Tips Agar Perusahaan Anda Mendapat Dukungan Investasi

tips_agar_perusahaan_anda_mendapat_dukungan_investasi

Bagi sebuah perusahaan, dapat berkembang menjadi lebih besar dan menjangkau pasar yang lebih luas merupakan salah satu impian utama yang sangat ingin dicapai. Tentunya hal ini tidak dapat dipungkiri menilik dari bagaimana setiap perusahaan dan bisnis akan mencari metode serta strategi yang tepat untuk diterapkan pada bisnisnya sehingga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan. Semakin meningkatnya penjualan dan pendapatan berarti keuangan perusahaan akan semakin membaik dan perusahaan tersebut mampu melakukan strategi lainnya untuk dapat mencapai target yang diinginkan.Semakin besar sebuah perusahaan dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas berarti akan butuh semakin banyak sumber daya terutama Sumber Daya Manusia (SDM). Alhasil, perusahaan akan membuka semakin banyak lowongan pekerjaan dan membantu perekonomian banyak orang. Mungkin bisa dikatakan ini merupakan salah satu faktor mengapa para pengusaha ingin memperbesar usahanya yang sangat jarang disoroti oleh kebanyakan orang.Meskipun banyak pengusaha yang sangat ingin memperbesar usahanya, namun hal lainnya yang tidak dapat dipungkiri adalah perjuangan dalam mencapai target tersebut bisa sangat menakutkan dan mengecilkan nyali. Bagaimana tidak? Sudah menjadi rahasia umum bahwa melakukan bisnis merupakan hal yang sangat tidak menentu dan sangat berisiko. Jika kita tidak kuat mental dan persiapan maka bisnis kita bisa diambang kehancuran setiap saat. Cara untuk dapat meningkatkan perkembangan perusahaan bukan hanya dari meningkatkan pendapatan perusahaan tetapi juga dengan cara mencari investasi dari para investor. Tentunya untuk bisa mendapatkan investor keuangan perusahaan serta perkembangan perusahaan dalam periode waktu tertentu harus dalam keadaan sehat dan positif sehingga investor tidak ragu untuk menyuntikkan dana miliknya ke dalam bisnis kita.

Mengapa Mendapatkan Investasi Penting?

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, investasi merupakan aktivitas menyuntikkan dana kepada suatu bisnis dalam periode waktu tertentu dengan harapan investasi tersebut dapat menghasilkan keuntungan serta peningkatan dalam nilai investasi yang telah diberikan.Tujuan dari mendapatkan investasi tidak hanya untuk memperluas bisnis yang dimiliki tetapi juga beberapa tujuan lainnya, seperti:

  1. Berkurangnya Saingan

Ketika para investor telah yakin untuk menanamkan modal ke dalam perusahaan Anda, hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi saingan perusahaan lain yang juga pemain di industri dan bisnis yang sama dengan Anda.Hal ini dikarenakan, ketika Anda memiliki lebih banyak dana maka Anda memiliki lebih banyak keleluasan dalam melakukan strategi-strategi yang dapat menarik perhatian konsumen seperti dengan melakukan promosi di berbagai macam platform sehingga konsumen akan mengenal produk Anda dengan lebih baik. Ketika konsumen mengenal produk Anda dengan lebih baik maka ketika mereka akan membeli produk tersebut konsumen akan membeli dari brand yang Anda miliki.

  1. Meningkatnya Nilai Perusahaan

Jika Anda sering membaca berita mengenai beberapa perusahaan yang mendapatkan pendanaan dari investor, biasanya di berita tersebut akan dicantumkan nilai investasinya (jika ada) dan nilai perusahaan setelah mendapatkan suntikan dana tersebut. Semakin tinggi nilai perusahaan, ketika Anda ingin menjual perusahaan tersebut atau melakukan merger dengan perusahaan lain, maka bayaran yang akan diterima juga semakin tinggi.

  1. Menjaga Arus Kas

Dalam menjalankan bisnis memiliki arus kas yang stabil merupakan hal yang wajib dimiliki agar bisnis tetap dapat berjalan. Hal ini semakin penting jika bisnis Anda belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas dan jangkauan pasarnya masih terbatas sehingga penjualan dan pendapatan yang diterima pun masih belum banyak. Sedangkan banyak biaya atau pengeluaran yang tetap harus dibayarkan, seperti sewa tempat, biaya listrik, gaji karyawan, biaya operasional dan lain sebagainya. Disinilah investasi berperan penting. Pasalnya, menjaga arus kas perusahaan Anda agar tetap stabil dan bahkan meningkat merupakan salah satu tantangan terbesar dan hal yang harus ditangani dengan serius.

  1. Menambah Inventaris Usaha

Ketika bisnis yang Anda jalankan sedang berkembang sehingga permintaan barang semakin meningkat, salah satu kendala yang Anda hadapi adalah melakukan pengelolaan ketersediaan barang dengan baik. Contohnya, jumlah permintaan produk yang masuk tidak seimbang dengan jumlah stok yang dimiliki. Untuk menangani ketidak seimbangan tersebut alhasil Anda harus meningkatkan jumlah stok yang dimiliki yang berarti akan bertambahnya biaya produksi. Apabila hal ini tidak dapat diatasi akan sangat disayangkan dan suntikan modal dari investor bisa menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan seperti ini.

