banner iklan

Strategi Promosi yang Cocok untuk Berbagai Bisnis

strategi_promosi_yang_cocok_untuk_berbagai_bisnis

Sekarang sudah banyak kita temukan beragam usaha yang dijalankan. Ada juga makanan ringan, pakaian, sampai juga jasa antar penumpang. Untuk membuat usaha tersebut tetap bertahan dan bahkan semakin maju maka kamu memerlukan sebuah strategi promosi. Ketika kamu berhasil menerapkan strategi yang benar maka usahamu akan semakin ramai dan akan semakin terkenal. Maka dari itu, kami sudah memiliki beberapa strategi promosi yang dapat kamu terapkan untuk membuat bisnismu semakin jaya. 

Strategi Promosi untuk Berbagai Bisnis

  1. Pemasaran Melalui Media Sosial

Perkembangan internet sudah semakin banyak. Setiap hari ada ratusan juta orang yang mengakses internet untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satunya adalah untuk membuka media sosial. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produkmu. Kita tahu bahwa sekarang media sosial bukan hanya sebagai aplikasi untuk mengupload foto atau video.Fungsi media sosial juga dijadikan sebagai tempat untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk atau jasa tertentu. Ditambah lagi media sosial juga memiliki beragam fitur yang memang pas untuk keperluan bisnis. Salah satu media sosial yang kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis adalah Instagram.Kamu harus mengunggah sebuah konten yang menarik. Selain itu, kamu juga perlu memanfaatkan tagar karena bisa menjaring pelanggan baru. Melalui media sosial inilah membuatmu bisa memasarkan produk lebih mudah, cepat, efektif, serta yang tidak kalah penting adalah hemat biaya.

  1. Membuat Website

Membuat website juga bisa menjadi sebuah strategi promosi yang bisa kamu pilih selain juga memasarkan melalui media sosial. Adanya sebuah website membuat bisnismu lebih layak serta menunjukkan kesan lebih profesional. Kita ambil contoh bisnis tentang dekorasi pernikahan.Untuk membuatnya lebih profesional, usahamu bukan hanya memanfaatkan media sosial melainkan juga website. Tujuannya adalah untuk membuat usahamu tersebut lebih banyak dikenal orang. Mereka juga lebih mudah mencari usahamu tersebut melalui Google. 

  1. Menjual Melalui Marketplace

Berkembangnya internet juga berdampak pada semakin banyaknya orang yang menggunakan marketplace. Di Indonesia, ada banyak sekali marketplace di mana setiap marketplace tersebut menawarkan fitur yang berbeda-beda. Kamu juga bisa menggunakan marketplace untuk memperkenalkan produkmu.Ini merupakan salah satu strategi yang juga ampuh untuk membuat nama produk atau bisnismu semakin banyak dikenal. Misalnya kamu memiliki usaha jual beli motor. Kamu bisa memasarkan motormu melalui marketplace khusus untuk kategori motor. Ketika kamu memasarkan produkmu sesuai kategori, maka orang-orang akan lebih mudah menemukan produkmu.

  1. Membuat Konten Melalui YouTube

Selain media sosial, saat ini juga sudah banyak orang yang mengakses YouTube. Kamu mungkin juga sering menonton YouTube untuk melihat apa saja konten yang dibuat oleh YouTuber favoritmu. Kamu juga bisa menjadikan YouTube sebagai media untuk mempromosikan produkmu. Lalu apa yang harus kamu lakukan?Kamu harus membuat sebuah konten yang menarik tentang promosi. Kamu bisa promosi dengan menghadirkan video animasi, video promosi dengan durasi yang agak lama, dan lain sebagainya. Namun perlu kamu ingat bahwa usahakan videomu tersebut durasinya jangan terlalu lama. Hal ini dikhawatirkan malah membuat penonton bosan dan berpindah ke channel lain. Padahal mereka belum mengetahui apa yang sedang kamu promosikan.

  1. Memasarkan Produk Menggunakan Meme

Pernah berpikir untuk menerapkan strategi promosi berupa meme? Jika targetmu lebih kepada para generasi muda maka meme bisa menjadi salah satu strategi yang jitu. Strategi semacam ini juga termasuk sebuah strategi yang cocok untuk masa sekarang dan akan banyak orang yang menyukainya. Selain itu, memasarkan melalui meme juga membuat produkmu lebih mudah untuk disebarkan. Hal ini karena biasanya orang-orang akan menyebarkan meme melalui media sosial. Tidak menutup kemungkinan bahwa promosi yang kamu lakukan dengan memanfaatkan meme membuat bisnismu semakin berkembang dan semakin banyak orang yang mengenal usahamu.

  1. Endorsement

Instagram memang menjadi aplikasi media sosial yang sangat banyak digunakan untuk kebutuhan bisnis. Untuk memasarkan produkmu, kamu juga bisa menyewa seseorang untuk mengendorse produkmu. Biasanya orang yang dipilih untuk memasarkan sebuah produk adalah seseorang yang memiliki jumlah followers yang banyak.Mereka yang mengendorse tersebut biasanya disebut selebriti Instagram atau yang lebih kita kenal dengan sebutan selebgram. Kamu bisa menghubungi para selebgram tersebut melalui DM atau nomor yang biasanya sudah tercantum di bio-nya. Tentu saja untuk tips yang keenam ini membutuhkan biaya.Semakin terkenal selebgram tersebut atau semakin banyak jumlah followernya, maka akan semakin mahal biaya untuk mengendorse selebgram tersebut. Meskipun begitu, bisnismu akan semakin terkenal dan akan semakin banyak orang yang ingin tahu lebih dalam tentang produk yang kamu pasarkan.

  1. Membuat Brosur atau Spanduk

Untuk strategi promosi yang satu ini sudah dulu dilakukan dan tetap bertahan hingga sekarang. Kamu pasti sering menemukan brosur atau spanduk di pinggir jalan. Beberapa spanduk tersebut bahkan membuat orang takjub dan tertarik untuk membacanya. Ada juga spanduk yang dibentangkan di sepanjang jalan raya dengan jumlah yang sangat banyak untuk setiap meternya.Cara promosi seperti ini juga bisa kamu terapkan. Akan tetapi, cara ini bisa menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi akan menguntungkan namun di sisi yang lain berpotensi membuatmu mengalami kerugian.

  1. Paham Terhadap Target Pasar

Sebelum mulai memasarkan produk, kamu harus paham siapa yang akan menjadi target pasar. Kamu harus tahu kira-kira produkmu tersebut akan menyasar siapa atau dari kalangan mana. Dari sini kamu akan menemukan sebuah strategi yang tepat.

  1. Join Komunitas Sesama Pelaku Bisnis

Di dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu tidak bsia melakukannya sendirian. Kamu pasti memerlukan orang lain, termasuk para pebisnis lain untuk memberikan masukan dan belajar dari mereka. Maka dari itu penting untuk bergabung di grup atau komunitas yang isinya sesama pelaku bisnis. Kamu bisa saling berbagi informasi dan pengalaman mengenai bisnis yang kamu jalankan sehingga kamu akan mendapatkan banyak masukan dan inspirasi untuk membuat bisnismu semakin baik.

  1. Memperluas Relasi Pada Media

Bukan hanya memperluas hubungan dengan sesama pebisnis, kamu juga perlu memperluas relasimu dengan media. Pemasaran melalui media juga bisa menjadi sebuah strategi promosi yang tepat untuk menarik banyak pelanggan. Dengan menerapkan strategi tersebut, bisnis yang kamu jalankan bisa semakin berkembang dan otomatis kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.


You Might Also Like