Usaha Yang Menjanjikan Di Masa Depan, Apa Saja Itu?

Usaha_Yang_Menjanjikan_Di_Masa_Depan

Setiap pengusaha tentu ingin bisnisnya tumbuh, berkembang, dan menjadi yang no #1 di pasar dengan menyediakan apa yang diinginkan konsumen. Di sisi lain, setiap tahunnya terdapat berbagai usaha yang tutup karena beberapa alasan. Dan salah satu alasan dibaliknya adalah karena bisnis tersebut termakan oleh zaman.Ya, disadari atau tidak seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi pun cukup mempengaruhi perputaran roda bisnis. Sehingga ide bisnis terus berubah atau perlu dimodifikasi sesuai dengan perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.Maka dari itu, bagi Anda yang ingin memulai bisnis dan sedang mencari ide usaha, penting sekali untuk mengetahui jenis-jenis usaha yang menjanjikan di masa depan dibawah ini. Dengan begitu Anda pun bisa meraup potensi keuntungan dengan menjalankan bisnis yang tidak tertinggal oleh zaman yang semakin maju ini.

Berikut adalah daftar usaha yang menjanjikan di masa depan yang mungkin cocok untuk Anda

  1. Bisnis jasa outsourcing

Outsourcing adalah sebutan bagi sistem bisnis dimana sebuah perusahaan menggunakan jasa perusahaan lain sebagai pihak ketiga untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Praktik ini sering kita temukan di mall, perkantoran dan manufaktur. Dimana pekerja outsourcing dipekerjakan untuk membantu sebuah perusahaan dalam lingkup bukan pekerjaan utama dari perusahaan tersebut. Jenis pekerjaan yang biasa ditangani oleh jasa outsourcing antara lain adalah petugas kebersihan, petugas call center, kurir, penjaga keamanan, dll. Menurut laporan World Economic Forum (WEF) seperti yang dilansir dari myinvestmentideas.com, bisnis outchourning ini akan semakin booming dalam dekade mendatang. Hal ini dikarenakan semakin banyak perusahaan yang ingin memaksimalkan keuntungan dengan menekan biaya operasional. Dan menggunakan jasa outching merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukannya.

  1. Penyewaan co-working space

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa saat ini bisnis baru terus bermunculan dengan berbagai ide dan strateginya masing-masing. Banyak pengusaha yang membuka kantornya sendiri, namun tidak sedikit diantaranya yang terkendala biaya sewa yang tinggi. Jika Anda memiliki aset ruang kosong, maka Anda bisa memanfaatkan momen tersebut dengan memulai bisnis co-working space atau ruang kerja bersama. Di Indonesia, bisnis co-working space ini terbilang belum merata dan mungkin hanya bisa dijumpai di kota-kota besar atau ibu kota provinsi. Sehingga kini peluangnya masih terbuka cukup lebar mengingat target pasarnya tidak hanya perusahaan-perusahaan startup atau bisnis kecil saja. Namun juga individu seperti para pekerja lepas (freelance) dan pekerja WFA (work from anywhere) yang semakin menjamur dimana mereka membutuhkan tempat kondusif untuk bekerja. 

  1. Bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh

Peluang usaha yang menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah bisnis di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Seperti yang telah kita ketahui, kebanyakan wanita ingin memiliki tubuh dan wajah yang cantik, bersih, dan terawat sehingga rela mengeluarkan dana tambahan untuk membeli produk-produk kecantikan maupun melakukan perawatan. Bahkan hal tersebut seakan sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi secara rutin. Ditambah tidak hanya kaum wanita, kesadaran pria dalam menjaga penampilan pun kini juga semakin tinggi. Hal ini tentunya menjadi peluang usaha yang menjanjikan di masa depan. Anda mungkin tidak dapat bersaing dengan raksasa industri di bidang kecantikan ini seperti L’Oreal maupun Estee Lauder. Tetapi cakupan industri kecantikan yang bervariasi dan terus berkembang memberikan begitu banyak peluang bagi wirausahawan pemula. Beberapa jenis usaha di bidang kecantikan dan perawatan tubuh ini antara lain:

  • Membuka salon kecantikan
  • Menjadi penata rambut freelance
  • Menjadi make up artist
  • Menjadi reseller produk kecantikan baru maupun preloved
  • Menjadi beauty blogger/ vlogger/ influencer
  • Menjual produk kecantikan atau perawatan tubuh buatan sendiri
  1. Bisnis di bidang perawatan kesehatan

