Perbandingan Software

Rekomendasi Mesin POS Kasir dan Kegunaannya Untuk Bisnis UMKM

15 Rekomendasi Mesin POS Kasir dan Kegunaannya Untuk Bisnis UMKM

Software Point of Sales atau POS adalah aplikasi yang bertugas mencatat penjualan. POS adalah bentuk sistem kasir masa kini, yang mengelola masuknya pembayaran sebagai hasil penjualan, dan bahkan ada juga yang terhubung dengan aplikasi gudang untuk mencatat jumlah stok barang. Pembayaran yang dikelola oleh POS biasanya tidak hanya uang tunai, tapi juga debit, cashless atau electronic money, QR, dan sebagainya.

Ini dia perbedaan antara CRM dan Software ERP yang perlu diketahui

Perbedaan CRM dan ERP Yang Perlu Pebisnis Ketahui

Dalam era bisnis yang semakin kompetitif dan dinamis seperti sekarang, pengelolaan hubungan dengan pelanggan dan operasional bisnis yang efisien menjadi kunci kesuksesan. Dalam konteks ini, terdapat dua sistem yang sering dibahas, yaitu CRM (Customer Relationship Management) dan ERP (Enterprise Resource Planning). Meskipun keduanya bertujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis, terdapat perbedaan mendasar dalam fokus, fungsi, dan peran mereka di dalam perusahaan

Software ERP Indonesia

Yakin Software Akuntansi Kamu Sudah Berhasil?

Seorang pemilik bisnis yang terus berkembang, pasti butuh alat untuk mengelola keuangan, stok, tagihan atau invoice, sampai berbagai laporan yang terus bertambah. Semuanya demi bisnis yang lebih efisien, lewat proses produksi, distribusi, dan manajemen keuangan yang lebih baik. Biasanya, bisnis kecil dan menengah akan memulai dengan software akuntansi. Alasannya, karena sekarang ini cukup banyak yang menawarkan harga miring, bahkan gratis untuk promosi awal. Pertanyaannya, apakah software akuntansi sudah tepat untuk memperbaiki tata kelola bisnis kita?

Ilustrasi ERP

7 Perbedaan Aplikasi ERP dengan Aplikasi Akuntansi

ERP atau enterprise resource planning adalah sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan atau menghubungkan proses proses yang ada serta merencanakan kebutuhan sumber daya dari perusahaan. Sistem ERP bertugas membantu perusahaan dalam mengelola operasional seperti penjualan, pembelian, produksi, keuangan, rantai pasok (supply chain), bisa juga sampai manajemen proyek dan sumber daya manusia.

Ilustrasi Bakery

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Untuk Bisnis Bakery dan Sauce

Menjelang tahun 2024 ini, pertumbuhan bisnis makanan dan minuman (F&B) diramalkan akan terus melesat. Setelah mulai pulih di tahun 2022 dengan pertumbuhan 3,5%, industri food and beverages menanjak hingga hampir 10% di akhir tahun 2023 ini. Tentunya, semakin pesat perkembangan suatu perusahaan F&B, semakin kompleks manajemen inventory serta gudangnya, dan semakin canggih software yang dibutuhkan untuk mengelolanya.