerbang Pembayaran Nasional (GNP) yang hanya mencapai 1%, sehingga angka ini lebih kecil dan memiliki keuntungan yang besar.


You Might Also Like