Artikel Terbaru

buat_pencatatan_pertukaran_aset_tetap_perusahaan_dengan_cara_ini.png

Buat Pencatatan Pertukaran Aset Tetap Perusahaan dengan Cara Ini

Apa itu aktiva? Aktiva atau yang biasa dinamakan sebagai aset merupakan harta sekaligus sumber ekonomi perusahaan. Aktiva tersebut akan digunakan untuk berbagai kegiatan operasional perusahaan. Sementara itu, aktiva tetap merupakan aktiva dalam bentuk siap pakai atau bisa juga harus membangunnya terlebih dahulu. Aktiva tetap akan digunakan oleh perusahaan dalam operasinya serta memiliki jangka waktu manfaat lebih dari setahun.Perlu Anda tahu bahwa ketika aktiva tetap ditukar dengan aktiva tetap yang lain, maka akan timbul beberapa masalah. Masalah yang timbul tersebut adalah sebagai berikut:

contoh_cara_mencatat_pendapatan_dan_penerimaan_bisnis_dalam_jurnal_secara_sederhana

Contoh Cara Mencatat Pendapatan dan Penerimaan Bisnis dalam Jurnal Secara Sederhana

Bisnis tentu akan selalu berurusan dengan pencatatan pendapatan dan penerimaan. Walau terdengar sama, dalam konteks tertentu, pendapatan dan penerimaan sedikit berbeda. Bisnis agar tak merugi harus mampu mencatat setiap transaksi yang berkaitan dengan pendapatan atau penerimaan kas dengan baik. Apalagi bisnis kecil atau baru berdiri, pencatatan harus tetap dilakukan sesuai kaidah akuntansi yang benar agar tak membingungkan nantinya.Sebelum memahami cara serta contoh mencatat pendapatan usaha terhadap setiap transaksi penerimaan kas, ada baiknya untuk memahami beberapa hal terlebih dahulu khususnya persamaan akuntansi dan jurnal dalam akuntansi. Hal ini penting agar Anda tidak bingung saat hendak mencatat pendapatan di jurnal akuntansi.Tenang saja, dalam artikel ini, penjelasan akan dilakukan dengan jelas, singkat, namun mudah dimengerti.

peran_dan_fungsi_administrasi_dalam_perusahaan

Peran dan Fungsi Administrasi dalam Perusahaan

Apa yang Anda pikirkan tentang administrasi? Suatu hal yang berkaitan dengan pencatatan dan pengarahan? Ya, dalam kehidupan sehari-hari kita sangat dekat dengan kegiatan administrasi. Ketika mengurus surat-menyurat di instansi pemerintahan misalkan, kita harus mengikuti prosedur administrasi yang berlaku. Tetapi samakah dengan administrasi dalam sebuah perusahaan. Bagaimana pula peran dan fungsi dari administrasi ini jika dikaitkan dengan kegiatan perusahaan?

PPN dalam Konteks Impor: Bagaimana Penghitungan dan Dampaknya

PPN dalam Konteks Impor: Bagaimana Penghitungan dan Dampaknya

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah salah satu elemen penting dalam perdagangan internasional yang berperan signifikan dalam perekonomian suatu negara. Dalam konteks impor, PPN memiliki dampak yang besar terhadap biaya dan harga barang yang masuk ke dalam negeri. Artikel ini bertujuan untuk mengedukasi pembaca tentang cara penghitungan PPN dalam konteks impor, dampaknya terhadap bisnis dan perekonomian, serta memberikan wawasan tentang kebijakan perpajakan terkait impor.

Ilustrasi habisnya e-meterai

Meterai Elektronik Peruri Habis? Solusi dan Alternatif untuk Pendaftaran CPNS 2024

Pendaftaran CPNS 2024 adalah proses seleksi yang sangat dinantikan oleh banyak calon pegawai negeri di Indonesia. Salah satu syarat untuk legalisasi dokumen pendaftaran CPNS, adalah penggunaan meterai elektronik (e-meterai) yang dikeluarkan oleh Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia). Meterai elektronik ini diperlukan untuk memastikan bahwa dokumen yang dilampirkan sah di mata hukum dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Hubungi kami via whatsapp