Bagaimana Ukirama ERP dapat membantu Startup

Bagaimana Ukirama ERP dapat membantu startup

Startup memiliki banyak peluang yang besar di pasar Indonesia. Dalam menghadapi persaingan pasar, penting bagi startup untuk fokus mempersiapkan minimum viable product (MVP) dan product market fit terlebih dahulu. Disamping itu, jika startup tersebut ingin scaling up untuk menjadi lebih besar dalam waktu yang cepat, mempersiapkan infrastruktur operasional bisnis yang memadai juga tidak kalah penting. Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem untuk membantu Perusahaan dalam mengintegrasikan dan mengotomatiskan proses bisnis mulai dari penjualan, pembelian, management inventory, akuntansi, finance dan proses bisnis lainya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Software ERP adalah Operating System bagi perusahaan yang berguna untuk menangani pertumbuhan bisnis dan meningkatkan skala operasional secara efektif dan efisien. Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari software ERP yang dapat membantu proses bisnis dan perkembangan startup Anda. 

  1. Meningkatkan kepercayaan Investor

Investor ingin bekerjasama dengan startup yang komunikatif dan transparan. Dengan menggunakan software ERP, Investor dapat memperoleh laporan keuangan yang dibuat secara otomatis dan akurat, serta mendapatkan laporan perkembangan bisnis startup secara real-time. Hal-hal tersebut dapat membantu meningkatkan kepercayaan, kredibilitas dan transparansi perusahaan terhadap Investor.

  1. Membantu Scale up 

Software ERP dapat membantu startup melakukan scale up secara efektif dan efisien karena sistem ini dapat meningkatkan kapasitas bisnis dengan mengoptimalkan kemampuan untuk menangani jumlah pesanan yang besar, meningkatkan efisiensi produksi dan pengiriman, mengurangi biaya operasional, serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Software ERP juga dapat membantu proses perluasan lini bisnis dengan menyediakan platform yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya.

  1. Mengotomatiskan proses bisnis startup

Salah satu bentuk scaling up adalah mengotomatiskan proses bisnis startup. Misalnya startup e-commerce mengintegrasikan proses pencatatan transaksi dengan software ERP agar dokumen transaksi dan jurnal akuntansi terbuat secara otomatis. Pilihlah software ERP yang sudah di desain dan dioptimalkan untuk integrasi. Ukirama ERP didesain secara khusus untuk dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem, seperti integrasi dengan POS (Point of Sales), CRM (Customer Relation Management), e-commerce dan custom application. 

  1. Memantau kinerja bisnis secara real-time

Dengan menggunakan software ERP, startup dapat dengan mudah melacak dan memonitor kinerja bisnisnya. Hal tersebut dapat membantu startup untuk membuat keputusan yang cepat, serta mengidentifikasi tren dan peluang untuk menyesuaikan strategi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut.

  1. Mengotomatiskan proses akuntansi perusahaan

Software ERP dapat membantu startup memudahkan proses pencatatan akuntansi secara otomatis. Hal ini dapat membantu mengurangi human error dan meningkatkan akurasi laporan keuangan. Sehingga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap laporan keuangan yang dihasilkan.Banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh startup. Mulai dari menentukan visi dan misi, mempersiapkan minimum viable product (MVP), mencari product market fit, menentukan strategi pemasaran, hingga memilih model bisnis yang tepat. Selain itu, yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah infrastruktur yang memadai untuk scale up.  Oleh karena itu, Software ERP dapat membantu startup mempersiapkan fondasi infrastruktur operasional bisnis guna menangani pertumbuhan bisnis dengan kebutuhan operasionalnya secara efektif dan efisien. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai bagaimana software ERP dapat membantu Anda atau pertanyaan lainnya, silahkan hubungi kami disini .


You Might Also Like