banner iklan

Sales: Definisi, Fungsi, Tujuan, Istilah-istilah, serta Ragam Spesialisasi Posisi dalam Sales

Sales_adalah

Ada banyak istilah yang digunakan dalam dunia bisnis. Salah satunya yang paling sering disebut adalah sales atau penjualan. Selain yang paling sering, sales juga menjadi salah satu komponen paling penting dalam sistem operasional perusahaan. Tanpa adanya sales atau kegiatan penjualan yang dilakukan secara optimal apalagi bila perusahaan belum menerapkan sistem penjualan yang terintegrasi, maka bisa dikatakan bahwa kinerja perusahaan yang bersangkutan itu buruk. Apabila tak ada kegiatan sales atau penjualan maka sistem operasional perusahaan pun tak akan berjalan. Karena itulah, dapat diartikan bahwa sales itu menjadi ujung tombak suatu perusahaan. Sebagai bagian dari kegiatan penjualan barang berupa produk maupun layanan yang dilakukan perusahaan kepada para konsumennya, biasanya yang melakukannya itu berupa tim. Bahkan di beberapa perusahaan, kegiatan ini dibentuk dalam satu divisi tersendiri yang didalamnya terdiri atas beragam macam peran. Misalnya, divisi pemasaran atau bisa juga divisi komersial. Lantas, sebenarnya apa sih sales itu? Apa saja tanggung jawab utama mereka? Siapa saja yang termasuk ke dalam tim sales di perusahaan? Simak pembahasan lengkap tentang sales dari kami berikut ini.

Apa Itu Sales? 

Dilansir dari berbagai literatur, sales diartikan sebagai suatu kegiatan penjualan barang atau jasa yang dilakukan perusahaan atau produsen atau penjual kepada para pelanggan potensial mereka. Tak hanya itu, sales juga mempunyai pengertian lain yakni sebagai pihak yang melakukan kegiatan penjualan atas produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan kepada konsumen atau pelanggan. Jadi, sales ini juga berarti usaha-usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjual produk barang atau jasa yang mereka hasilkan kemudian memastikan bahwa produk tersebut bisa terjual sesuai dengan yang ditargetkan perusahaan. Intinya, poin utama sales adalah tentang bagaimana suatu produk itu bisa terjual. Dengan melihat berbagai definisi diatas, sangat terlihat bahwa sales merupakan upaya jangka pendek yang dilakukan perusahaan untuk menjual produk mereka. Alasannya karena sebagian besar proses bisnis yang berlangsung dalam kegiatan sales ini sifatnya berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan, misalnya dengan melakukan kegiatan door-to-door sales ataupun telesales. Jadi dalam proses sales ini, biasanya tenaga sales langsung menemui calon pelanggan atau konsumen untuk menawarkan produk mereka. Umumnya, di dalam perusahaan sales dilakukan oleh sebuah tim yang dibentuk dan beranggotakan beberapa orang. Dan seringkali pembagian tim sales ini dibagi berdasarkan beberapa kategori supaya kegiatan penjualannya bisa dilakukan dengan optimal. Contoh kategori pembagiannya adalah misalnya saja didasarkan pada target pelanggan, domisili wilayah penjualan, ataupun bahkan berdasar pada produk barang atau jasa yang dijual. 

Fungsi dari Sales

Berbeda dari fungsi marketing yang membina hubungan dengan konsumen secara jangka panjang, sales berfungsi untuk melayani konsumen atau pelanggan serta membantu mereka dalam menemukan barang yang mereka cari. Dan pada saat itulah, seorang tenaga sales akan melakukan penjualan mereka. Anyway dalam menjalankan fungsinya, kegiatan sales berdampak langsung pada profit perusahaan karena tiap penjualan berhasil dilakukan maka akan langsung mempengaruhi laporan keuangan di perusahaan tersebut. 

Tujuan dari Sales

Secara umum, orang yang melakukan kegiatan sales itu disebut sebagai salesperson. Dan syarat utama seorang salesperson dan tim-nya melakukan kegiatan sales atau penjualan itu adalah mesti mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. Alasannya karena tim sales berperan sebagai media penawaran produk perusahaan kepada para pelanggan yang potensial. Nantinya mereka akan memakai beberapa strategi khusus sehingga para pelanggan yang potensial tersebut tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Tak hanya menjadi media penawaran, salesperson juga wajib memiliki kemampuan untuk membantu pelanggan yang potensial dalam menyediakan kebutuhan mereka melalui produk-produk yang mereka jual. Dalam kegiatan sales-nya, tim sales harus bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk yang mereka beli itu sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan. 

