Rumus Menghitung Harga Pokok Produksi Untuk Perusahaan Manufaktur

Rumus_Menghitung_Harga_Pokok_Produksi

Sebelum mempelajari cara menghitung biaya produksi, ada beberapa hal penting yang perlu dipahami sebagai titik awal, seperti memahami apa itu biaya produksi, komponennya, dan faktor harga.Harga pokok produksi merupakan unsur yang harus diakui dalam laporan keuangan. Karena  memiliki banyak daftar pengeluaran yang nantinya akan menjadi acuan penjualan produk perusahaan.

Berapa Harga Pokok Produksi?

Harga pokok produksi adalah sekumpulan biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan suatu barang atau produk termasuk biaya langsung dan tidak langsung, sehingga  perusahaan dapat menentukan harga produk yang akan diproduksi sebelum dijual. Mengapa perusahaan harus membebankan harga pokok produksi? Selain itu,  tujuan penetapan harga pokok produksi antara lain:

  1. Produk yang  dijual dapat mencapai target pendapatan
  2. Untuk memperoleh kestabilan harga produk yang dijual
  3. Mempertahankan atau menaikkan harga suatu produk akan didasarkan pada hasil yang jelas dari proses produksi
  4. Maksimalisasi keuntungan atau keuntungan masing-masing

Perlu diketahui bahwa jenis produksi/produksi suatu barang/produk ini adalah perusahaan manufaktur.Jenis perusahaan ini berbeda dengan jenis perusahaan lainnya. Karena perusahaan manufaktur dalam bisnis tersebut semuanya mengolah bahan mentah. Tentunya bahan-bahan yang termasuk dalam jenis perusahaan ini juga akan berbeda dengan jenis perusahaan lainnya.Harga pokok penjualan (HPP) adalah istilah akuntansi yang digunakan dalam bisnis untuk menggambarkan biaya yang dikeluarkan secara langsung untuk produk atau layanan yang dihasilkan perusahaan.Dengan kata sederhana, Harga Pokok Penjualan (HPP) didefinisikan sebagai biaya untuk menghasilkan produk atau jasa sebelum menambahkan pajak, keuntungan, dll.Mengetahui harga pokok penjualan adalah  penting dalam bisnis apa pun. Terutama untuk industri manufaktur, karena harus tetap memproduksi barang dan menjualnya.Dengan mengetahui harga pokok penjualan, perusahaan manufaktur dapat memperkirakan harga jual yang akan menghasilkan keuntungan. Lalu bagaimana penerapan HPP di perusahaan manufaktur?Berikut ini contoh penghitungan HPP produk perusahaan manufaktur :

Komponen Harga Pokok Penjualan Perusahaan Manufaktur

Untuk dapat menentukan HPP perusahaan manufaktur, ada unsur-unsur yang harus menyelesaikan. Contoh:

  • Persediaan Awal

Komponen Persediaan awal harus diisi untuk melihat berapa banyak persediaan awal yang dimiliki suatu bisnis. Biasanya, persediaan ini dibebankan pada awal periode berjalan atau pada awal tahun keuangan berjalan.

  • Persediaan Akhir

Komponen ini berisi  persediaan akhir setelah  akhir periode berjalan atau pada akhir tahun berjalan.

  • Pembelian bersih

Pembelian bersih mewakili semua bentuk pembelian perusahaan untuk semua komoditas. Ini termasuk diskon atau sistem pembayaran yang digunakan baik tunai maupun kredit.Harga pokok penjualan merupakan standar bagi pelaku usaha untuk menentukan harga jual barang. Pentingnya layout HPP bagi industri manufaktur akan sangat membantu dalam mempermudah proses penjualan.

