Strategi Pemasaran 4P untuk Mengembangkan Bisnis Anda

strategi_pemasaran_4p_untuk_mengembangkan_bisnis_anda.png

Sekali Anda terjun ke dunia bisnis, strategi 4P wajib jadi senjata utama untuk ‘bertempur’. Multi strategi dalam pemasaran ini meliputi Product, Price, Place, dan Promotion. Setiap elemen saling memperkuat elemen lainnya dalam mengembangkan bisnis Anda.Biasanya, konsep strategi pemasaran 4P termasuk dalam materi yang dipelajari pertama kali di setiap pelajaran tentang marketing atau pemasaran. Bahkan sejak dulu, strategi pemasaran ini tetap relevan. Tapi tentu saja, di era digital yang membuat bisnis tak mengenal batas ini, strategi harus lebih jitu dan tepat sasaran.Jangan sampai metode penerapan strategi 4P yang konvensional masih saja diterapkan tanpa penyesuaian sedikitpun. Justru yang diperlukan adalah ide-ide kreatif sehingga setiap elemen dari keempat strategi itu bisa membuat produk atau jasa Anda dicari banyak orang.

Bisa Lebih dari Sekadar 4p

Selama ini, konsep 4P (product, price, place, promotion) diyakini sebagai strategi pemasaran yang efektif. Sejak tahun 2010 saja, strategi 4P ini digunakan perusahaan untuk merangsang respon yang diharapkan dari target pembeli.Sebagai contoh, seorang pebisnis yang memiliki kamar kost 50 pintu. Pertama, product yang dimilikinya adalah kamar kost lengkap dengan fasilitasnya. Untuk strategi price, pemiliknya sengaja memberi dua pilihan harga yang murah dan eksklusif untuk menjangkau lebih banyak penyewa potensial.Kemudian, strategi place diimplementasikan dengan membangun gedung kost dekat dengan kampus atau perkantoran. Terakhir, strategi promotion dilakukan dengan mengunggah video di Instagram yang menarik dengan animasi mudah dipahami.Lewat keempat cara di atas, pemilik bisnis kost dapat menjangkau lebih banyak penyewa potensial karena usaha yang diberikan dalam memastikan strategi 4P terimplementasikan dengan baik.Dibandingkan dengan penerapan 4P di masa lalu, mungkin cara promotion dengan media video diunggah di Instagram menjadi pembedanya. Dulu, bisa jadi cara promosi hanya berupa selebaran atau menempel tulisan di bagian depan rumah. Tapi kini, penerapannya bisa berbeda.Bahkan lebih jauh lagi, strategi 4P bisa berkembang menjadi 7P dengan melibatkan People, Physical Evidence, dan Process. Ketika strategi pemasaran 4P menjadi 7P, artinya keputusan pemasaran sangat bergantung pada kebutuhan dan keinginan konsumen.

Strategi Pemasaran 4p: Belajar Dari Apple Inc.

Untuk mengetahui lebih lanjut penerapan strategi pemasaran 4P, ada baiknya kita mengulik lebih jauh apa yang dilakukan Apple Inc dalam bisnis mereka. Terbukti, sejak beberapa dekade silam Apple menjadi perusahaan teknologi yang selalu berhasil menjawab kebutuhan pelanggannya.Ciri khas yang digunakan Apple Inc. dalam memasarkan produknya adalah branding yang sangat premium. Detailnya bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Product

Apple Inc tahu betul bahwa kebutuhan teknologi pasar tak hanya seputar telepon genggam saja. Itulah mengapa mereka merilis banyak produk lain seperti komputer (Mac), alat pemutar musik (iPod), jam serba bisa (Apple Watch), televisi (Apple TV), dan masih banyak lagi.Setiap produk yang dikeluarkannya pun memiliki tipe yang berbeda-beda mulai dari ukuran, fitur, hingga memori. Cara ini membuat produk Apple bisa menyasar segmen pembeli yang lebih luas lagi.

  1. Place

Lihat bagaimana pelanggan setia produk Apple rela antre berjam-jam bahkan menginap di depan Apple Store sejak sehari sebelum peluncuran produk ponsel terbarunya? Itulah yang dilakukan Apple yang mendirikan banyak cabang Apple Store dan juga melayani penjualan lewat online.Belum lagi perusahaan telekomunikasi dan penjual authorized yang bekerja sama dengan Apple. Baik online maupun offline, Apple Inc. memasarkan produk mereka lewat cara yang strategis.

  1. Promotion

Tak kalah menarik mengulik strategi promotion yang digunakan Apple untuk menjangkau target konsumennya. Satu benang merah yang terus digarisbawahi Apple adalah branding sebagai produk yang premium.Metode promotion yang digunakan diantaranya berupa iklan dengan berbagai kemasan kreatif. Channel yang digunakan pun juga beragam dan diakses orang-orang sesuai dengan target Apple Inc.

  1. Price

Mengingat Apple Inc. berada di posisi premium, maka harga yang dirilis pun tak bisa sembarangan. Apple tak ragu memasang harga ponsel setara dengan satu unit sepeda motor karena itulah identitas mereka.Apple Inc. punya kualitas pembeda yang membuat mereka berani memasang harga tinggi dan sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Melihat harga yang cukup tinggi, pembeli bukannya batal membeli. Justru sebaliknya, mereka tertantang untuk memiliki produk Apple Inc. lengkap dengan segala branding yang melekat padanya.

Strategi Pemasaran 4p untuk Bisnis Anda

Tak harus memiliki bisnis sebesar Apple Inc. untuk mengimplementasikan strategi pemasaran 4P. Apapun bisnis Anda, adalah hal yang krusial untuk menerapkan strategi ini dengan maksimal. Tapi ingat, tidak ada strategi yang sama satu dan lainnya.Sesuaikan kondisi lokasi, target promosi, daya beli konsumen, hingga produk Anda dengan situasi sekitar. Jangan memaksakan untuk menurunkan atau menaikkan standar hanya demi mengikuti bisnis lain yang sudah lebih dulu hype.Tentu saja riset ini tak akan berlangsung dengan mudah. Ada proses trial and error yang perlu dilakukan sebelum benar-benar menemukan pola penerapan strategi pemasaran 4P yang tepat. Analogikan strategi pemasaran 4P ini seperti membuat kue: ada banyak bahan-bahan yang diperlukan seperti telur, tepung, susu, gula, dan lainnya. Jika terlewat satu saja bahannya, tentu tak akan sempurna hasilnya. Itulah mengapa semua elemen dalam strategi pemasaran 4P perlu saling melengkapi.Jika ditanya apa yang paling utama dan paling awal dipertimbangkan dalam menerapkan strategi marketing 4P, jawabannya adalah produk. Ketahui dulu apa produk atau jasa yang akan Anda jual. Kenali betul kelebihan dan kekurangan produk serta apa yang membedakannya dibandingkan dengan produk lain di pasaran.Setelah benar-benar tahu keunikan dan kelebihannya, saatnya mempertimbangkan ketiga aspek P lainnya. Mulai dari place, promotion, hingga price. Jangan ragu untuk mencoba berbagai strategi sehingga produk Anda bisa menjangkau segmen pasar yang lebih luas. Jika semua sudah terlaksana, mengembangkan bisnis pun jadi lebih mudah. Ketika ada salah satu strategi dari 4P yang tidak efektif, cari alternatif lain yang memungkinkan. Jangan kehabisan ide dan terus riset apa yang dibutuhkan – sekaligus diinginkan – oleh pasar agar produk atau jasa menjadi yang terlaris.


You Might Also Like