Sistem Pengendalian Manajemen

sistem_pengendalian_manajemen

Di dalam suatu perusahaan adanya sistem pengendalian manajemen sangatlah penting karena bisa jadi suatu hal yang berfungsi besar terhadap laju pertumbuhan suatu perusahaan. Bila suatu perusahaan tidak mempunyai sistem pengendalian manajemen yang baik maupun tidak terdapat sama sekali, maka industri akan rentan untuk hadapi kemunduran.Semakin baiknya suatu sistem pengendalian manajemen pada perusahaan akan membuat perusahaan tersebut bisa tumbuh dengan cepat. Begitu pula sebaliknya dimana bila sistem pengendalian manajemen yang dipunyai suatu perusahaan tidak baik maka bisa membuat perusahaan tidak bisa tumbuh dan tersaingi oleh perusahaan lain.Bersumber pada hal tersebut, apa yang diartikan dengan sistem pengendalian manajemen yang wajib dimiliki suatu perusahaan ini dan fungsi, faktor, dan manfaatnya untuk perusahaan. Ikuti informasi berikut.

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen

Bagi Anthony serta Reece mendefinisikan sistem pengendalian manajemen sebagai suatu sistem yang mempunyai fungsi dalam pengendalian tiap kegiatan yang terjadi di dalam suatu perusahaan. Hal ini dalam upaya memastikan strategi yang cocok untuk diterapkan dan mencapai tujuan perusahaan tersebut.Sebaliknya bagi Suadi mengartikan sistem pengendalian manajemen sebagai suatu sistem yang terdiri dari bermacam sub sistem yang mempunyai kaitan antara satu sama lain. Sub sistem tersebut terdiri dari penganggaran, pemrograman, pelaporan, akuntansi, sampai pertanggungjawaban. Suatu perusahaan yang dianggap baik sendiri wajib sanggup penuhi beberapa hal, yaitu:

  • Mempunyai tolak ukur kinerja yang jadi gambaran suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berjalan dengan efektif, efisien, dan produktif.
  • Mempunyai kebijakan dalam memastikan tolak ukur di dalam suatu perusahaan tersebut.
  • Sanggup mengapresiasi tiap sumber daya yang ada ataupun dimiliki oleh perusahaan ataupun organisasi tersebut.

Tidak hanya itu, sistem pengendalian manajemen sendiri mempunyai bermacam karakteristik penting dalam melaksanakan suatu perusahaan ataupun organisasi sebagai berikut.

  • Karakteristik pertama dari sistem pengendalian manajemen yaitu bisa digunakan untuk memegang kendali dari totalitas perusahaan ataupun organisasi. Hal yang termasuk ke dalamnya yaitu seluruh sumber daya yang bisa digunakan. 

Baik SDM ataupun sumber daya manusia, perlengkapan dan teknologi yang ada sampai hasil yang bisa diperoleh suatu perusahaan dengan terdapatnya sistem pengendalian manajemen proses mencapai tujuan suatu perusahaan bisa berjalan dengan baik.

  • Karakteristik kedua dari sistem pengendalian manajemen yaitu hal tersebut bertolak belakang dari suatu strategi ataupun cara penilaian secara merata ataupun terintegrasi yang ada di perusahaan. Tidak hanya itu mempunyai sifat tidak terlalu membutuhkan hitungan yang pasti ketika mengevaluasi suatu hal.
  • Karakteristik ketiga dari sistem pengendalian manajemen yaitu mempunyai orientasi terhadap manusia. Hal ini disebabkan sistem yang ada tersebut digunakan untuk membantu manajer dalam mencapai strategi perusahaan serta bukan digunakan untuk membetulkan rincian daftar perusahaan.

Fungsi Sistem Pengendalian Manajemen

Adanya sistem pengendalian manajemen yang baik, maka pengendalian biaya yang dikeluarkan dari suatu perusahaan akan lebih efisien. Hal ini disebabkan dalam pengendalian biaya yang baik memerlukan komunikasi antara data yang diinformasikan oleh akuntansi kepada manajemen yang baik. Berikut ini beberapa fungsi dari adanya sistem pengendalian manajemen di dalam suatu perusahaan ataupun organisasi.