Istilah-istilah Dalam Sales

Meski nampaknya sederhana karena sebagian besar orang hanya mengetahui sales itu sama dengan penjualan, namun sebenarnya ada banyak istilah dalam dunia sales lho! Bila ingin memahami tentang sales, Anda harus mengetahui ragam istilah yang dimaksud. Berikut beberapa diantaranya.Salesperson, adalah orang yang melakukan kegiatan penjualan produk barang atau jasa langsung kepada pelanggan secara face-to-face atau door-to-door. Untuk menarik pelanggan agar mau membeli produk perusahaan yang ditawarkan, seorang salesperson haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta pengetahuan yang cukup tentang produk yang dijual. Prospek, mengacu pada bagaimana salesperson dan tim sales menggunakan ragam strategi dan teknik untuk menghubungi pelanggan yang potensial dalam rangka penjualan produk. Strategi yang digunakan haruslah tepat yang mampu menjadi pendorong ke tahap selanjutnya yang diharapkan yaitu tahap deal atau persetujuan.Deal, merupakan suatu proses persetujuan antara salesperson dan tim sebagai penjual dengan pelanggan sebagai pembeli pada kegiatan transaksi produk. Dalam proses ini, salesperson dan tim sudah mendapatkan wewenang untuk merancang deal atau rencana persetujuan yang pastinya disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi dari pembeli. Sales Pipeline, untuk mengetahui apa saja tahapan-tahapan yang harus dilalui atau telah selesai dilakukan oleh tim dan salesperson dalam kegiatan penjualan kepada pelanggan potensial. Sales pipeline mampu mendeskripsikan seluruh rangkaian kegiatan penjualan yang sedang berlangsung itu. Sales Plan, adalah suatu gambaran berupa tujuan dan strategi apa saja yang ingin dicapai oleh salesperson dan tim dalam jangka waktu panjang ke depannya. Biasanya dalam perencanaan ini, sales plan mencakup berbagai aspek misalnya kondisi pasar hingga target pelanggan mana yang akan dituju. 

Ragam Spesialisasi Posisi Dalam Dunia Sales

Selain istilah-istilah penting, bila ingin mengetahui lebih jauh tentang dunia sales, Anda juga harus paham ragam spesialisasi yang ada dalam sales, misalnya saja seperti yang dijabarkan di bawah ini. Sales RepresentativeTugas utama sales representative adalah menjual produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan kepada para pelanggan potensial secara langsung. Beberapa kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang sales representative adalah kemampuan berkomunikasi yang mumpuni serta kemampuan melayani pelanggan dengan baik. Sales AdministrativeTugas sales administrative adalah harus mendukung tim penjualan atau sales dalam aspek administrasi. Administrasi yang dimaksud disini adalah dengan mempersiapkan quotation atau surat penawaran. Selain itu, posisi ini juga bisa menjadi media penghubung antara sales dengan marketing. Sales ManagementPosisi ini memiliki wewenang untuk menjadi seorang pemimpin dalam tim penjualan. Untuk memimpin, seorang sales management tak hanya dituntut untuk memiliki skill leadership melainkan juga harus punya kemampuan untuk menganalisis penjualan yang terjadi. Menempati posisi ini berarti Anda harus membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan. Account ExecutivePosisi sales yang satu ini bertanggung jawab untuk membangun relasi antara perusahaan dengan pelanggan. Pastinya relasi akan sangat berguna untuk bisa menciptakan citra yang positif di mata masyarakat terhadap produk-produk yang dihasilkan perusahaan. Karena itulah, seorang account executive haruslah punya pengetahuan yang luas mengenai produk. Executive Level ManagementPosisi spesialisasi yang satu ini bertanggung jawab untuk menetapkan target capaian sales dalam jangka waktu panjang tentang tujuan proses penjualan produk-produk perusahaan. Tak hanya target, seorang executive level management juga harus mampu membuat rencana pemasaran yang baik supaya bisa mendukung berjalannya proses penjualan dengan baik. Karena itulah, siapapun yang ada pada posisi ini mestilah cakap dan memiliki pengetahuan lebih tentang dunia penjualan. Demikianlah penjelasan lengkap tentang sales dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Semoga bermanfaat untuk Anda. 


You Might Also Like