Tujuan Perhitungan Harga Pokok Penjualan 

Perhitungan harga pokok penjualan suatu perusahaan dilakukan agar perusahaan dapat menentukan harga jual produk, menghitung keuntungan perusahaan dan kerugian dari penjualan produk dan lihat apakah biaya produksi yang diterapkan realistis.Secara umum perhitungan harga pokok penjualan (HPP) meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead. Penetapan harga pokok penjualan (HPP) di perusahaan manufaktur sedikit berbeda dengan bisnis jasa. Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan HPP di sini bukanlah biaya produksi.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan 

Usaha manufaktur itu sendiri adalah usaha yang membuat/memproduksi barang  sendiri dengan menentukan  harga pokok penjualan sendiri tanpa membeli barang dari pihak lain.Harga pokok penjualan (HPP) adalah total  biaya yang dikeluarkan bisnis secara langsung  untuk mendapatkan barang atau jasa yang dijual. Salah satu langkah dalam menentukan harga pokok produksi (HPP) adalah menghitung dengan  menggunakan rumus untuk mengetahuinya.

Menghitung Harga Pokok Penjualan Untuk Usaha Manufaktur

Untuk industri manufaktur, menghitung HPP cukup mudah. Apalagi jika barang yang dibeli sudah jelas kebutuhannya. Berbeda dengan jasa, diperlukan banyak pertimbangan untuk mengukur HPP.Berikut  cara menghitung harga pokok penjualan untuk perusahaan manufaktur :HPP = Barang jadi - persediaan akhirRumus berikut digunakan untuk menghitung HPP. Bahan-bahan ini harus dipahami sebelum seseorang dapat mengetahui jumlah HPP dalam suatu produk. Untuk masing-masing komponen tersebut, nilai ini dapat diturunkan dengan menggunakan rumus berikut: 

Berikut langkah-langkahnya untuk menghitung harga pokok penjualan untuk perusahaan manufaktur:

  • Hitung semua bahan yang digunakan

Karena perusahaan manufaktur membuat barang sendiri, maka yang diperlukan adalah bahan baku yang dibutuhkan. Bahan baku ini digunakan sebagai modal utama untuk menghitung harga pokok barang awal.Perusahaan harus menentukan jumlah bahan baku yang akan digunakan untuk memproduksi suatu barang. Hal ini dapat ditentukan dari persediaan akhir bahan baku setelah saldo awal ditambahkan ke pembelian yang ada untuk periode tersebut.Dengan menggunakan aplikasi inventaris berfitur lengkap, Anda dapat menyelesaikan proses ini dengan lebih mudah dan lebih cepat. Ini adalah rumus untuk menghitung semua bahan yang digunakan dalam produksi untuk menentukan harga pokok penjualan perusahaan manufaktur :

  • Perhitungan biaya produksi lainnya

Selain bahan utama, terdapat biaya lain yang mempengaruhi proses produksi barang, mulai dari bahan input hingga produk jadi.Beban gaji langsung. Pengeluaran umum (biaya bahan tidak penting), seperti biaya listrik, biaya pemeliharaan  dan perbaikan, dll.

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi

Total Harga Pokok Produksi atau  HPP dapat dipahami sebagai biaya yang dikeluarkan ketika suatu barang  masuk ke dalam proses produksi dan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang tersebut.Cara penentuan total harga pokok produksi adalah dengan menambah jumlah bahan baku dan barang jadi pada awal periode, menambahkan bahan baku dan perlengkapan yang tidak penting (tenaga kerja langsung dan overhead), kemudian menuliskan jumlah sisanya pada akhir periode.Setelah mengetahui harga pokok penjualan, kemudian dapat dengan mudah mengatur harga jual untuk pasar sasaran. Dari HPP juga dimungkinkan untuk memperkirakan berapa  keuntungan yang akan dihasilkan agar industri manufaktur tetap berjalan dengan lancar.Inilah seputar rumus untuk menghitung harga pokok produksi yang bisa Anda pahami dan pelajari. Sebagai pebisnis Anda memang harus lebih banyak mengetahui berbagai hal untuk menunjang kesuksesan bisnis salah satunya hal ini.


You Might Also Like