Pentingnya Efisiensi Waktu dan Ketepatan Perhitungan COGS Pada Bisnis Makanan dan Minuman

By Ayu, 01 February 2019

Suatu bisnis restoran harus dapat menunjukkan kemana alur pengeluaran yang terkait langsung proses produksi dari produk yang dijual, selain juga pengeluaran untuk biaya operasional. Biaya yang terkait langsung dengan produk secara umum disebut cost of goods sold (COGS). Dalam laporan keuangan, COGS umumnya harus dicantumkan di bagian profit dan kerugian, dan merupakan informasi penting yang harus dimuat dalam laporan pajak.

Bisnis akan berjalan efektif juga efisien jika sistem yang digunakan untuk mengelola sangat mendukung. Tidak masalah seberapa besar skala bisnis yang ada, kebutuhan akan sistem pengelolaan yang handal sangat diperlukan. Logikanya, semakin banyak cabangnya, makin kompleks manajemen operasionalnya. Perusahaan internasional, terutama pabrik, butuh sistem perencanaan sumber daya yang sama dengan perusahaan induknya.

Kesuksesan suatu bisnis akan bergantung sepenuhnya pada pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. Masalahnya, memberi invoice kepada konsumen merupakan proses panjang. Misalnya saja, invoice manual paling tidak butuh waktu dua jam untuk membuat kemudian mengirimnya. Di atas semua itu, kebanyakan invoice tidak dibayar tepat waktu dalam 30 hari.

Dalam setiap bisnis, terlepas dari skala usahanya, strukturnya, dan sifatnya, selalu membutuhkan dukungan finansial yang cukup untuk berjalan. Kekurangan pendanaan bisa menyebabkan bisnis tidak dapat memenuhi target jangka panjangnya, dan kewajiban jangka pendeknya. Cukup tidaknya pendanaan bisa terlihat jelas dari perputaran uang yang terjadi. Ada banyak istilah untuk menggambarkan perputaran uang dalam suatu bisnis, antara lain yaitu omset, profit, cash, dan free cash.

Break even point (BEP) pada dasarnya merupakan total penjualan dalam periode tertentu yang digunakan untuk menutupi kebutuhan operasional. Mengetahui nilai BEP akan membantu menakar kemungkinan risiko saat membuka restoran, dan menentukan batas minimal supaya restoran bertahan. Angka dalam BEP akan menunjukkan berapa banyak profit yang akan terealisasi. BEP dalam bisnis restoran akan merujuk pada jumlah dari total pendapatan yang dibutuhkan untuk menutup pengeluaran.

Bagi suatu bisnis, penting untuk memiliki dokumen tertulis sebagai bukti dari transaksi bisnis yang dibuat. Hal tersebut dimaksudkan agar memudahkan pelacakan transaksi bisnis. Dan dengan ini bisnis dapat menghindari kesalahan-kesalahan teknis dalam kegiatan operasi bisnis dan transaksi penjualan. Jenis- jenis dokumen tersebut seperti misalnya faktur, nota promes, dan atau nota kredit (credit note).

Bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang ilmu akuntansi, mungkin istilah manajemen aset terdengar kurang familiar di telinga. Secara keseluruhan ilmu manajemen aset memang lebih kompleks dan tergolong rumit. Namun ini sangat penting untuk Anda ketahui agar aset-aset yang telah Anda miliki selalu pada posisi optimal saat ingin digunakan.

© 2019 PT Ukirama Solusi Indonesia Bahasa Indonesia | English   Google Plus   Instagram   Facebook   Linkedin