banner iklan

Teamwork: Pengertian, Manfaat, serta Cara Membangun Teamwork di Perusahaan

teamwork_pengertian_manfaat_serta_cara_membangun_teamwork_di_perusahaan

Kita pasti pernah mendengar istilah kerja sama tim atau teamwork. Sebenarnya, kerja sama tim merupakan sebuah kemampuan yang sangat penting di dalam sebuah manajemen perusahaan. Teamwork bisa berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dalam mencapai cita atau targetnya.

Pengertian Teamwork

Keterampilan untuk saling bekerja sama dalam sebuah tim merupakan soft skill yang wajib dimiliki setiap karyawan di perusahaan. Kemampuan ini sangat penting agar bisa mencapai apa yang menjadi tujuan utama perusahaan. Dalam mencapai tujuan tersebut perlu adanya kerja sama antar individu.Jadi, hard skill setiap karyawan masih belum cukup untuk mengantarkan perusahaan tersebut mencapai tujuannya. Teamwork merupakan kemampuan setiap individu dalam mendengarkan, berkomunikasi, serta menjalankan pekerjaan secara lebih terkoordinasi dan teratur.

Pentingnya Sebuah Teamwork

Teamwork harus dilakukan secara baik oleh tiap individu yang saling bekerja sama. Ketika setiap individu mampu menjalankan perannya dengan baik, maka perusahaan akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut.

  1. Bekerja menjadi Lebih Efektif

Ketika berhasil menerapkan teamwork secara baik, setiap karyawan bisa bekerja secara lebih harmonis. Suasana kerja pun menjadi lebih kondusif dan semua orang mampu menjalankan setiap tugasnya dengan nyaman.Ketika setiap karyawan memiliki hubungan kerja yang baik, ketika ada masalah maka pendapat serta hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan dapat dikomunikasikan secara baik tanpa kesulitan. Dengan begitu, akan memudahkan setiap pegawai dalam perusahaan tersebut dalam menyelesaikan masalah secara lebih cepat dan efisien dibandingkan harus menyelesaikannya sendiri.

  1. Lebih Mudah Mendapatkan Ide

Penguasaan pekerjaan secara baik dari setiap individu masih belum cukup. Memang beberapa karyawan ada yang merasa jika mereka lebih nyaman ketika harus bekerja sendiri, namun nanti akan ada masa dimana muncul kesulitan yang tidak bisa diselesaikan secara individu. Untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut perlu adanya kerja sama yang baik.Setiap karyawan akan memperoleh ide dan nanti akan lebih banyak ide serta alternatif yang muncul. Proses diskusi tersebut dapat menyelesaikan sebuah permasalahan di dalam pekerjaan. Hal ini juga berperan dalam merangsang sebuah kreativitas di dalam diri karyawan.

  1. Saling Bisa Mengandalkan

Tidak selamanya sebuah pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan secara mudah. Akan ada momen di mana seorang karyawan mengalami kesulitan. Di momen tersebut, strategi kerja sama tim perlu dilakukan. Setidaknya teamwork akan mampu mengurangi beban dan bahkan bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

  1. Mendorong Adanya Rasa Kepemilikan Secara Lebih Luas

Sebuah proyek hasil kerja sama tim membuat para karyawan bangsa. Mereka bangga atas kontribusi yang sudah mereka berikan. Setiap anggota dari tim tersebut juga akan sangat puas karena berhasil mengatasi apa hambatan serta berhasil menciptakan sebuah kerja sama tim yang baik.Koneksi antar karyawan juga akan semakin lebih kuat sehingga mampu mencapai apa  yang menjadi tujuan perusahaan. Kondisi ini juga dapat meningkatkan loyalitas serta mengarahkan pada kepuasan kerja. Teamwork yang berhasil akan memberikan keuntungan bagi perusahaan di masa yang akan datang. Mengapa? Alasannya karena karyawan bisa terhubung secara langsung ke perusahaan. Mereka akan semakin betah mengabdi di perusahaan tersebut.

  1. Meningkatkan Kemampuan dalam Menyelesaikan Masalah

Manfaat teamwork berikutnya adalah mampu meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Tentu saja setiap karyawan atau perusahaan akan menghadapi masalah. Setiap karyawan juga mempunyai gaya, latar belakang, serta kebiasaan kerja yang berbeda. Melalui perbedaan ini tentu berpotensi akan menghadirkan sebuah konflik. Ketika hal in terjadi, perlu adanya teamwork untuk bisa mengurangi atau bahkan menyelesaikan masalah yang ada. Pihak manajemen perusahaan juga akan mempelajari serta mencarikan solusi terbaik untuk bisa mengatasi permasalahan yang terjadi.

Cara Membangun Teamwork dalam Perusahaan

  1. Komunikasi

Komunikasi yang baik dapat meningkatkan efisiensi di dalam teamwork serta dapat meningkatkan kualitas kerja. Berkaitan dengan hal ini, setiap individu yang ada dalam tim harus mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi secara baik melalui lisan dan tulisan.

  1. Tanggung Jawab

Mendistribusikan tanggung jawab ke setiap anggota dapat secara efektif meningkatkan kerja sama tim. Melalui hal ini juga akan timbul sebuah rasa agar bisa membuktikan kemampuan terbaiknya dari masing-masing individu. Pada akhirnya perusahaan dapat mencapai apa yang sudah lama menjadi cita-citanya.

  1. Kejujuran di Antara Rekan Kerja

Salah satu unsur terpenting dalam sebuah teamwork yaitu kejujuran. Setiap anggota wajib menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. ketika ada sesuatu yang berpotensi membawa ketidaknyamanan maka harus segera didiskusikan secara terbuka. Apapun masalah yang terjadi, semuanya harus dapat dibicarakan dengan baik. Ketika setiap anggota tim menerapkan hal seperti ini, teamwork akan bekerja secara baik dan efektif.

  1. Memiliki Empati

Setiap anggota dalam teamwork harus bisa saling memahami perasaan serta tindakan dari rekan kerjanya. Nanti akan timbul sebuah metode pendekatan paling baik yang akan melahirkan kekompakan dalam tim,

  1. Kolaborasi Ide

Di dalam melaksanakan pekerjaan, tidak boleh ada sifat egois yang tumbuh. Setiap individu harus mau dan mampu memahami ide, maksud, serta saran dari rekan kerja lainnya. Dengan begitu akan tercipta sebuah kolaborasi ide yang mengarahkan pada ide terbaik yang bisa diambil.

  1. Mendengarkan Secara Baik

Setiap diskusi yang berlangsung perlu dilakukan secara dua arah. Setiap anggota harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk anggota tim lainnya. Ini juga berlaku terhadap hal-hal yang ada di luar pekerjaan karena masih berkaitan dengan rasa nyaman dalam pekerjaan.

  1. Saling Menghargai

Hal yang tidak kalah penting untuk membangun kerja sama tim adalah memiliki rasa saling menghargai, terutama pada saat ada anggota tim yang mengemukakan pendapat. Ketika ada seorang karyawan yang tidak mampu menghargai pendapat rekannya, maka akan timbul rasa saling tidak percaya di antara setiap anggota. Pada akhirnya teamwork yang dibangun menjadi tidak solid.Jadi, teamwork merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Kerja sama tim memiliki banyak manfaat baik bagi setiap karyawan maupun perusahaan. Untuk bisa membangun teamwork, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Ketika teamwork baik, kinerja perusahaan baik, performa perusahaan pun juga sesuai dengan apa yang selama ini diinginkan.


You Might Also Like