Apa Itu Saldo Akun (Account Balance) Akuntansi Beserta Contohnya

apa_itu_saldo_akun__account_balance__akuntansi_beserta_contohnya.png

Memahami saldo akun atau account balance, akan menjadi lebih mudah dengan mengerti terlebih dahulu apa itu Saldo. Saldo secara sederhana dapat diartikan sebagai uang yang berada dalam satu rekening. Saldo juga dapat diartikan sebagai total tagihan yang masih harus dibayar oleh individu atau perusahaan.Saldo sendiri biasanya berhubungan dengan bank dan dinamakan dengan saldo bank. Saldo bank dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kemudian didefinisikan sebagai saldo rekening yang mana menyerupai pengertian saldo pada awalnya. Bahkan, dijelaskan pula bahwa saldo rekening adalah jumlah yang ada pada akun dan bebas dari segala biaya termasuk biaya penarikan, pendebitan, dan pengkreditan setoran.

Saldo Akun (Account Balance)

Saldo akun atau saldo balance adalah total uang yang berada dalam repositori keuangan misalnya seperti tabungan atau giro. Bisa dibilang, saldo akun adalah nominal bersih yang telah dikurangi semua debit dan kredit. Maka dari itu, saldo akun bisa merepresentasikan nominal uang yang dimiliki dalam satu akun.Saldo akun bisa menunjukkan kekayaan atau aset berupa kas seseorang yang telah terbebas dari kewajiban-kewajiban seperti tunggakan, hutang, dan beban-beban lainnya. Pada akun-akun tertentu seperti pada lembaga keuangan, saldo yang tertera akan menunjukkan nilai dana di dalam akun tersebut.Misalnya seperti di akun giro, rekening pialang. Sedangkan pada investasi, saldo akun biasanya lebih dinamis dan berubah-ubah. Tentu hal tersebut karena adanya perubahan harga saham atau yang lain karena terjadi naik turunnya harga.Namun, saldo akun ternyata juga dapat menunjukkan utang bersih lho! Ketika nominalnya bertanda positif, maka saldo akun tersebut mencerminkan kekayaan. Namun, ketika nominal negatif, maka itu adalah total hutang bersih. Khususnya pada saldo akun keuangan yang memiliki tagihan berulang seperti tagihan listrik dan hipotek, maka saldo akun menunjukkan jumlah hutang bersih.Dapat ditarik kesimpulan bahwa, saldo akun menunjukkan atau mewakili dana bersih yang tersedia bahkan bisa saja menunjukkan hutang bersih seseorang. Selain itu, laporan saldo akun bisa dibuat secara hardcopy maupun online oleh lembaga keuangan. Pada saldo akun di bidang investasi, nilainya bisa berubah-ubah secara signifikan tergantung harga sekuritas di pasar.Dalam dunia perbankan, saldo rekening dapat diartikan sebagai nominal uang yang dimiliki seseorang di tabungan. Sedangkan, saldo akun adalah jumlah bersih yang dimiliki seseorang atau individu setelah semua debit dan kredit diseimbangkan. Dalam beberapa kondisi, ketika terdapat beberapa transaksi yang masih ditunda atau belum terproses, maka saldo akun menjadi kurang akurat untuk mewakili kekayaan atau hutang bersih seseorang.

