Studi Kelayakan Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

Studi_Kelayakan_Bisnis

Studi kelayakan bisnis merupakan sebuah riset yang dilaksanakan sebelum seseorang memulai bisnis. Melalui studi ini perlu dipertimbangkan kira-kira usaha yang akan dijalankan tersebut mampu menghasilkan keuntungan atau malah sebaliknya. Selain itu, calon pebisnis juga harus mempertimbangkan mulai dari mana bisnis yang akan dia jalankan tersebut. Berikut ini pembahasan selengkapnya terkait studi kelayakan bisnis.Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?Studi kelayakan bisnis merupakan sebuah proses terkontrol dan bertujuan untuk melakukan identifikasi masalah, peluang usaha, serta menentukan tujuan. Melalui studi ini, Anda juga bisa menggambarkan seperti apa situasi yang ada kemudian menentukan hasil serta berbagai pembiayaan maupun manfaat terkait.Tentunya dalam melakukan studi tersebut Anda perlu mempertimbangkan beberapa alternatif sehingga mampu memecahkan masalah. Biasanya sebuah perusahaan atau pebisnis yang melakukan studi kelayakan bertujuan agar proses pengambilan keputusan sesuai dengan proyek atau kelangsungan usaha yang sebenarnya.Pada studi ini setidaknya ada enam bidang yang saling berkaitan. Misalnya deskripsi bisnis, teknologi yang dibutuhkan, pasar, detail seputar finansial, struktur organisasi bisnis, serta kesimpulan berkenaan dengan bagaimana bisnis yang Anda jalankan akan maju.Pentingnya Studi Kelayakan BisnisDiperkirakan bahwa setidaknya 1 dari total 50 ide bisnis yang layak dari segi komersial. Maka dari itu, penting untuk  melakukan studi kelayakan bisnis. Ini akan menjadi sebuah cara yang efektif agar bisa terhindar dari kerugian besar serta harus menggunakan sumber daya yang lebih besar.Manfaat Studi Kelayakan BisnisManfaat yang Anda peroleh ketika melakukan studi kelayakan bisnis adalah Anda dapat lebih memahami seperti apa peluang, bagaimana menguji konsep bisnis, meningkatkan kepercayaan diri ketika menjalankan bisnis, serta bagaimana memantapkan dari segi aspek keuangan.

  1. Mengurangi Risiko Kerugian

Adanya studi memungkinkan Anda untuk mengurangi risiko yang berkaitan dengan bisnis Anda. Risiko tersebut baik yang bisa Anda kendalikan atau tidak. Ini karena pada dasarnya banyak hal yang datang dan sebelumnya tidak dapat Anda prediksi. Maka dari itu perlu adanya analisis yang harus Anda lakukan. Analisis ini bisa terwujud salah satunya melalui studi kelayakan. Dengan begitu, risiko yang terjadi bisa Anda minimalisir.

  1. Memudahkan dalam Perencanaan Bisnis

Melalui studi kelayakan bisnis, ke depannya pun perencanaan bisnis bisa terlaksana dengan lebih mudah. Adapun perencanaan di sini bisa dalam bentuk waktu pelaksanaan, jumlah modal, lokasi, bagaimana cara pelaksanaannya, serta seperti apa keuntungan yang berpotensi Anda peroleh nanti.Tidak kalah penting, melalui studi kelayakan bisnis memungkinkan Anda melakukan pengawasan. Anda bisa mengetahui ketika terjadi sesuatu yang tidak sesuai ekspektasi.

  1. Memudahkan Pekerjaan

Perencanaan yang telah Anda susun sebelumnya akan memudahkan ketika proses penerapan. Untuk proses bisnis ini harus Anda lakukan secara tersusun sehingga setiap orang yang terlibat dalam bisnis tersebut memiliki pedoman sehingga tetap fokus terhadap tujuan. Kemudian rencana bisnis juga bisa Anda capai sesuai apa yang sebelumnya Anda rencanakan.

  1. Mempermudah Pengawasan

Dengan menjalankan tugas yang sesuai rencana yang Anda susun berdasarkan dengan studi kelayakan bisnis, nanti pengawasan yang berlangsung menjadi lebih mudah. Perlu adanya pengawasan sehingga nanti usaha yang Anda jalankan berada di jalur yang sesuai. Kemudian target pun bisa Anda capai sesuai yang telah diprogramkan sebelumnya.