Dewasa ini orang menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan masalah kesehatan mental seperti stres dan depresi karena perubahan gaya hidup yang kurang sehat. Entah itu karena seringnya mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi, makanan instan/ junk food, kurangnya berolahraga, tekanan pekerjaan, kebiasaan begadang, dsb. Sehingga industri di bidang perawatan kesehatan/ healthcare berpotensi tumbuh pesat di masa depan.Beberapa contoh ide di bidang perawatan kesehatan ini yaitu:

  • Membuka klinik umum
  • Membuka klinik kesehatan gigi, klinik anak, dan klinik spesialis lainnya
  • Penyedia layanan home care
  • Jasa konsultasi kesehatan
  • Membuka bisnis catering sehat
  • Menjadi konten kreator kesehatan
  • Menjual obat herbal
  • Menjadi agen/ distributor alat kesehatan dan peralatan medis
  1. Usaha laundry

Usaha laundry juga menjadi salah satu usaha yang menjanjikan keuntungan. Pasalnya, orang-orang mulai sulit memiliki waktu untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga, termasuk dalam hal mencuci pakaiannya. Meskipun usaha laundry ini bukan bisnis yang terbilang baru dan kini pun sudah sangat mudah dijumpai. Akan tetapi bisnis ini bisa menjadi lebih menguntungkan dengan memberikan sentuhan inovasi. Seperti misalnya dengan membuat jasa laundry dimana konsumen bisa memesan layanan melalui website maupun aplikasi yang disertai layanan antar jemput.

  1. Membuka jasa 3D printing

3D printing merupakan bentuk kemajuan teknologi dalam dunia printer yang memungkinkan kita dapat mencetak desain yang sudah tersedia dari format digital ke dalam bentuk 3 dimensi. Yang mana hasil cetakan nantinya tidak sekedar tampak secara kasat mata, namun juga bisa disentuh langsung, diraba, dan memiliki volume tertentu. Dengan hadirnya teknologi ini, kita dapat mewujudkan karya secara lebih nyata, membuat berbagai karakter 3 dimensi, mencetak prototipe, dsb.Awalnya, harga printer 3D sangat mahal dan tidak terjangkau oleh beberapa wirausahawan. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, harga mesin pencetak 3D sekarang berangsur menurun dan lebih terjangkau tergantung pada spesifikasi dan fitur yang dibutuhkan. Nantinya, Anda bisa memasarkan jasa percetakan 3D Anda kepada individu-individu (B2C) baik secara online maupun offline. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan penawaran kerjasama dengan perusahaan-perusahaan (B2B) untuk mendapatkan lebih banyak pesanan.

  1. Merintis agensi digital

Dalam beberapa tahun terakhir, industri agensi digital memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan akibat pergeseran cepat dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital. Bisnis ini pun terbilang masih cukup menjanjikan di masa yang akan datang. Terlebih, menariknya usaha ini tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya. Dengan kemampuan yang mumpuni, peralatan kerja seperti laptop/ PC, dan pemasaran efektif, Anda dapat segera memulai baik sebagai seorang pekerja lepas (freelance) maupun mendirikan sebuah usaha rintisan. Kebutuhan akan pemasaran digital pun sangat beragam. Anda bisa memilih untuk menjadi spesialis dalam hal tertentu atau menjadi penyedia layanan one stop service digital marketing. Beberapa ide layanan menarik untuk memulai bisnis agensi digital yaitu:

  • Jasa pembuatan website
  • Jasa optimasi SEO
  • Bisnis konsultan
  • Manajemen sosial media
  • Penulisan artikel
  • Desainer grafis, dan masih banyak lainnya.

Itulah 7 peluang usaha yang menjanjikan di masa depan. Semoga dapat menginspirasi Anda yang sedang ingin merintis usaha baru maupun mengembangkan usaha yang sudah ada. Apapun jenis usaha yang Anda pilih dan jalankan nantinya, Ukirama ERP siap mendukung segala kebutuhan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Dengan menggunakan Ukirama ERP, Anda bisa mengatur dan memanajemen berbagai elemen penting bisnis, mulai dari produk dan persediaan, keuangan dan akuntansi, manufaktur, pembelian dan penjualan, payroll, dsb. Menarik dan praktis bukan? Yuk, hubungi kontak sekarang untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan mendapatkan penawaran uji coba gratisnya!


You Might Also Like

Hubungi kami via whatsapp