10 Cara Mendesain Toko Ritel (Retail) yang Menarik Pelanggan dan Mendatangkan Keuntungan

10_cara_mendesain_toko_ritel_yang_menarik_pelanggan_dan_mendatangkan_keuntungan

“Eh barang-barang yang dijual lucu-lucu deh kayaknya. Masuk yuk, abis itu fotoin di depan tokonya ya”Itulah kalimat yang biasa dilontarkan oleh beberapa orang atau bahkan kita sendiri yang melihat sebuah toko dengan desain toko yang menarik dan unik. Tidak semua toko memperhatikan konsep desain tokonya. Padahal nyatanya, desain toko dapat menarik pelanggan untuk datang dan dapat meningkatkan omset penjualan. Bangunan toko jika terlihat menarik, maka orang tidak akan ragu untuk masuk dan melihat barang yang ada didalamnya.Jika Anda adalah salah satu orang yang akan membangun usaha toko ritel/retail, maka tepat bagi Anda untuk mengetahui bagaimana tips desain toko ritel untuk menarik pelanggan dan bonus meningkatkan omset penjualan. Berikut ini ada 10 tips yang dapat Anda terapkan sebelum membangun toko ritel yang menarik:

  1. Konsep toko harus konsisten

Tentukan konsep toko terlebih dahulu. Jangan sampai membangun sesuatu tanpa ada konsepnya. Jika toko ritel yang Anda bangun adalah toko pakaian, maka pakaian apa yang akan dijual dan diperuntukkan untuk siapa. Setelah itu gambarkan konsepnya yang cocok dengan barang yang Anda jual dan pengunjung yang datang. Ada beberapa konsep toko seperti toko vintage, toko minimalis namun modern, toko maskulin, dan sebagainya.

  1. Berikan kesan pertama dengan tampilan yang terbaik

Tampilan depan toko menjadi penentu bagi pengunjung Anda untuk masuk atau tidak. Desain eksterior toko mewakili desain interior toko Anda sehingga ketika pembeli masuk toko tidak dikecewakan dengan apa yang ditampilkan. Tentu saja hal ini didukung dengan barang dagangan yang dijual oleh Anda.

  1. Berikan sentuhan emosional saat pembeli masuk ke tokomu

Sentuhan emosional sangat penting bagi pembeli. Anda dapat memberikannya dengan mengetahui kebiasaan pembeli yang akan datang ke toko Anda. Semisal Anda memberikan tempat terbaik dengan pelayanan terbaik. Ini berhubungan juga dengan konsep toko yang dibangun. Jika toko vintage yang dibangun, maka hadirkan suasana jadul atau nostalgia saat pembeli datang.

  1. Tampilan (display) produk ditata secara unik dan menarik (eye catching)

Ruangan kecil tidak akan menghambat Anda untuk berkreasi. Anda dapat melakukan kreasi dengan display yang menarik untuk membuat pembeli langsung membeli barang yang dibutuhkan. Interior desain sangat penting karena saat itulah pembeli akan masuk dan menjelajah. Jika tidak pintar membuat display produk maka Anda akan membuat pembeli tidak betah dan produk menjadi tidak laku.

  1. Pencahayaan terbaik

Jangan lupa, jika sudah memberikan desain toko yang terbaik, dukunglah dengan pencahayaan yang menarik pula. Cahaya merupakan yang terpenting karena akan mempengaruhi tampilan produk dagang Anda. Jangan memberikan cahaya yang berlebihan pada produk sehingga warnanya berbeda dengan yang asli. Banyak jenis pencahayaan yang dapat Anda pilih seperti lampu dinding, lampu gantung dan lampu sentral.

  1. Dekorasi tidak monoton

Dekorasi yang monoton membuat pembeli yang berkunjung bosan dan tidak kembali lagi. Salah satu yang menarik mereka untuk datang kembali adalah dekorasi yang selalu diubah tanpa mengubah tema yang ada. Dekorasi yang berubah dapat dengan menambahkan elemen, mengubah tata letak, mengatur cahaya, dan sebagainya.

  1. Cat dinding yang membuat betah

Perpaduan warna pada interior toko akan membuat pembeli terpikat saat berkunjung. Pemilihan warna cat dinding dapat menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan. Bisa saja tidak memberikan warna monoton tetapi Anda dapat memberikan warna lain tersendiri di sudut ruangan. Jika tak ingin repot, Anda dimudahkan dengan wallpaper yang sudah bermacam-macam motifnya.

  1. Berikan sudut instagramable

Di zaman digital saat ini, tidak terlambat bagi Anda untuk mendesain toko Anda dengan memberikan sudut yang instagramable. Ini dapat digunakan jika Anda tidak keberatan untuk pengunjung berfoto ria. Selain memanjakan pengunjung, Anda juga mendapatkan promosi gratis jika mereka mengupload fotonya ke akun sosial media mereka. Wah, cara satu ini juga bisa Anda jadikan strategi marketing untuk give away atau promosi.

  1. Berikan ruang yang cukup bagi pembeli

Saat pembeli berkunjung ke tokomu, jangan sampai display atau barang-barang toko menghalangi jalannya mereka untuk berputar dan melihat tokomu. Jadi berikan ruang cukup untuk mereka nyaman melihat-lihat toko Anda dan membeli.

  1. Toko tidak tertutup agar pembeli nyaman

Jangan biarkan tokomu tertutup sehingga orang yang akan masuk ke tokomu menjadi takut dan segan. Minimal, Anda dapat memperlihatkan barang jualan Anda ke luar toko sehingga pembeli tertarik sebelum masuk ke toko.Begitulah 10 tips desain toko ritel yang dapat mendatangkan pengunjung dan meningkatkan omset penjualan Anda. Yang terpenting posisikan Anda sebagai pembeli yang datang ke toko Anda dan gambarkan toko seperti apa yang Anda inginkan ketika menjadi seorang pembeli.


You Might Also Like