Bisnis

Apa itu suppy chain management (SCM)

Apa Itu Supply Chain Management (SCM) serta Pentingnya SCM Dalam Proses Bisnis

Pekerjaan utama suatu perusahaan yang menjual produk (manufaktur) adalah mengolah bahan mentah menjadi barang jadi lalu mendistribusikannya ke tangan konsumen. Rangkaian kegiatan tersebut termasuk ke dalam rantai pasok atau supply chain dan harus dikelola dengan baik demi kesuksesan perusahaan. Untuk mengelola rantai pasok secara optimal, perusahaan perlu melakukan supply chain management.

Perbedaan Aktiva dan Pasiva

Mengenal Perbedaan Aktiva dan Pasiva Beserta Contohnya

Dalam sebuah perusahaan, tentu Anda tidak asing lagi dengan laporan neraca. Neraca atau yang sering disebut sebagai laporan neraca merupakan jenis laporan mengenai keuangan di dalam sebuah perusahaan yang biasanya menyajikan kondisi aset, kewajiban perusahaan (liability), dan juga modal perusahaan (equity). Dengan mengetahui ketiga komponen penting di atas maka bisa membantu Anda untuk melihat bagaimana perjalanan perusahaan Anda kedepannya. Bicara mengenai neraca maka berkaitan juga dengan yang namanya aktiva dan pasiva. Apa perbedaan aktiva dan pasiva?

Dropshipping: Tips untuk pemula

Dropshipping: 10 Tips Untuk Pemula Beserta Contoh Barang Pilihan

Dropshipping adalah suatu teknik berbisnis, dengan cara memasarkan barang tanpa harus menyimpan stok apapun. Caranya adalah dengan memasang iklan untuk menerima pesanan atau pre-order, lalu memesan ke vendor penyedia barang setelah pihak pembeli melakukan pembayaran. Dengan cara dropshipping ini, kita bisa mengambil keuntungan lewat selisih harga jual.

apa itu Aplikasi ERP?

Apa itu Aplikasi ERP?

Aplikasi ERP: apakah Anda pernah mendengar, atau sudah mengetahui aplikasi apa ini? Pernahkah Anda merasakan kesulitan dalam menjalankan proses bisnis perusahaan? Untuk menjawab semua tersebut.

Sektor Ekonomi Indonesia 2024!

Ini 7 Sektor Penopang Ekonomi Indonesia Tahun 2024!

Kondisi ekonomi nasional Indonesia di 2024 seperti penuh ketidakpastian. Pemerintah melalui situs resmi Indonesia.go.id, menetapkan target pertumbuhan ekonomi nasional antara 5,1% hingga 5,7%. Penurunan batas bawah pertumbuhan dari semula 5,3% menjadi 5,1% ini disebabkan oleh ketidakpastian global dan berbagai faktor risiko yang dianggap masih tinggi pada tahun 2024. Bahkan, beberapa lembaga internasional juga memproyeksikan melemahnya ekonomi global dan domestik pada paruh kedua tahun ini dan berlanjut pada tahun depan.

Ilustrasi Pajak

Perubahan Tarif Pajak UMKM Tahun 2024

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) atau malah sudah punya usaha, mungkin sudah mendengar kabar perubahan tarif pajak penghasilan (PPh) untuk UMKM. Apakah benar terjadi kenaikan tarif pajak untuk UMKM?