  • Melaksanakan perencanaan yang tepat untuk suatu perusahaan
  • Melaksanakan koordinasi yang tepat antar bagian
  • Melaksanakan proses komunikasi data yang baik
  • Mengambil suatu keputusan akan suatu hal
  • Memotivasi pekerja ataupun sumber daya manusia yang bekerja di suatu perusahaan supaya mempunyai sikap ataupun nilai dan norma yang sesuai terhadap tujuan perusahaan.
  • Melaksanakan kendali akan semua hal yang terjadi di suatu perusahaan
  • Memperhitungkan kinerja sumber daya yang ada di dalam perusahaan
  • Tingkatkan sistem akuntabilitas suatu perusahaan
  • Memicu dan membangkitkan rasa patuh terhadap ketentuan operasional yang berlaku
  • Melaksanakan proteksi terhadap seluruh peninggalan yang terdapat di suatu perusahaan
  • Mengelola seluruh aktivitas yang terjadi pada suatu perusahaan sehingga penerapannya efektif serta efektif

Manfaat dari Sistem Pengendalian Manajemen

Sistem pengendalian juga mempunyai bermacam manfaat untuk suatu perusahaan, sebagai berikut.

  1. Sistem pengendalian manajemen yaitu bisa mengenali telah sepanjang mana program yang lagi dilakukan oleh perusahaan. Sistem pengendalian manajemen juga bisa melihat apakah telah cocok dengan standar dan rencana kerja yang sudah diresmikan.
  2. Sistem pengendalian manajemen yaitu bisa mengenali bila ada bermacam penyimpangan yang terjadi dalam proses pengerjaan suatu kegiatan.
  3. Manfaat ketiga dari sistem pengendalian manajemen yaitu bisa mengenali bagaimana waktu dan sumber daya yang disediakan bisa tercukupi dan dimanfaatkan oleh perusahaan dengan baik.
  4. Manfaat keempat dari sistem pengendalian manajemen yaitu bisa mengenali bermacam aspek yang jadi pemicu terbentuknya penyimpangan suatu kegiatan.
  5. Sistem pengendalian manajemen bisa memberikan ruang untuk supervisi industri untuk melihat dan merenungkan pekerjaan yang mereka miliki.

Faktor dari Sistem Pengendalian Manajemen

Dalam sistem pengendalian manajemen ada sebagian faktor yang saling tersambung antara satu sama lain sehingga membentuk suatu proses kerja.

  1. Detektor

Faktor dari sistem pengendalian manajemen yang pertama yaitu detektor, merupakan perlengkapan suatu perusahaan dalam mengenali apa yang sesungguhnya terjadi dalam suatu proses pengendalian manajemen yang terdapat di suatu perusahaan ataupun organisasi.

  1. Selektor

Faktor dari sistem pengendalian manajemen yang kedua yaitu selektor yang merupakan perlengkapan yang digunakan suatu perusahaan untuk memperhitungkan signifikansi tentang apa yang terjadi ataupun kejadian yang lagi terjadi di dalam proses pengendalian manajemen.

  1. Efektor

Faktor dari sistem pengendalian manajemen yang ketiga yaitu efektor yang merupakan perlengkapan yang digunakan suatu perusahaan untuk mendesak sikap ataupun tindakan tertentu ketika kegiatan yang dilakukan tidak cocok dengan pedoman ataupun patokan yang ada.

  1. Komunikator

Faktor dari sistem pengendalian manajemen yang keempat yaitu komunikator yang merupakan perlengkapan yang digunakan buat melaksanakan transmisi data antara bagian detector mengarah assessor maupun kebalikannya.Ada 4 faktor dari sistem pengendalian manajemen ialah, detektor, selektor, efektor, dan komunikator yang mempunyai ikatan antara satu sama lain. Proses sistem pengendalian manajemen suatu perusahaan pada umumnya diawali dari faktor detektor yang berperan untuk mencari informasi suatu kegiatan.Seperti yang telah Anda pahami, kalau tiap perusahaan mempunyai sistem pengendalian manajemen yang berbeda- beda karena bermacam aspek yang mempengaruhinya baik dari visi dan misi yang dimiliki perusahaan tersebut, sampai seberapa besar perusahaan yang dimaksudkan tersebut.


You Might Also Like