Contoh Saldo Akun

Contoh sederhana dari saldo akun adalah ketika saldo awal dari sebuah rekening giro sebesar Rp 1 Juta, lalu pemegang akun menerima cek senilai Rp3 Juta, dan mengatur pembayaran otomatis dua hari kemudian senilai Rp1,5jt. Dalam kondisi seperti itu, maka akun orang tersebut akan menunjukkan nilai sebesar Rp4 Juta yaitu hasil penjumlahan dari Rp 1 Juta dan Rp3 Juta setelah menerima cek.Nyatanya, saldo akun orang tersebut seharusnya adalah Rp2,5juta karena terdapat transaksi yang belum diproses atau tertunda. Orang tersebut masih harus membayar sesuatu sebesar Rp1,5juta yang belum dihitung karena penjadwalan pembayaran di hari berikutnya. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu mencatat setiap kredit maupun debit sehingga gambaran akun yang paling pas dan akurat bisa dimiliki.Dalam contoh kartu kredit, pembelian mungkin telah dilakukan terhadap barang-barang tertentu dengan rincian Rp 1 Juta untuk HP, Rp2 juta untuk Notebook, dan Rp2,5 juta untuk Kamera. Lalu terdapat pengembalian barang yang bernilai sebesar Rp500 ribu. Saldo akun yang menunjukkan pembelian adalah senilai Rp5,5 juta sedangkan pengembalian sebesar Rp500 ribu. Saldo akun bersih setelah debit dan kredit dikurangi yaitu Rp5jt atau Rp5,5jt dikurangi dengan Rp500 ribu.Cara kerja dari pencatatan saldo akun secara sederhana adalah seumpamanya Andi menyetor atau menaruh dana sebesar Rp10 juta di rekening baru. Ia mengambil sebesar Rp2 juta dua hari kemudian dan menyetor kembali sebesar Rp1 juta dihari berikutnya. Maka penghitungan secara runtut yang dilakukan adalah (Rp10jt – Rp2 juta) + Rp1 juta yaitu Rp9 juta.Mengetahui saldo akun di dalam rekening bank penting untuk mengetahui sisa saldo ketika hendak dikurangi dengan hutang atau beban lain. Apakah bernilai positif atau bernilai negatif yang berarti hutang bersih seseorang.Misalnya, dalam kartu kredit seperti contoh sebelumnya, Andi memiliki saldo akun sebesar Rp5 juta sedangkan pada saldo akun rekeningnya, sebesar Rp9 juta. Itu berarti, saldo akun total dari Andi bernilai Rp4 juta yang mana menunjukkan nilai kekayaan bersih Andi, bukan hutang.

Saldo Akun dan Kredit Tersedia

Pada kartu kredit, saldo akun yang ditunjukkan adalah total hutang terhadap pihak ketiga atau penerbit kartu. Hutang yang ditunjukkan adalah nilai kumulatif dari nominal-nominal pada transaksi sebelumnya. Kredit yang tersedia atau Available credit adalah istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan seberapa besar batasan kredit tersisa yang bisa digunakan untuk berbelanja.Pada beberapa kondisi di akun bank, penyetoran uang berupa tabungan akan muncul dalam beberapa hari. Bank akan tetap menunjukkan nominal saat itu walau belum menunjukkan saldo total setelah dijumlahkan setoran terbaru.Itu mengapa, individu atau perusahaan harus tetap memiliki catatan khusus terhadap debit kredit mereka sehingga bisa mengetahui kondisi realtime keuangan terlepas dari laporan yang belum diterbitkan pihak lembaga keuangan.Ketika saldo akun yang belum akurat dijadikan acuan dalam mengambil keputusan, maka pertimbangan serta prediksi keuangan bisa meleset jauh. Apalagi bila perbedaannya dalam jumlah besar, tentu, proses penghitungan harus disesuaikan kembali.Gimana, reader? Sudah mengerti kan apa itu saldo akun beserta contohnya? Pada intinya, saldo akun adalah akun yang masih tersisa dan bebas dari segala biaya atau pembayaran. Saldo akun bisa berada dalam satu rekening, deposito dan yang lain-lain.Selain itu, saldo akun juga bisa ditunjukkan dalam kartu kredit dengan makna utang bersih terhadap pihak ketiga yaitu penerbit kartu. Mengetahui besaran saldo akun pada kartu kredit dan rekening menjadi penting agar kondisi keuangan tetap terkontrol sehingga tidak terlilit hutang yang terus menumpuk dari waktu ke waktu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!


You Might Also Like