Strategi serta Kelebihan dan Kekurangan Penentuan Harga dengan Metode Price Skimming

strategi_serta_kelebihan_dan_kekurangan_penentuan_harga_dengan_metode_price_skimming

Strategi penentuan harga produk akan menentukan apakah usaha yang Anda jalani akan mendatangkan keuntungan atau kerugian. Bagaimanapun juga, penetapan harga produk turut mencerminkan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan sekaligus mempengaruhi cara pandang dalam berbisnis. Salah satu strategi penetapan harga yang banyak digunakan dalam berbisnis adalah metode price skimming. Metode ini dinilai cukup penting dan mampu melengkapi strategi penetapan harga lainnya.

Lalu Apa Itu Metode Price Skimming?

Metode price skimming atau harga skim adalah metode penetapan harga yang dilakukan dengan penjualan awal produk yang tinggi lalu berkurang dari secara perlahan dari waktu ke waktu. Banyak pebisnis menerapkan metode ini agar mendapatkan keuntungan besar dengan cepat sebelum ada kompetitor memasuki pasar sekaligus menguji respon konsumen. Ketika mendapatkan respon positif, permintaan pasar secara otomatis akan meningkat dan persaingan semakin ketat.Agar menjangkau lebih banyak pembeli dan mampu bersaing, produsen mulai menurunkan harga. Penetapan metode harga ini cocok untuk industri tertentu seperti perusahaan teknologi karena saat diluncurkan  mereknya telah memiliki basis pengguna yang mapan sehingga pembeli potensial terjamin jumlahnya.

Cara Kerja Metode Price Skimming

Metode ini cocok untuk konsumen yang tidak terlalu memperdulikan harga dan merasa perlu memiliki produk tersebut. Metode ini bekerja dengan menetapkan harga tertinggi saat peluncuran produk lalu harga mulai diturunkan perlahan saat permintaan menurun atau ada kompetitor memasuki pasar.Sederhananya, produk dijual dengan harga tertinggi saat baru diluncurkan di pasar dan lambat laun harga diturunkan.Metode ini seringkali digunakan oleh perusahaan elektronik atau gadget. Misalnya, suatu perusahaan meluncurkan gadget dengan fitur baru dan canggih yang dibandrol dengan harga tinggi. Harga saat awal peluncuran bisa saja tidak terjangkau oleh semua orang. Setelah penjualan pertama dan mendapatkan respon positif, perusahaan mulai menurunkan harga agar menjangkau lebih banyak pembeli. Penurunan harga juga dilakukan agar bisa bersaing dengan kompetitor yang mulai memasuki pasar. Sebab, kompetitor yang muncul biasanya menjual produk dengan spesifikasi yang sama namun harga lebih murah.  Jadi, mau tidak mau perusahaan yang pertama kali meluncurkan produk tersebut  harus menurunkan harga agar bisa bersaing.

Strategi Penetapan Harga Dengan Metode Price Skimming

Agar metode price skimming memberi keuntungan optimal, Anda harus menentukan target atau segmen pasar yang tepat. Penetapan metode harga ini cocok untuk industri tertentu seperti perusahaan teknologi karena saat diluncurkan  mereknya telah memiliki basis pengguna yang mapan sehingga pembeli potensial terjamin jumlahnya.Selain itu, tidak semua jenis bisnis atau usaha cocok dengan metode penetapan harga ini. Berikut kondisi bisnis yang cocok dengan metode price skimming :

  • Bisnis memiliki merek dan basis pengguna yang mapan
  • Produk atau layanan merupakan hal yang baru atau revolusioner di pasar
  • Tidak memiliki pesaing
  • Memiliki jumlah calon konsumen yang tinggi.

 Harga produk yang baru diluncurkan akan mempengaruhi persepsi pembeli. Biasanya, orang akan beranggapan harga produk yang mahal sebanding dengan kualitas dan eksklusivitas. Dengan begitu, orang awam pun bersedia untuk membeli produk tersebut. 

