Bisnis

Apa itu suppy chain management (SCM)

Apa Itu Supply Chain Management (SCM) serta Pentingnya SCM Dalam Proses Bisnis

Pekerjaan utama suatu perusahaan yang menjual produk (manufaktur) adalah mengolah bahan mentah menjadi barang jadi lalu mendistribusikannya ke tangan konsumen. Rangkaian kegiatan tersebut termasuk ke dalam rantai pasok atau supply chain dan harus dikelola dengan baik demi kesuksesan perusahaan. Untuk mengelola rantai pasok secara optimal, perusahaan perlu melakukan supply chain management.

Perbedaan Aktiva dan Pasiva

Mengenal Perbedaan Aktiva dan Pasiva Beserta Contohnya

Dalam sebuah perusahaan, tentu Anda tidak asing lagi dengan laporan neraca. Neraca atau yang sering disebut sebagai laporan neraca merupakan jenis laporan mengenai keuangan di dalam sebuah perusahaan yang biasanya menyajikan kondisi aset, kewajiban perusahaan (liability), dan juga modal perusahaan (equity). Dengan mengetahui ketiga komponen penting di atas maka bisa membantu Anda untuk melihat bagaimana perjalanan perusahaan Anda kedepannya. Bicara mengenai neraca maka berkaitan juga dengan yang namanya aktiva dan pasiva. Apa perbedaan aktiva dan pasiva?

Dropshipping: Tips untuk pemula

Dropshipping: 10 Tips Untuk Pemula Beserta Contoh Barang Pilihan

Dropshipping adalah suatu teknik berbisnis, dengan cara memasarkan barang tanpa harus menyimpan stok apapun. Caranya adalah dengan memasang iklan untuk menerima pesanan atau pre-order, lalu memesan ke vendor penyedia barang setelah pihak pembeli melakukan pembayaran. Dengan cara dropshipping ini, kita bisa mengambil keuntungan lewat selisih harga jual.

apa itu Aplikasi ERP?

Apa itu Aplikasi ERP?

Aplikasi ERP: apakah Anda pernah mendengar, atau sudah mengetahui aplikasi apa ini? Pernahkah Anda merasakan kesulitan dalam menjalankan proses bisnis perusahaan? Untuk menjawab semua tersebut.

Apa itu Scale Up dalam bisnis?

Scale Up: Apa Itu, dan Apa Tujuannya dalam Bisnis?

Scale up adalah proses di mana sebuah perusahaan meningkatkan kapasitasnya dalam hal produksi, penjualan, infrastruktur, dan sumber daya manusia untuk mencapai pertumbuhan yang signifikan dan berkelanjutan. Ini berbeda dengan startup yang masih dalam tahap pertumbuhan awal dan fokus pada pengembangan produk atau layanan. Scale up bertujuan untuk meningkatkan skala operasi bisnis untuk mengakomodasi permintaan yang lebih besar dan mencapai pangsa pasar yang lebih luas.

Apa itu Forecasting?

Forecasting, Apa Itu dan Bagaimana Melakukannya?

Forecasting adalah proses perkiraan atau prediksi atas kejadian atau kondisi di masa depan berdasarkan informasi yang tersedia pada saat ini. Dalam konteks ekonomi dan bisnis, forecasting digunakan untuk memprediksi berbagai variabel seperti penjualan, produksi, permintaan pasar, harga, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik, merencanakan kegiatan operasional, mengelola risiko, dan mengoptimalkan kinerja bisnis.

Sektor Ekonomi Indonesia 2024!

Ini 7 Sektor Penopang Ekonomi Indonesia Tahun 2024!

Kondisi ekonomi nasional Indonesia di 2024 seperti penuh ketidakpastian. Pemerintah melalui situs resmi Indonesia.go.id, menetapkan target pertumbuhan ekonomi nasional antara 5,1% hingga 5,7%. Penurunan batas bawah pertumbuhan dari semula 5,3% menjadi 5,1% ini disebabkan oleh ketidakpastian global dan berbagai faktor risiko yang dianggap masih tinggi pada tahun 2024. Bahkan, beberapa lembaga internasional juga memproyeksikan melemahnya ekonomi global dan domestik pada paruh kedua tahun ini dan berlanjut pada tahun depan.

Cara Sukses Memulai Usaha Dari Nol Dengan Modal Kecil

Cara Sukses Memulai Usaha Dari Nol Dengan Modal Kecil

Memulai usaha dari nol dengan modal terbatas adalah tantangan yang sering dihadapi oleh para calon pengusaha. Namun, dengan perencanaan yang baik dan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi hambatan ini dan memulai bisnis yang sukses. Berikut adalah panduan komprehensif untuk memulai usaha dari nol dengan modal kecil: