banner iklan

Unsur-unsur Manajemen

unsur_unsur_manajemen

Akar kata manajemen itu sesungguhnya diambil dari bahasa Inggris yakni dari kata “manage” yang berarti mengelola, mengatur, merencanakan, memimpin dan mengusahakan.Sering kali bila mendengar kata “manajemen” pasti pikiran kita langsung mengarah ke dunia ekonomi, bisnis, maupun perkantoran, bukan? Padahal sebenarnya manajemen memiliki makna yang lebih luas daripada itu, karena sebenarnya dapat digunakan dan diaplikasikan secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, ada istilah “manajemen waktu” yang artinya bagaimana kita mengatur dan mengelola waktu yang dimiliki setiap harinya agar bisa menjadi lebih efisien, efektif, juga bermanfaat. Cara manajemen waktu dalam konteks seperti ini sangat berguna terutama bagi orang-orang yang sering kali merasa kehabisan waktu atau tidak cukup waktu untuk menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu hari. 

Pengertian Manajemen

Bila ditilik dari sisi etimologisnya, pengertian manajemen adalah seni untuk mengatur dan melaksanakan. Karena itulah, manajemen kerap disebut sebagai seni mengatur dan mengelola agar semuanya tersusun dengan rapi. Namun secara umum, manajemen adalah sebuah proses yang teratur dan sistematis dalam suatu perorganisasian sehingga bisa dilakukan langkah-langkah pengawasan dan pengendalian untuk bisa mencapai tujuan tertentu yang diharapkan. Atau bisa juga dikatakan bahwa manajemen itu sebenarnya adalah suatu bentuk ilmu pengetahuan atau seni yang tersusun sistematis dengan tujuan untuk memahami manusia yang saling bekerja sama di dalamnya agar mencapai tujuan yang diharapkan dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, kelompok atau golongan, organisasi hingga masyarakat luas. Secara khusus, para ahli juga mendefinisikan manajemen dengan lebih terperinci. Beberapa pandangan ahli mengenai hal tersebut adalah sebagai berikut. 

  • Menurut Lawrence A. Appley, manajemen merupakan suatu keahlian untuk bisa membangkitkan semangat orang lain supaya mereka mau melakukan sesuatu secara lebih teorganisir
  • Menurut George R. Terry, manajemen itu merupakan suatu proses tindakan perencanaan, pergerakan, pengorganisasian, serta pengawasan agar dapat mencapai sebuah target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki
  • Menurut Ricky W. Griffin, manajemen meruapakan suatu proses perencanaan, organisasi, kerja sama (koordinasi) juga pengontrolan terhadap segala sumber daya untuk bisa meraih satu tujuan yang dilakukan sesuai dengan rencana secara efisien, efektif, serta juga tepat waktu

Oleh karena pengertiannya yang luas itulah, maka manajemen sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi, kelompok, atau suatu golongan agar segala kerja atau usaha dan upaya yang dilakukan di dalamnya bisa berjalan dengan efisien dan efektif demi tujuan pribadi organisasi, kelompok, atau golongan yang bersangkutan. 

Unsur-unsur Manajemen

Dalam penerapannya sendiri, manajemen memiliki dua hal penting yakni subjek dan objek. Subjek disini berarti orang yang bertugas mengatur sedangkan objek adalah apa saja yang akan diatur. Meskipun begitu, untuk membentuk sistem pengelolaan yang baik di dalam praktik atau penerapannya, dibutuhkan beberapa unsur manajemen yang terlibat di dalamnya. Setiap unsur sangatlah penting, memiliki kedudukan yang sama serta saling melengkapi yang satu dengan yang lainnya, sehingga apabila tidak ada satu saja diantaranya, maka hal itu akan berdampak pada hasil keseluruhan pelaksanaan tujuan suatu organisasi. Enam unsur paling penting manajemen seperti yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Manusia (Human)

Tentu saja faktor utama dan paling penting yang harus ada dalam manajemen adalah manusia atau human. Betapa pentingnya faktor ini hingga tanpa unsur manusia di dalamnya, proses kerja tentu tidak akan pernah bisa terjadi. Ibaratnya, manusia yang memiliki tujuan, dan manusia juga yang harus melakukan proses dan segala daya upaya untuk mencapai tujuan yang ia inginkan tersebut. Namun oleh karena setiap manusia dianugerahi keterampilan dan sifat yang berbeda-beda maka manajemen manusia sangat diperlukan agar hasil kerja yang dilakukan maksimal, lingkungan kerja yang lebih sehat juga kondusif, serta tumbuhnya ide dan gagasan cemerlang serta inovatif dengan tujuan untuk kemajuan usaha dan/atau perusahaan tempatnya bernaung.Uang (Money)Uang adalah unsur manajemen kedua yang sangat penting dan berpengaruh setelah manusia. Saking penting dan berpengaruhnya, uang bahkan bisa mempengaruhi hasil kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan uang, hasil tersebut bisa diukur dengan melihat jumlah peredarannya di dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Artinya, dalam hal ini uang dapat menjadi alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan selama digunakan dengan berdasarkan pada perhitungan yang rasional. Di dalam sebuah perusahaan, uang sangat penting karena dibutuhkan untuk membiayai biaya peralatan kantor beserta perawatannya, pembelian barang kantor yang penting, biaya operasional yang salah satunya adalah gaji pegawai serta masih banyak lagi peralatan lain yang sekiranya sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itulah, dalam proses penganggaran dan penggunaannya, uang harus dikelola dan diatur secara bijak, cermat, efisien dan juga mampu dipertanggung jawabkan. 

Bahan Baku (Materials)

Bagaimana bisa menjual atau mengolah sesuatu apabila tidak ada yang bisa dijual atau dikelola? Karena itulah, ketersediaan materials atau bahan-bahan baku sangatlah penting dalam proses produksi suatu perusahaan. Tanpa itu, apa yang harus diproduksi, dan dikelola oleh perusahaan? Dalam pengolahannya inilah, diperlukan peran sumber daya manusia yang handal sebagai seorang tenaga ahli yang bertugas untuk mengelola materials atau bahan baku tersebut untuk menjadi barang jadi atau setengah jadi. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa bahan baku dan sumber daya manusia sangatlah erat hubungannya satu sama lain sehingga tidak bisa dipisahkan begitu saja.

Mesin (Machines)

Tak hanya bahan baku, mesin juga sangat dibutuhkan manusia untuk mempermudah pengerjaan dan pengelolaan bahan baku saat proses produksi berlangsung. Selain mempermudah pekerjaan yang sulit, mesin juga membuat proses kerja menjadi lebih efisien, efektif, tidak membuang banyak waktu dengan sia-sia serta mampu meningkatkan keuntungan karena hasil produksi dan pengolahan yang didapatkan pun menjadi lebih banyak. Selain itu, kelebihan lain menggunakan mesin adalah mampu meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh manusia atau human error. Namun, tentu saja untuk mencapai hasil yang lebih maksimal, sumber daya yang andal serta bahan baku yang berkualitas juga turut mempengaruhi hasil produksi yang didapatkan agar sesuai dengan yang diharapkan.

Metode (Methods)

Unsur manajemen penting lainnya adalah metode yang digunakan dalam proses produksi dan pengolahan barang. Hal ini harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Metode kerja yang tepat akan membuahkan kerja yang maksimal, efektif, juga efisien. Standar metode yang ditetapkan ini harus sesuai dengan beberapa hal lain yang juga menjadi bahan pertimbangan misalnya saja fasilitas, uang, sasaran hasil produksi, waktu, serta kegiatan bisnis. Tak hanya berkaitan dengan proses produksi, metode yang tepat juga dibutuhkan dalam proses pelaksanaan kerja yang dilakukan sebaik dan seefektif mungkin agar bisa menghasilkan kerja yang maksimal. Misalnya saja menemukan metode yang tepat mengenai jam kerja yang sudah berimbang dengan waktu makan dan istirahat para karyawan. Kesimpulannya, metode sangat dibutuhkan agar dapat mengatur standar operasional serta semua prosedur suatu kegiatan dalam perusahaan.

Pasar (Market)

Dilansir dari economidiscussions, unsur pasar merupakan suatu perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, kebijakan, penerapan program, strategi hingga teknik pemasaran agar dapat menciptakan permintaan akan penawaran produk barang atau jasa. Oleh karena pentingnya unsur manajemen yang satu ini, maka tentu saja percuma memproduksi suatu barang apabila tak ada permintaan untuk barang tersebut. Tanpa adanya market atau pasar barang maka barang tidak akan laku terjual dan alhasil proses produksi perusahaan pun akan terhenti. Karena itulah market adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam manajemen sebuah perusahaan. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian manajemen baik secara umum maupun khusus serta apa saja unsur-unsur manajemen yang penting dan berkaitan dengan proses produksi barang di dalam perusahaan bersangkutan. 


You Might Also Like