Kelebihan Metode Price Skimming

Penerapan metode price skimming ini ternyata memiliki berbagai manfaat seperti berikut :

  1. Margin keuntungan lebih tinggi

Produk dengan harga tinggi bisa menghasilkan keuntungan lebih tinggi bagi produsen atau perusahaan.Hal ini juga membantu perusahaan menetapkan segmen pasar tertentu dan memperluas segmentasi dengan mengurangi harga secara perlahan.

  1. Penetapan harga lebih dinamis

Metode price skimming membantu mengubah harga produk sesuai dengan kondisi pasar, persepsi merek, respon pelanggan, dan persaingan. Dengan begitu, kontrol bisnis ataa harga produk menjadi lebih baik.

  1. Mampu menciptakan hype

Harga yang tinggi biasanya akan menarik pemberitaan media massa sehingga eksposur yang didapatkan lebih tinggi. Harga yang tinggi juga bisa membangun citra yang bagus pada brand jika kualitas produk yang dijual memang sesuai dengan harga yang ditetapkan.

  1. BEP didapatkan lebih cepat

Penetapan harga awal yang tinggi membantu mengembalikan modal yang diinvestasikan untuk pengembangan produk dengan cepat. Hal ini juga turut memulihkan biaya break even point (BEP) atau modal yang dikeluarkan untuk menghasilkan laba yang sama dengan biaya produksi.

Kekurangan Metode Price Skimming

Meski memiliki banyak keuntungan, metode price skimming juga tak luput dari kekurangan. Berikut kekurangan dari metode price skimming :

  1. Hanya memberi manfaat jangka pendek

Meski dapat meningkatkan margin keuntungan perusahan dengan cepat, manfaat tersebut hanya berlaku sementara waktu saja. Setelah pesaing masuk, produsen akan sulit mempertahankan peningkatan nilai atau harga yang tinggi pada produk. Metode ini juga bisa menyebabkan basis pengguna hilang jika bisnis tidak bisa menyesuaikan harga untuk jangka panjang. 

  1. Kesetiaan konsumen cenderung rendah

Metode ini bisa menciptakan celah yang dimanfaatkan konsumen. Misalnya, saat perusahaan menerapkan penentuan harga yang sama untuk setiap produk baru yang diluncurkan, konsumen cenderung memilih untuk menunggu beberapa waktu sampai harga turun. 

  1. Kurva produk inelastis

Penetapan harga ini cocok untuk produk yang tidak banyak dipengaruhi oleh harga atau memiliki kurva produk inelastis. Jika tidak mengikuti kurva permintaan inelastis, kemungkinan besar akan terjadi fluktuasi penjualan yang memicu peningkatan permintaan saat harga turun. Akibatnya, produksi dan inventaris dalam bisnis akan sulit dipertahankan. 

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menerapkan Price Skimming

Sebelum menetapkan metode ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Jika diterapkan dengan cara yang salah, metode ini justru bisa memicu masalah dalam bisnis.Berikut berbagai hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin menerapkan metode price skimming :

  • Hukum

Anda perlu berhati-hati dengan hukum jika ingin menerapkan metode ini. Jika karakter produk tidak sesuai, maka bisa dikategorikan sebagai diskriminasi harga. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kualitas dan spesifikasi barang jika ingin menetapkan harga tinggi.

  • Pesaing yang akan muncul

Keuntungan yang tinggi saat menerapkan metode ini tentu akan memancing banyak pesaing atau kompetitor masuk.

  • Perspektif negatif dari publik

Jika Anda menurunkan harga produk dengan cepat, publik bisa saja berpikir negatif tentang produk tersebut. Konsumen juga bisa merasa ditipu jika harga produk diturunkan dengan cepat tanpa alasan yang jelas. Bahkan, konsumen bisa menunda pembelian sata peluncuran produk hingga  tiba waktunya harga produk tersebut diturunkan.Seperti itulah strategi price skimming yang bisa Anda gunakan untuk menentukan harga produk. Meski memiliki banyak kelebihan, Anda juga perlu mempertimbangkan hal negatif yang mungkin saja terjadi akibat penerapan metode price skimming yang keliru. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan matang-matang ketika ingin menggunakan metode ini.


You Might Also Like