Pengertian Freelance dan Freelancer

Pengertian dari freelance adalah pekerjaan yang waktu kerjanya bisa diatur sendiri alias bebas. Jadi, bisa dikatakan bahwa pekerjaan freelance tidak memiliki jam kerja tetap seperti karyawan atau pekerja kantoran biasa. 

Umumnya pekerjaan freelance ini sifatnya jangka pendek yang sudah disesuaikan dengan kontrak yang sudah dilakukan. Klien kontraknya pun bermacam-macam mulai dari klien pribadi atau perseorangan, hingga kontrak dengan organisasi, lembaga atau perusahaan.

Penyebutan untuk pekerja yang melakukan pekerjaan freelance inilah yang dikenal sebagai freelancer. Atau dengan kata lain, freelancer adalah orang yang melakukan pekerjaan lepas atau freelance seperti yang telah disebutkan di atas. 

Beberapa bidang kerja freelance yang banyak diminati oleh para freelancer adalah bidang administrasi, keuangan dan akuntansi, computer dan IT, pelatihan, SDM dan perekrutan, desain, hingga content creator


Lima Alasan Penting Mengapa Menjadi Freelancer Itu Diminati

Lantas, apa sajakah keuntungan bekerja secara freelance bagi seorang freelancer? Simak yuk, pembahasannya di bawah ini!


Waktu Kerja Sangat Fleksibel

Kapan lagi bisa bekerja sesuai dengan kemauan kita selain dengan menjadi seorang freelancer. Pengen lebih produktif pada malam hari? Well, bisa banget. Anda bisa mengerjakan proyek kerja sesuai dengan keinginan dan kesempatan. Mau itu, siang, sore, malam ataupun subuh. Yang terpenting, proyek Anda tersebut selesai tepat pada waktunya.

Bos Bagi Diri Sendiri

Jikalau di kantor atau perusahaan, Anda harus menjadi karyawan dan rela disuruh-suruh oleh atasan, maka freelancer adalah sebaliknya. Memilih menjadi seorang freelancer berarti Anda memilih untuk menjadi bos bagi diri sendiri. Orang yang mampu memerintah Anda ya, diri Anda sendiri. Orang yang menerapkan aturan, waktu libur, bahkan standar gaji pun diri Anda sendiri. Anda pun dapat mengakhiri pekerjaan yang sekiranya kliennya memberatkan, menyebalkan dan tidak menepati perjanjian yang sudah disepakati tanpa harus takut dipecat dan dikurangi gajinya. Keren, bukan?

Tak Terikat Oleh Tempat Kerja

Freelance merupakan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dimanapun Anda berada. Mau itu dikerjakan di rumah, kafe, tempat nongkrong, coworking space, di mobil, bahkan saat liburan di Bali sekalipun. Pokoknya bebas dikerjakan dimana saja yang Anda suka. 

Kecuali untuk keperluan meeting, klien tidak akan menentukan tempat kerja Anda sama sekali. Namun sekarang pun meeting sudah banyak dilakukan secara daring atau online. Intinya, Anda bebas mengerjakan proyek dari klien dimanapun Anda sedang berada. 


Upah yang Menjanjikan

Semakin tinggi skill dan keahlian Anda maka semakin besar juga upah yang akan Anda dapatkan. Apalagi bila pekerjaan yang Anda lakoni itu termasuk sulit seperti programmer. Bahkan terkadang banyak perusahaan besar meng-hire seorang freelancer professional untuk mengerjakan proyek mereka. Dan pastinya, upah yang diberikan pun sangat menjanjikan. Pokoknya semakin besar proyek yang Anda terima, maka semakin mahal juga klien membayar jasa Anda. 

Bebas Pilih Proyek Sendiri

Tak ada lagi tekanan. Tak ada lagi paksaan.  No more! Anda bebas memilih proyek kerja Anda sendiri tanpa harus dipaksa-paksa dan ditekan oleh atasan. Kesimpulannya, menjadi freelancer berarti bebas dari perintah siapapun yang biasanya menyuruh Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda suka. 

