4 Macam Metode Analisis Laporan Keuangan yang Dapat Anda Gunakan

4_macam_metode_analisis_laporan_keuangan_yang_dapat_anda_gunakan

Selain melakukan penyusunan laporan untuk mengetahui kondisi keuangan pada perusahaan, ada baiknya dilakukan analisis laporan keuangan untuk mendapatkan data laporan keuangan yang lebih detail. Sehingga perusahaan dapat mengetahui dengan jelas perkembangan bisnis usahanya dari tahun ke tahun dan dapat menyusun strategi yang tepat agar bisnis usahanya lebih berkembang dan meningkat.Analisis laporan keuangan juga membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dengan cepat, mudah, tepat, dan akurat dalam bidang keuangan yang ada. Laporan keuangan yang dapat dilakukan analisis antara lain laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Dalam melakukan analisis laporan keuangan, terdapat 4 macam metode analisis laporan keuangan yang dapat digunakan oleh perusahaan yaitu sebagai berikut:

  1. Analisis common size

Analisis common size biasanya digunakan untuk melakukan analisis pada laporan laba rugi dan laporan neraca dengan menggunakan persentase sehingga kedua laporan tersebut mudah dipahami oleh perusahaan. Dalam analisis ini, semua akun laporan laba rugi dinyatakan sebagai persentase penjualan dimana setiap akun barisnya dibagi dengan penjualan yang ada. Untuk laporan neraca, semua akun laporan neraca dinyatakan sebagai persentase total aset dimana pada setiap akun barisnya dibagi dengan total aset yang tersedia.

  1. Analisis tren

Dengan adanya analisis tren, maka dapat membantu mengetahui kondisi keuangan pada perusahaan dari waktu ke waktu maupun mengetahui kondisi kinerja perusahaan dari tahun ke tahun. Penerapan analisis tren didasarkan pada data laporan keuangan perusahaan sebelumnya dan data perkiraan atas rencana-rencana perusahaan untuk ke depannya. Banyak perusahaan yang memakai data rasio keuangan di dalam melakukan analisis tren. Data rasio keuangan harus dihitung berdasarkan minimal rasio dua tahun terakhir yang akan dijadikan sebagai perbandingan. Jika ingin hasil data lebih detail, maka dapat menggunakan data rasio yang lebih dari 2 tahun.

  1. Analisis persentase perubahan

Analisis persentase perubahan merupakan analisis yang dapat dikatakan paling rumit jika dibandingkan dengan analisis lainnya. Dalam analisis ini, harus dilakukan perhitungan tingkat pertumbuhan semua akun laba rugi maupun akun neraca terhadap tahun dasar. Dengan demikian, akan dapat terlihat peningkatan atau penurunan yang terjadi pada akun laporan laba rugi dan akun laporan neraca bila dibandingkan dengan pertumbuhan atau penurunan penjualan dan total aset yang ada pada perusahaan.

  1. Analisis industri

Penerapan analisis industri memerlukan observasi perbandingan antara perusahaan sendiri dengan perusahaan lainnya dengan industri yang sama. Observasi perbandingan ini bertujuan untuk melihat bagaimana perusahaan melakukan investasinya secara finansial jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang sejenis. Dengan begitu, perusahaan akan mengetahui apakah diperlukan atau tidaknya penyesuaian finansial yang ada. Umumnya, teknik perhitungan yang dilakukan dalam analisis ini adalah teknik perhitungan rasio keuangan. Rasio rata-rata dari perusahaan lain dengan industri yang sama dapat dibandingkan dengan rasio bisnis perusahaan sendiri. Jika Anda ingin perusahaan Anda berkembang dengan baik setiap tahunnya, maka tidak ada salahnya untuk melakukan analisis laporan keuangan secara rutin sehingga hasil analisis yang didapatkan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi perusahaan untuk ke depannya sehingga usaha bisnis akan selalu berkembang secara teratur.


You Might Also Like