  1. Memudahkan dalam Pengendalian

Manfaat kelima dari melakukan studi kelayakan bisnis adalah untuk memudahkan Anda dalam proses pengendalian. Ketika ada sesuatu yang tidak  diprediksi atau  tidak sesuai pada bisnis Anda, maka Anda bisa lebih mudah ketika ingin memperbaikinya. Anda juga bisa langsung mengendalikannya sehingga membuat penyimpangan tersebut tidak sampai menimbulkan dampak  yang cukup jauh.Tahapan serta Contoh Studi Kelayakan BisnisPada saat Anda melakukan studi kelayakan bisnis, penting untuk memahami beberapa tahapan berikut.

  1. Penemuan Ide

Untuk bisa menghasilkan sebuah ide bisnis yang nantinya laku di pasaran serta mendatangkan keuntungan, maka perlu adanya penelitian yang terorganisasi secara baik. Selain itu, dukungan terkait sumber daya juga harus memadai.Sama halnya dengan ide, ketika melakukan pengambilan keputusan yang Anda lakukan juga sesuai sehingga mampu menghasilkan laba. Misalnya Anda mempunyai ide untuk menjual sambal sesuai resep dari nenek moyang.

  1. Penelitian

Ketika selesai menentukan ide, Anda juga perlu mengumpulkan, mengolah, melakukan analisis, serta melakukan interpretasi hasil. Tidak kalah penting, Anda juga perlu untuk menyimpulkan maupun membuat laporan terkait hasil bisnis dari usaha sambal Anda tersebut.Ide yang Anda miliki harus dikaji dengan berdasarkan beberapa aspek seperti manajemen, keuangan, maupun aspek lainnya. Semua aspek tersebut juga perlu memperoleh masukan sebagai bahan evaluasi bisnis Anda.

  1. Evaluasi

Tahapan berikutnya, Anda perlu membandingkan ide bisnis yang Anda miliki dengan satu maupun lebih standar yang lain berdasarkan studi kelayakan bisnis. Misalnya, Anda ingin membandingkan semua ongkos yang ditimbulkan dengan berdasarkan keuntungan yang nanti Anda peroleh.

  1. Mengurutkan Usulan

Ketika nanti muncul beberapa usulan terkait bisnis Anda yang mana usulan tersebut memang dianggap layak, maka perlu adanya pemilihan. Pemilihan usulan yang Anda lakukan harus berdasarkan pada skor atau peluang tertinggi dibandingkan dengan usulan yang lain dengan berdasarkan kriteria penentuan yang sudah ditentukan.

  1. Rencana Pelaksanaan

Ketika sudah menentukan rencana bisnis, maka Anda perlu membaut rencana kerja pelaksanaan terkait pembangunan proyek. Hal ini bisa Anda mulai dari menentukan jenis pekerjaan, berapa total serta kualifikasi karyawan, seperti apa dana yang tersedia, maupun berbagai  sumber lainnya sampai dengan kesiapan manajemen.Misalnya, ketika Anda sudah menentukan rencana bisnis berupa sambal A. sekarang Anda perlu memikirkan seperti apa pelaksanaan dalam membangun proyek bisnis tersebut. Anda juga perlu mempertimbangkan rencana operasional rutinnya.

  1. Pelaksanaan

Ketika Anda sudah menyelesaikan studi  kelayakan bisnis seusia proses di atas, kemudian Anda harus melakukan aktivitas bisnis secara rutin. Agar bisa bekerja secara efektif serta efisien yang akan mengantarkan bisnis Anda memperoleh banyak keuntungan, maka perlu adanya evaluasi bisnis baik dari sisi keuangan, produksi, pemasaran, maupun operasi.Sekian pembahasan mengenai studi kelayakan bisnis yang mencakup pengertian, manfaat, dan tahapan ketika ingin melakukannya. Pastikan Anda studi tersebut sebelum memulai bisnis karena melalui studi inilah akan lahir persiapan yang matang. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like