Melalui pekerjaan freelance, Anda bisa memilih proyek mana yang Anda suka dan paling kuasai untuk dikerjakan. Dan pastinya, oleh karena mengerjakan sesuatu yang Anda suka, maka hasilnya pun menjadi lebih optimal. 


Contoh Pekerjaan Freelance bagi Seorang Freelancer

Bila tertarik untuk bekerja secara freelance, ada beberapa contoh pekerjaan freelance yang bisa digeluti oleh seorang freelancer. Apa sajakah itu? Berikut beberapa diantaranya


1. Admin Media Sosial

Sejak pandemic Covid-19 menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia, banyak kegiatan dilakukan secara online. Salah satu contohnya adalah aktivitas penjualan dan pemasaran sebuah produk. Dan media sosial adalah salah satu media yang digunakan banyak pebisnis untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk mereka.

Nah, oleh karena pemasaran dan penjualan banyak dilakukan secara daring lewat media sosial, maka diperlukan admin agar komunikasi dengan calon konsumen tetap berjalan dengan baik. 

Untuk menjadi admin inilah, Anda mesti memahami dan menguasai fitur-fitur yang ada di berbagai media sosial baik itu, Instagram, Facebook, Twitter hingga TikTok. Tujuannya adalah agar kemampuan berkomunikasi Anda dengan orang lain pun menjadi semakin meningkat. 


2. Translator

Translator atau penerjemah adalah salah satu kerja freelance yang memiliki peluang besar mendapatkan upah lebih tinggi dari upah rata-rata karyawan biasa, lho!  Apalagi bila Anda mampu menguasai lebih dari satu bahasa asing selain bahasa Inggris. Misalnya saja bahasa Jepang, Mandarin, Arab, Korea, Perancis, dan lain-lain. 

Dengan skill bahasa asing yang se-amazing itu, pangsa pasar jasa Anda pun sangatlah luas. Anda bisa memiliki klien lintas negara alias klien dari luar negeri. Maka dari itu, bayaran yang Anda dapatkan pun bukan lagi dalam bentuk rupiah melainkan dalam bentuk mata uang mereka. 

Dan sebagai informasi, salah satu contoh pekerjaan freelancer yang bekerja sebagai penerjemah atau translator adalah menerjemahkan artikel, buku, jurnal, hingga dokumen.


3. Content Writer

Kalau ada satu pekerjaan yang tak bisa digantikan oleh mesin, maka itu adalah menulis. Karena itulah, pasar bagi penulis pun sangatlah luas. Dan Anda bisa menjadi penulis untuk berbagai macam bidang tergantung kesukaan dan kemampuan Anda. 

Ada yang memilih untuk menjadi penulis konten berita, hiburan, blog, produk, bahkan ada yang lebih suka menulis skenario sebuah program TV, drama, atau serial. Bayarannya tentu beragam. Dan Anda pun bisa mengerjakannya dimanapun Anda berada dan kapanpun Anda mau. 


4. Programmer

Pekerjaan freelance yang satu ini termasuk ke dalam salah satu pekerjaan yang menjanjikan karena upah yang didapatkan bisa terbilang tinggi. Kemampuan coding yang dimiliki oleh seorang programmer ini bahkan bisa membawa Anda ke dalam kehidupan finansial yang sangat berkecukupan. Apalagi bila Anda termasuk programmer yang sudah sangat ahli dan profesional. Pastilah akan ada banyak perusahaan besar yang rela membayar mahal untuk memakai jasa Anda. 


5. Desain Grafis

Desain adalah salah satu skill yang digunakan di banyak bidang pekerjaan. Mulai dari desain untuk buku, poster produk, undangan, konten video, dan masih banyak lagi. Bahkan kegiatan pemasaran suatu produk melalui media sosial pun tak lepas dari peran desain, dalam hal ini desain grafis. 

Dan tentu saja dengan semakin maraknya penggunaan digital untuk kegiatan bisnis termasuk di dalamnya pembuatan desain konten suatu video dan proyek, maka desain grafis pun semakin banyak dibutuhkan. 