  1. Menambah dan Menjaga Aset

Mungkin banyak yang menganggap enteng tentang pentingnya menambah aset serta menjaganya karena dianggap ‘tidak memiliki pengaruh kepada pendapatan tetapi hanya pada pengeluaran’. Padahal aset yang tidak dirawat dengan baik akan berimbas pada berapa banyaknya jumlah produk yang bisa dilakukan. Selain itu juga menambah aset penting untuk dilakukan jika ingin menjaga produksi tetap lancar. Suntikan modal dari investor juga bisa membantu kendala dalam hal ini.

  1. Ekspansi Bisnis

Untuk yang satu ini mungkin Anda sudah bisa menebak. Agar dapat memperluas bisnis tentunya biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Pasalnya dibutuhkan biaya untuk pemasaran, gudang atau mungkin kantor baru, perekrutan karyawan dan lain-lain. Oleh karenanya, mencari investor untuk melakukan ekspansi bisnis bisa menjadi solusi yang dipertimbangkan untuk menangani kendala-kendala yang akan dihadapi nantinya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Investor?

Untuk bisa mendapatkan suntikan modal tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk meyakinkan para investor agar bersedia menanamkan uangnya pada perusahaan Anda. Melansir dari dailysocial, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika Anda berencana untuk mencari investor bagi bisnis Anda, sebagai berikut:

  • Visi Produk yang Menarik

Para investor sangat tertarik untuk tahu visi dari produk yang Anda miliki. Produk yang Anda miliki haruslah merupakan jiwa dari perusahaan Anda. Akan tetapi “jiwa” ini juga harus memiliki dasar yang kuat serta tujuan akhir yang menjanjikan. Apapun konsep perusahaan yang sedang Anda bangun dan kembangkan, bagaimana visi ke depan perusahaan Anda dan visi produk yang dimiliki akan menjadi pembeda di mata investor antara founder pemimpi dan founder eksekusi.

  • Kompetensi Founder

Selain visi perusahaan dan visi produk, biasanya para investor sangat tertarik kepada sang founder atau tim pendiri perusahaan Anda. Bukan hal aneh jika banyak investor yang setuju untuk berinvestasi pada suatu perusahaan karena mereka percaya pada tim founder saja dan berharap bahwa tim founder yang mereka percaya dapat menghasilkan produk yang luar biasa dan tentunya menguntungkan secara bisnis.

  • Traction

Jika perusahaan Anda bergerak dibidang teknologi, poin yang satu ini akan menjadi salah satu peranan penting yang patut diperhatikan dengan saksama. Jika perusahaan Anda telah memiliki prototipe produk yang telah diluncurkan ke pasar, sudah memiliki traffic meskipun tidak dalam jumlah besar, lebih baik lagi jika sudah dapat menghasilkan uang meskipun hanya beberapa juta saja, maka hal-hal tersebut akan lebih menarik perhatian para investor karena ini berarti Anda bisa menunjukkan bahwa model bisnis yang Anda tekuni ternyata benar-benar bisa berjalan dan membutuhkan modal untuk dapat meningkatkan hasil yang saat ini sudah ada serta pertumbuhannya.

  • Bisnis Tetaplah Bisnis

Tujuan para investor menanamkan modal adalah karena tentunya mereka ingin ‘menumbuhkan’ uang mereka menjadi lebih banyak lagi. Itu sebabnya mereka memutuskan untuk berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang menjanjikan dan dianggap berpotensi untuk memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Sehingga rencana tim founder dalam menghasilkan uang serta bagaimana menggunakan modal yang nantinya akan diberikan oleh investor agar bisa menghasilkan lebih banyak uang juga sangat penting bagi para investor. 

  • Akses kepada Investor

Yang terakhir adalah untuk dapat bertemu dengan investor bisa dikatakan mudah tetapi juga sulit. Tidak jarang kasusnya jika produk Anda sudah memiliki traksi yang signifikan atau bahkan menghasilkan uang yang lumayan, para investor lah yang akan menemukan Anda untuk berdiskusi tentang kemungkinan kerjasama dalam bentuk investasi. Namun tidak sedikit juga dari para tim founder yang harus aktif untuk mencari investor yang dapat diajak berdiskusi. Bagi para tim founder yang ingin mencari investor, datang ke acara-acara konferensi atau networking yang sering diadakan di kota-kota besar akan menjadi cara yang paling efektif untuk dapat bertemu dengan investor. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki jaringan pribadi, mungkin dengan cara bertanya kepada orang-orang yang punya kenalan investor untuk dikenalkan. Pasalnya, banyak dari para investor yang lebih percaya rekomendasi orang yang mereka kenal.Apabila Anda ditolak oleh institusi swasta, Anda bisa mencoba untuk mendapatkan investasi dari institusi negeri seperti BKPM. Hal-hal di atas masih relevan untuk mendapatkan investasi dari institusi negeri, namun Anda juga perlu melakukan riset lebih lanjut mengenai persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.


You Might Also Like