Artikel Terbaru

cara_dan_contoh_neraca_saldo_setelah_penutupan_pada_perusahaan_jasa

Cara dan Contoh Neraca Saldo Setelah Penutupan Pada Perusahaan Jasa

Siklus akuntansi mencakup hal-hal penting yang harus dilakukan dalam proses akuntansi atau pencatatan sebuah perusahaan. Dimulai dari pencatatan transaksi sampai pembuatan neraca saldo setelah penutupan harus dilakukan secara runtut dan terperinci agar keuangan perusahaan benar-benar transparan dan akuntabel. Tahap yang dilakukan setelah menyusun jurnal penutup adalah membuat neraca saldo penutupan yang juga merupakan salah satu fase dalam siklus akuntansi.

7_kesalahan_yang_sering_terjadi_dalam_membuat_laporan_keuangan_perusahaan_dagang

7 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan keuangan merupakan catatan informasi keuangan yang disusun pada periode akuntansi yang fungsinya sebagai penggambaran atas kinerja perusahaan dalam periode tertentu. Laporan keuangan terdiri atas neraca, laporan laba rugi, perubahan ekuitas, arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Pemakai laporan keuangan ini berasal dari pihak internal dan eksternal. Pihak internal meliputi karyawan, investor dan pemilik perusahaan itu sendiri. pihak eksternal sendiri ialah pemerintah untuk dijadikan perhitungan pajak pada tahun bersangkutan.

12_cara_meningkatkan_produktivitas_pekerja_pada_pabrik_anda

12 Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerja Pada Pabrik Anda

Untuk mempertahankan bisnis anda tak hanya bergantung pada sebesar profit yang dihasilkan namun seberapa hebat anda melatih para pekerja yang bekerja untuk anda. Mensejahterakan karyawan perusahaan sama halnya memakmurkan diri anda sendiri. Pasalnya karyawan jadi lebih termotivasi dan bekerja lebih baik untuk menghasilkan produk berkualitas. Produktivitas yang meningkat tentu akan mendorong bagian sales untuk bekerja lebih giat agar tidak terjadi penumpukan stok.

cara_dan_contoh_chart_of_account_coa_dalam_perusahaan_dagang_menggunakan_sistem_persediaan_periodik

Cara Dan Contoh Chart Of Account (COA) Dalam Perusahaan Dagang Menggunakan Sistem Persediaan Periodik

Dengan adanya kode akun yang penomoran pada suatu akun dengan menggunakan angka atau huruf pada akun-akun tersebut merupakan langkah yang bisa dibilang penting sekali, karena hal tersebut bisa memudahkan para akuntan ketika sedang menyusun dan mengurutkan akun ke dalam laporan keuangan dan buku besar akuntansi. Kegunaan dari kode nomor akun tersebut adalah kita bisa dengan mudah mengidentifikasi lokasinya ketika kita mencari nomor akun tersebut di buku besar.

cara-dan-contoh-membuat-jurnal-penjualan-tunai-dan-kredit-untuk-perusahaan-dagang

Cara dan Contoh Membuat Jurnal Penjualan Tunai dan Kredit Untuk Perusahaan Dagang

Dan sistem pencatatan tersebut kita kenal sebagai sistem akuntansi. Sistem itu terus bergulir dari waktu ke waktu sehingga membentuk suatu siklus yang disebut siklus akuntansi. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara tuntas tentang sistem pencatatan penjualan dan pembelian dalam siklus akuntansi perusahaan dagang. Bagaimana Cara dan contoh membuat jurnal penjualan tunai dan kredit untuk perusahaan dagang? ....

10_cara_meningkatkan_omset_penjualan_pada_bisnis_ukm

10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Pada Bisnis UKM

Bisnis yang kecil tentu saja bisa berkembang menjadi besar bila dikelola dengan baik dan tepat. Tidak jauh berbeda dengan perusahaan besar, setiap usaha UKM sebaiknya juga memiliki manajemen usaha yang baik sehingga omset penjualan yang didapatkan juga bisa berkembang dan membuat usaha tersebut menjadi besar dan memiliki reputasi yang baik.

cara_dan_contoh_perhitungan_persediaan_akhir_tanpa_stok_opname_barang_di_gudang

Cara dan Contoh Perhitungan Persediaan Akhir tanpa Stok Opname Barang di Gudang

Dalam mencatat ketersediaan barang atau produk, ada dua metode cara yaitu dengan metode perpetual dan metode periodik. Tidak masalah jika perusahaan itu menggunakan metode perpetual, karena saldo persediaan akhir dapat Anda ketahui kapan saja waktu yang anda inginkan. Nah, yang terkadang membuat para pebisnis pusing adalah, bagaimana jika perusahaan itu menggunakan metode periodik?

cara_dan_contoh_chart_of_accounts_coa_perusahaan_jasa_konstruksi_kategori_coa

Cara dan contoh Chart of Accounts (COA) perusahaan jasa konstruksi Kategori COA

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang apa itu Chart of Accounts (COA), sebaiknya Anda ketahui dulu kategori dari COA. Chart of Accounts (COA) ini memiliki 2 kategori yakni debit dan kredit. Kategori inilah yang digunakan untuk menentukan sebuah saldo normal suatu akun pada posisi debit atau posisi kredit. Apa yang dimaksud dengan saldo normal?

perbedaan_dari_akuntansi_basis_akrual_accrual_basis_dengan_akuntansi_basis_kas_cash_basis

Perbedaan dari Akuntansi Basis Akrual (Accrual Basis) dengan Akuntansi Basis Kas (Cash Basis)

Di dalam sebuah perusahaan pada saat mencatat keuangan harus menggunakan basis akuntansi. Karena menggunakan basis akuntansi ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui kapan pengaruh transaksi atau kejadian harus diakui. Tentu saja setiap perusahaan menggunakan basis akuntansi yang berbeda-beda, ini tergantung dari sebuah perusahaan tersebut. Dan setiap basis akuntansi memiliki kelemahan dan kelebihan, dan basis akuntansi ini memiliki 2 jenis yakni basis akrual dan basis kas.