6. Fotografer

Jasa freelance fotografer termasuk salah satu jasa yang selalu ada peminatnya. Jasa ini bisa digunakan di acara-acara seperti birthday, anniversary, wisuda, pernikahan, dan masih banyak lagi. 

Untuk menjadi seorang fotografer tentunya Anda harus memiliki skill membidik objek dengan kemampuan mumpuni. Supaya bisa semakin dikenal, Anda harus memiliki gaya khas fotografi Anda sendiri sehingga orang melihat Anda unik dan tertarik untuk meng-hire Anda. 


7. YouTuber

Saat ini, ada banyak orang yang menjadi YouTUber mulai dari orang yang  bukan siapa-siapa bahkan artis sekalipun berlomba-lomba memiliki channel YouTube mereka sendiri. Ada yang punya channel khusus pendidikan dan sharing pengetahuan, story telling, horror, memasak, kompilasi video idola, menyanyi, bahkan hingga konten lirik lagu. 

Intinya, dibutuhkan kreatifitas tinggi untuk menjadi seorang YouTuber karena ada banyak YouTuber di luar sana yang juga memiliki tema konten yang sama dengan Anda. Jadi, agar channel Anda punya banyak peminatnya, maka dibutuhkan sesuatu yang unik yang membuat konten Anda lebih disukai daripada konten YouTuber lainnya. 


Bagaimana Cara Menjadi Freelancer bagi Seorang Pemula? 

Ada banyak cara untuk menjadi seorang freelancer bagi seorang pemula. Penasaran apa sajakah itu? Berikut penjelasan lengkapnya!


Apa Skill Anda?

Hal paling penting dan utama yang mesti Anda pertimbangkan sekaligus pahami sebelum menjadi seorang freelancer adalah apa keahlian atau skill yang Anda miliki dan kuasai sekarang ini. Apakah itu membuat website, mendesain, menulis konten ataupun fotografi. 

Memang Anda bisa saja menjadi seorang freelance tanpa harus menentukan skill khusus yang Anda miliki namun bila ingin membangun personal branding sebagai seorang expert, Anda harus menentukan untuk membatasi segmen atau bidang mana yang Anda benar-benar kuasai. Keuntungan untuk menjadi seorang expert adalah tarif jasa Anda bisa menjadi lebih tinggi. Tawaran pekerjaan atau proyek dari klien pun lebih banyak. 

Tentukan Keahlian Anda

Setelah mengetahui skill khusus yang Anda miliki, maka hal selanjutnya yang harus ditentukan adalah detail keahlian yang akan Anda tawarkan. Misalnya, skill khusus Anda adalah menjadi content writer, maka detail menulis yang harus Anda tentukan adalah apakah Anda memutuskan untuk menjadi penulis artikel blog, ebook ataukah script YouTube. 

Setelah itu, tentukan juga topik penulisan yang Anda benar-benar kuasai. Apakah itu topik bisnis, pendidikan, teknologi, gaya hidup, hiburan, dan lain-lain. Apalagi bila Anda menguasai teknik SEO sebagai suatu kelebihan dalam penulisan artikel. Nah, dengan semua detail tersebut itulah, maka akan sangat mudah bagi calon klien untuk mengetahui keahlian Anda. 

Tentukan Target Pelanggan 

Dalam dunia freelance, menentukan target jasa atau pelanggan Anda wajib untuk dilakukan alias tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Bila Anda sudah mengetahui siapa calon pelanggan jasa yang Anda tawarkan, maka akan semakin mudah pula bagi Anda unuk menentukan keahlian yang harus Anda kuasai. 

Misalnya, bila Anda bekerja sebagai freelance desain grafis maka tentukan siapa saja yang akan membutuhkan keahlian Anda itu. Apakah developer aplikasi dan website? Ataukah pemilik website? Ataukah perusahaan advertising? Yang jelas setelah mengetahui target pelanggan Anda itulah, maka proses promosi yang akan Anda lakukan pun jadi lebih tepat sasaran.

