banner iklan

Tips Cara Memilih Software Akuntansi Terbaik untuk Perusahaan Anda

tips_cara_memilih_software_akuntansi_terbaik_untuk_perusahaan_anda

Perkembangan teknologi informasi tak mungkin bisa dibendung. Oleh karenanya, setiap orang yang tidak bisa mengikuti perkembangan tersebut akan tertinggal. Tak terkecuali bagi bidang usaha atau perusahaan. Tanpa menggunakan teknologi, perusahaan akan sulit berkembang karena persaingan mengharuskan kerja yang cepat dan hasil yang tepat. Tidak hanya satu atau dua, hampir semua bidang di perusahaan pada akhirnya harus memanfaatkan teknologi informasi, tak terkecuali bidang akuntansi. Berkaitan dengan akuntansi, maka kecanggihan teknologi yang termanfaatkan tidak hanya berupa hardware melainkan juga software. Ragam kegiatan akuntansi akan sangat terbantu dengan penggunaan software yang tepat. Tak heran jika semakin banyak pengembang software yang menyediakan layanannya. Lantas, bagaimana caranya untuk memilih software akuntansi terbaik untuk perusahaan? Berikut adalah tips yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. Mengenal Jenis Usaha

Sebelum memilih software akuntansi, Anda tentu harus mengenal terlebih dahulu jenis usaha yang digerakkan oleh perusahaan. Hal ini penting karena setiap jenis usaha, seperti perdagangan, jasa, manufaktur, industri, dan lainnya memiliki karakter kegiatan yang berbeda. Selain itu, pertimbangkan pula bentuk bisnisnya, apakah UMKM, milik pribadi, CV, firma, atau PT. Setelah mengetahui kedua hal tersebut, Anda bisa mulai membuat list atau data kegiatan-kegiatan akuntansi yang dijalankan karena setiap jenis dan bentuk usaha memiliki kebutuhan akuntansinya sendiri.

  1. Software Online atau Offline 

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis software akuntansi yang sudah dikembangkan, yakni berbasis online dan offline. Software akuntansi berbasis online artinya pengendalian dan penggunaan software bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan memiliki kode akses dan jaringan internet (web-based). Sedangkan software akuntansi berbasis offline artinya semua data harus dimasukkan langsung dari desktop atau komputer pusat yang sudah terintegrasi dengan sistem program. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan akuntansi perusahaan.

  1. Kemudahan Akses

Jika Anda memilih software akuntansi berbasis online, maka kemudahan akses penting untuk diperhatikan. Salah satu ciri software yang memiliki akses mudah adalah yang sudah berbasis cloud. Software akuntansi berbasis cloud artinya pengguna bisa mengakses software dimanapun dan kapanpun selama memiliki koneksi internet. Dari sisi lain, kemudahan akses juga termasuk kemampuan software untuk dibuka di banyak platform dan gawai. Hal ini tentu penting karena ketika berada di luar kantor misalkan, Anda akan lebih mudah memantau atau mengelola akuntansi melalui gawai mobile.

  1. Keamanan Data

Selain kemudahan akses, faktor keamanan data juga harus diperhatikan jika Anda memilih software akuntansi berbasis online. Beberapa hal yang harus dipastikan dari keamanan data ini kepada penyedia software akuntansi ialah bagaimana penyimpanan data software tersebut, server penyimpanan data, dan bagaimana keamanan yang dilakukan untuk perlindungan data. Selain itu, Anda juga bisa mengecek URL yang digunakan apakah menggunakan koneksi HTTPS. Protokol HTTPS penting karena data yang ditransfer ke server software dienskripsi sehingga tidak bisa dilihat oleh hacker.

  1. Kemudahan Penggunaan

Akan sangat percuma jika Anda memilih software akuntansi namun Anda dan tim kesulitan dalam penggunaannya. Oleh karena itu, syarat user friendly harus menjadi pertimbangan utama. Biasanya software yang paling dianggap user friendly adalah yang tampilannya simpel sehingga bisa dipahami oleh banyak orang. Meskipun biasanya penyedia software akuntansi memberikan petunjuk atau bahkan pelatihan, tetapi pada akhirnya dengan kemudahan penggunaan akan membuat karyawan lebih cepat paham dan tidak direpotkan dikemudian hari.

  1. Layanan Bantuan 

Layanan bantuan atau customer support juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih software akuntansi. Pastikan bahwa penyedia software menyediakan layanan bantuan yang memadai dan cepat dalam menanggapi keluhan. Hal ini penting agar ketika terjadi kendala, Anda bisa segera menghubungi penyedia software dan masalah bisa teratasi dengan segera. Lantas bagaimana cara mengetahui apakah layanan bantuan yang diberikan baik? Tidak ada salahnya untuk menguji customer support tersebut dan melihat bagaimana respon yang diberikan. Keramahan dan pemberian solusi yang jelas bisa menjadi tolok ukur yang dipertimbangkan.

  1. Mempertimbangkan Skala Perusahaan

Saat ini mungkin bisnis Anda berada di skala X, tetapi bagaimana dengan 1 atau 2 tahun kedepan? Tentunya Anda atau manajemen akan melakukan prediksi tentang perkembangan skala perusahaan dimasa depan. Prediksi skala bisnis inilah yang penting untuk dipertimbangkan agar tidak salah memilih software akuntansi. Jangan sampai, software yang digunakan saat ini tidak bisa mengatasi kemajuan input data di kemudian hari. Meskipun bisa melakukan transfer data, tetapi perpindahan data seperti itu tidak semudah copy-paste biasa.

  1. Fitur

Dalam memilih software akuntansi terbaik untuk perusahaan, tentu Anda akan melihat fitur-fitur yang mereka sediakan. Pastikan bahwa kebutuhan akuntansi perusahaan bisa diatasi dengan fitur-fitur yang disediakan software. Meskipun tidak mutlak, tetapi pertimbangannya mungkin saja bisa dilihat dari banyak tidaknya fitur yang disediakan. Selain itu, perlu diingat bahwa fitur-fitur yang ada juga harus terintegrasi dengan divisi lain. Hal ini sangat penting karena setiap divisi bisa saja memakai software berbeda sehingga selayaknya bisa diintegrasikan untuk kemudahan aktivitas.

  1. Harga

Tips terakhir yang tentunya tak kalah penting adalah soal harga. Ya, tentu kesesuaian harga harus menjadi pertimbangan utama. Biasanya memang semakin banyak fitur, semakin tinggi pula harganya. Tetapi semua kembali lagi ke kebutuhan perusahaan. Jangan sampai terjadi kemubaziran karena membeli fitur yang tidak terpakai, tetapi jangan pula sampai kekurangan karena biasanya ada biaya tambahan. Terkait biaya tambahan ini, lebih baik sudah dipastikan di awal agar jangan sampai di masa penggunaan ada biaya yang tidak Anda ketahui sebelumnya.Itulah beberapa tips untuk Anda yang tengah mencari software akuntansi terbaik untuk perusahaan. Berbagai pertimbangan memang harus dilakukan agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk memilih software akuntansi yang sudah terpercaya dan dipakai oleh klien-klien besar. Salah satu penyedia software akuntansi tersebut adalah Ukirama. Ukirama sendiri selalu melakukan terobosan dengan mengikuti kebutuhan zaman. Apalagi dengan sistem berbasis cloud, maka semua aktivitas akuntansi bisa dikerjakan lebih mudah dan fleksibel. Fitur yang disediakan juga sangat lengkap dan saling terintegrasi.


You Might Also Like