Cara dan Contoh Laporan Laba Rugi dan Jurnal Penutup Pada Perusahaan Dagang

By Ayu, 10 December 2018

Akuntansi sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang menjalankan usahanya di bidang apapun, baik di bidang jasa, dagang, maupun dagang. Dengan adanya akuntansi, maka laporan keuangan perusahaan dapat dibuat dan berguna untuk kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Melalui perencanaan dan pengelolaan keuangan yang diaplikasikan ilmu akuntansi, maka perusahaan akan semakin matang dan terarah dalam menjalankan bisnisnya.

Siklus akuntansi mencakup hal-hal penting yang harus dilakukan dalam proses akuntansi atau pencatatan sebuah perusahaan. Dimulai dari pencatatan transaksi sampai pembuatan neraca saldo setelah penutupan harus dilakukan secara runtut dan terperinci agar keuangan perusahaan benar-benar transparan dan akuntabel. Tahap yang dilakukan setelah menyusun jurnal penutup adalah membuat neraca saldo penutupan yang juga merupakan salah satu fase dalam siklus akuntansi.

UMKM singkatan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Hal yang bersangkutan dengan UMKM diatur berdasarkan Undang Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil,dan Menengah. Berikut kutipan dari isi UU 20/2008. Usaha Mikro merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

Pajak penghasilan jasa konstruksi atau PPH jasa konstruksi merupakan pajak penghasilan yang dikenakan pada usaha yang bergerak pada bidang konstruksi. Tarif yang dibebankan bergantung pada cakupan atau kualifikasi usaha penyelenggara jasa yang bersangkutan. Agar Anda bisa lebih paham mengenai jenis pajak ini, berikut 5 hal yang harus Anda pelajari lebih dulu.

PPH Jasa Konstruksi merupakan pajak penghasilan atas usaha pada bidang konstruksi. PPH Jasa Konstruksi memiliki tarif yang bervariasi tergantung dari kualifikasi usaha. Untuk memahami PPH Jasa Konstruksi maka kita perlu tahu apa saja yang termasuk dalam jasa konstruksi. Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha Jasa Konstruksi, jasa konstruksi merupakan layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur tentu tidak asing lagi dengan istilah stock opname bukan? Stock opname sebenarnya bisa diterapkan oleh setiap perusahaan, tidak hanya untuk perusahaan manufaktur atau dagang. Hanya saja setiap perusahaan memiliki sistem dan prosedur yang berbeda, tergantung pada kebutuhan dan jenis usahanya. Berikut ulasannya.

Sekarang kita memasuki Harga Pokok Penjualan (COGS) untuk Usaha Dagang. Pada artikel ini akan dibahas mengenai jurnal, alur, perhitungan, dan pelaporan Harga Pokok Penjualan (COGS).

© 2018 PT Ukirama Solusi Indonesia Bahasa Indonesia | English   Google Plus   Instagram   Facebook   Linkedin