banner iklan

8 Keuntungan Anda Dapatkan dengan Berbisnis Waralaba (Franchise)

8_keuntungan_anda_dapatkan_dengan_berbisnis_waralaba__franchise

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah waralaba atau yang biasa disebut franchise. Menurut undang-undang Indonesia, definisi dari waralaba sendiri adalah suatu perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Bisnis ini cukup mudah karena tidak terlalu menyita waktu, pikiran dan tenaga. Anda hanya cukup menyediakan lokasi dan membayar sejumlah uang untuk membeli hak atas brand tersebut. Jika memiliki uang lebih, tidak ada salahnya mencoba bisnis waralaba. Sebagai langkah pertama, Anda bisa mulai dengan mencari brand  apa yang kira-kira memiliki peluang atau sesuai dengan passion  dan lokasi yang dimiliki saat ini. Masih ragu dengan bisnis ini? Untuk lebih meyakinkan, berikut kami informasikan 8 keuntungan dari bisnis waralaba.

  1. Kekuatan Brand

Hal pertama yang ditawarkan oleh pemilik waralaba tentunya adalah brand atau kekuatan merk, yang mana memiliki dampak cukup besar dalam pasar atau persaingan bisnis. Pelanggan tidak perlu takut atau khawatir bila harus membeli produk atau jasa di lokasi manapun, karena pelanggan percaya, bahwa dengan nama brand tersebut mereka akan mendapatkan pelayanan dan kualitas yang sama. Anda tidak perlu repot dalam mendapatkan kepercayaan pelanggan atau melakukan branding, sebab pemberi waralaba telah terlebih dahulu membangun brand dan telah mendapatkan pasar.

  1. Biaya Promosi

Umumnya setiap bisnis yang menyediakan waralaba adalah bisnis yang sudah memiliki pasar tersendiri. Keuntungannya adalah, Anda bisa menekan biaya promosi yang biasanya dilakukan oleh brand baru. Biaya iklan pengenalan produk membutuhkan uang yang tidak sedikit dan memiliki resiko bila alat promosi yang digunakan tidak efektif.Promosi bisnis waralaba bisa dengan memberitahukan bahwa brand tersebut telah membuka cabang baru di lokasi yang Anda pilih, atau bahkan Anda hanya perlu menikmati hasil dari iklan atau promosi yang telah dibuat oleh pemilik waralaba itu sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya. Oleh karena itu, pelaku waralaba memiliki kemungkinan besar untuk lebih cepat balik modal atau mencapai break event point (BEP) daripada pelaku bisnis lain yang memulai dari nol.

  1. Manajemen Terlatih

Dalam biaya yang dibayarkan kepada pemberi waralaba, biasanya sudah termasuk biaya training manajemen. Hal ini tentu untuk menjaga SOP (Standar Operasional Prosedur) dari brand tersebut. Sebab, ketika ada 1 cabang yang memiliki manajemen buruk, akan berdampak atau mempengaruhi cabang lainnya. Pemilik waralaba tidak ingin perkembangan bisnisnya terganggu oleh karena manajemen yang buruk di cabang lain. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk mempersiapkan training yang tentu cukup menyita waktu. Anda juga tidak perlu khawatir akan adanya pelayanan buruk yang dapat menghilangkan pelanggan.

  1. Mendapatkan Supplier

Dalam bisnis waralaba, pelaku waralaba tidak perlu repot mencari mitra atau supplier untuk bekerjasama. Semua telah disediakan sesuai dengan SOP yang berlaku, sehingga tidak perlu melakukan trial error yang membuang waktu dan biaya. Tidak perlu khawatir jika hasil akhir dari barang atau jasa yang Anda jalankan berbeda. Beberapa brand bahkan mendapatkan prioritas dari supplier, yang artinya sangat kecil kemungkinan Anda kehabisan stok bahan baku.

  1. Passive Income

Keuntungan lainnya, oleh karena manajemen yang telah dilatih dan bekerja sesuai SOP, Anda tidak perlu harus ada di tempat waralaba selama 24 jam. Jika masih memiliki pekerjaan lain, Anda bisa mengerjakan pekerjaan utama terlebih dahulu. Bisnis waralaba bisa dijalankan hanya dengan mengandalkan manajemen atau komunikasi via telepon. Anda hanya perlu sesekali bertemu dengan manajemen untuk membicarakan perkembangan dari bisnis waralaba tersebut. Bahkan Anda mungkin dapat membuka bisnis waralaba lain lagi. Sangat cocok bukan untuk menjadi passive income?

  1. Laba Yang Cukup Besar

Pertama, Anda tentu akan memilih brand yang cukup terkenal atau bahkan sedang booming. Tentu saja Anda tahu bahwa bisnis tersebut mendatangkan laba. Pemilik waralaba biasanya juga akan memberikan informasi berapa rata-rata omset yang mereka dapatkan dalam sehari. Dari informasi tersebut, Anda akan mendapatkan perkiraan laba yang akan diterima dalam kurun waktu tertentu.Kedua, branding dan promosi yang telah dilakukan pemberi waralaba sebelumnya, tentu sudah cukup untuk dikenal oleh pelanggan. Selain tidak perlu lagi mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya promosi pengenalan barang atau jasa tersebut, Anda tidak perlu repot untuk mencari pelanggan karena mereka yang akan mencari produk yang anda jual.Dua alasan tersebut meminimalkan resiko rugi pada bisnis Anda. Tidak menutup kemungkinan, Anda akan mendapatkan laba yang cukup besar tanpa perlu bersusah payah, dibandingkan bisnis yang dibangun sendiri mulai dari nol.

  1. Tidak Perlu Memiliki Pengalaman

Saat ini banyak pebisnis yang mencoba menambah penghasilan atau mengembangkan usahanya bukan karena memiliki keahlian dibidang tersebut, tetapi karena mengikuti tren atau pangsa pasar. Akibatnya, banyak bisnis yang dibangun tanpa pengalaman akan cepat tutup atau bangkrut. Keuntungan dari waralaba adalah Anda tidak perlu memiliki pengalaman di bidang bisnis tertentu, karena semua akan diberikan ketika Anda memutuskan untuk membeli waralaba dari bisnis tersebut. Cukup dengan melakukan kontrol rutin dengan pihak manajemen, maka bisnis waralaba Anda dipastikan akan berjalan.

  1. Menambah Pengalaman

Pernah dengar kutipan “learn by doing“ dan “experience is the best teacher”? Seperti yang diinformasikan sebelumnya, bisnis waralaba tidak membutuhkan keahlian khusus atau pengalaman tertentu. Anda dapat membuka waralaba apa saja yang diinginkan, tanpa perlu khawatir dengan perbedaan latar belakang yang Anda miliki. Pada kesempatan ini, Anda dapat sekaligus menambah pengalaman baru. Pengalaman mengelola bisnis, pengalaman menghadapi mitra kerja, menambah koneksi baru, dll. Kelebihannya adalah pengalaman yang akan Anda dapatkan adalah langsung dari pemilik waralaba, yang tentunya adalah pengalaman berharga yang belum tentu Anda dapatkan jika membangun bisnis sendiri. Contoh, Anda akan mendapatkan koneksi supplier dengan kualitas dan harga terbaik menurut pemilik waralaba, pengalaman membaca keinginan pasar, pengalaman bisnis di bidang waralaba yang Anda beli, dan masih banyak lagi.Itulah 8 keuntungan dari bisnis waralaba, apakah Anda tertarik untuk mencoba?


You Might Also Like