Tetapkan Tarif atau Harga yang Pas untuk Jasa Anda

Tarif atau harga adalah pertanyaan yang sering membuat bingung banyak freelancer pemula. Semuanya jadi serba salah. Kalau tarif terlalu tinggi, klien susah didapatkan. Apabila terlalu rendah, yang dapat malah rugi waktu dan uang karena bayaran yang rendah tidak sesuai dengan usaha yang sudah dilakukan. Karena itulah agar tidak bingung, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan, antara lain:

  • Harga disesuaikan dengan proyek freelance yang Anda kerjakan. Tentunya, tarifnya juga didasarkan dengan apakah pekerjaan yang Anda lakukan ini sulit atau mudah. Selain itu, bedakan juga antara klien pribadi dengan perusahaan. Apalagi bila Anda mendapatkan klien dari luar negeri.

  • Riset tarif jasa keahlian yang akan Anda tawarkan. Oleh karena Anda adalah freelancer pemula maka Anda bisa melihat tarifnya di beberapa platform freelance ataukah bisa juga bertanya langsung ke sesama freelancer yang memiliki skill yang sama. 

  • Kenali sistem pembayaran freelance Anda apakah akan dibayar per jam ataukah per proyeknya. Apabila misalnya pekerjaan yang dilakukan berlangsung lama, maka akan lebih nyaman bagi Anda untuk meminta pembayaran per bulan

  • Tarif jasa Anda juga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh klien. Ini juga bisa menjadi sebuah strategi bagi Anda sebagai pemula. Intinya, gunakan kemampuan Anda dalam bernegosiasi agar diberikan tariff yang layak

Buat Portofolio yang Menarik

Salah satu cara agar klien mengetahui bahwa Anda adalah orang yang mereka butuhkan adalah melalui portofolio yang Anda cantumkan. Nah, agar bisa menarik klien, usahakan untuk membuat portofolio yang unik dan beda daripada yang lain. 

Salah satu caranya adalah Anda bisa memakai website portofolio. Keuntungan menggunakan website untuk portofolio sangat banyak, diantaranya klien Anda bisa langsung terhubung melalui fitur chat WhatsApp yang ada di website. 

Kedua, portofolio Anda pun dapat muncul langsung di halaman pertama Google. Ketiga, tentunya tampilkan semua pekerjaan terbaik Anda dalam portofolio tersebut entah itu desain ataupun konten yang pernah Anda buat di berbagai website

Lakukan Promosi

Bagi seorang freelancer pemula, ada banyak pilihan untuk mempromosikan keahlian Anda secara gratis. Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan optimasi Search Engine Optimization (SEO). Lakukan promosi lewat berbagai media sosial gratis seperti Instagram, Facebook bahkan yang khusus professional seperti LinkedIn.


Terus Asah dan Tingkatkan Skill Anda

Sangat wajib bagi freelancer untuk mengembangkan dan mengasah terus skill teknis mereka. Alasannya adalah karena skill itulah yang akan dilirik nanti oleh pelanggan. 

Contohnya saja, bila Anda memiliki keahlian sebagai penulis blog, maka agar klien puas, ada baiknya untuk terus mengasah kemampuan SEO Anda dalam menulis. Update terus algoritma Google agar Anda tidak ketinggalan info terkait SEO. 

Tak hanya itu, tak ada salahnya juga Anda mempelajari kemampuan menulis lain seperti copywriting, dan lain-lain. Siapa tahu ini juga bisa membuat tawaran pekerjaan semakin banyak. 

Mendaftar ke Berbagai Platform Freelancer

Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan klien terutama bagi para freelancer pemula adalah mendaftar ke berbagai platform freelancer ternama. Selain sistem yang sudah siap dan jangkauan klien yang lebih luas, platform-platform freelancer juga memiliki keamanan yang terjamin serta kemudahan dalam sistem pembayaran. Beberapa contoh platform freelancer ternama yang bisa Anda coba adalah Sribulancer, Projects.co.id, 99design, dan UpWork. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai freelancer mulai beberapa alasan penting seseorang lebih memilih pekerjaan freelance, contoh-contoh pekerjaan freelance hingga bagaimana cara menjadi seorang freelancer bagi pemula. So, sudah siap menjadi seorang freelancer online yang sukses? Tunggu apalagi! Wujudkan impian Anda itu sekarang juga!