Berikut Ini 7 Keuntungan Minimarket Menggunakan Software ERP

berikut_ini_7_keuntungan_minimarket_menggunakan_software_erp.png

Mempunyai ERP untuk bisnis yang Anda jalankan merupakan keputusan yang tepat. Software ini akan menjadi sebuah investasi yang besar terhadap bisnis Anda tersebut sehingga Anda bisa mempertimbangkan dengan matang sebelum membuat keputusan. Namun sebenarnya apa itu software ERP? Apa manfaatnya untuk bisnis kita? Untuk menjawab hal tersebut, silakan simak penjelasan kami di bawah ini.

Pengertian ERP

Apa itu ERP? ERP merupakan singkatan Enterprise Resource Planning yang merupakan sebuah software modular untuk digunakan di dalam mengintegrasikan proses perusahaan agar berada di dalam sistem yang terpadu. Software ini akan menyederhanakan, menstandarisasi, maupun mengintegrasikan berbagai proses bisnis misalnya keuangan, pengadaan, sumber daya manusia, distribusi, pengadaan, serta departemen yang lain.

Implementasi ERP

Terdapat tiga jenis implementasi ERP yang banyak digunakan yaitu cloud, on-premise, dan hybrid. Adapun ketiga penjelasan mengenai implementasi ERP akan kami berikan di bawah ini.

  • On-Premise ERP: implementasi ERP ini mengharuskan sebuah bisnis untuk memilih hardware sendiri seperti server. Implementasi tersebut memerlukan biaya pemeliharaan yang lebih mahal. Inilah yang menyebabkan On-Premise ERP atau ERP konvensional banyak digunakan oleh para pebisnis yang menjalankan bisnis dalam skala besar.
  • Cloud ERP: untuk ERP yang berbasis cloud ini tidak mengharuskan untuk mempunyai infrastruktur untuk menyimpan data. Hal ini karena seluruh penyimpanan sudah berbasis cloud. Untuk implementasi yang satu ini memerlukan waktu, biaya, serta tenaga lebih sedikit jika dibandingkan On-Premise ERP. Cloud ERP banyak digunakan oleh para pengusaha yang menjalankan bisnis berskala kecil maupun menengah
  • Hybrid ERP: implementasi ERP yang satu ini memberikan kemudahan untuk menjalankan software ERP ini di bawah kendali sendiri. Hybrid ERP ini menggunakan server dan sekaligus menyimpan data di cloud

Keuntungan Minimarket yang Menggunakan Software ERP

Di bawah ini merupakan beberapa keuntungan yang akan didapatkan minimarket ketika mereka menggunakan software ERP.

  1. Informasi Bisnis Terpercaya

Informasi bisnis bisa kita peroleh dari beragam subdivisi misalnya penjualan, inventaris, pembelian, maupun proses yang lain. Manajemen minimarket bisa mendapatkan keuntungan dengan informasi yang relevan, akurat, dan real-time sehingga mampu membuat kebijakan bisnis yang lebih cepat dan tepat.Di dalam ERP, terdapat beberapa aplikasi terintegrasi. Satu database dapat memberikan kemudahan bagi minimarket ketika harus menghadapi perubahan permintaan, kompetisi, dan berbagai tantangan lainnya. dengan adanya perangkat lunak ERP, maka minimarket dapat membuat sebuah perencanaan bisnis dengan lebih mudah, meningkatkan profil, serta memperkuat kontrol.

  1. Manajemen Stok Lebih Baik

Keuntungan kedua yang bisa didapatkan minimarket yang menggunakan software ERP adalah membuat manajemen stok menjadi lebih baik. Sistem pada ERP memiliki kemampuan dalam menyediakan informasi secara terperinci mengenai berbagai produk seperti ketersediaan maupun kapan produk tersebut harus di stok lagi. Terdapat tools yang sangat bermanfaat baik untuk minimarket maupun industri ritel yaitu berkaitan dengan perkiraan kebutuhan inventaris.Dengan melakukan analisa terhadap tren perbelanjaan para pelanggan pada periode sebelumnya, maka Anda bisa melakukan modifikasi terhadap persediaan barang atau produk. Dengan begitu, minimarket tersebut mampu memenuhi permintaan dan otomatis membuat manajemen stok tetap dalam kondisi yang baik.

  1. Pembelian Inventaris Menjadi Efektif

ERP memiliki sistem pembelian yang sudah terintegrasi dengan inventaris. Hal ini memberikan keuntungan karena Anda bisa mendapatkan pemberitahuan secara otomatis untuk bisa melakukan pembelian pada saat stok barang menipis. Pengajuan barang yang dilakukan secara internal juga lebih mudah.Staff hanya perlu memasukkan produk atau stok mana saja yang perlu dibeli. Kemudian manajer menyetujui permintaan stok tersebut secara langsung dari sistem. Kemudian, purchase order secara otomatis akan terkirim pada vendor. Cara tersebut terbukti efektif dan lebih mudah karena tidak banyak menghabiskan waktu Anda.

  1. Pembayaran Lebih Cepat

Selain proses pembelian, proses pembayaran dengan menggunakan ERP juga lebih cepat. Biasanya di dalam sistem minimarket sudah mencakup sistem POS yang berfungsi mencatat data penjualan. Sistem tersebut memberikan kemudahan kepada para karyawan dan sekaligus mampu menurunkan potensi terjadinya human errors.Sistem POS tersebut juga menciptakan sebuah transaksi yang lebih cepat sehingga pelanggan pun tidak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu, sistem ini juga mampu menyediakan informasi terkait data secara real-time. Data tersebut akan langsung tersimpan dalam database yang terpusat. Dengan begitu, manajemen bisa lebih mudah di dalam melakukan pengawasan terhadap semua cabang minimarket yang ada.

  1. Manajemen Pelanggan Terpusat

Memanfaatkan software ERP juga membuat Anda bisa mengelola pelanggan ketika harus menghadapi tantangan untuk bisa mempertahankan pelanggan serta mendapatkan pelanggan baru. Software ERP memiliki kemampuan yaitu dapat mencatat data seputar perbelanjaan pelanggan. Data tersebut nanti bisa digunakan untuk melakukan analisa terhadap tren yang bisa Anda manfaatkan pada saat menawarkan promosi dan menciptakan sebuah pengalaman belanja yang bersifat personalisasi.

  1. Memudahkan Menghitung Harga dan Diskon

Minimarket merupakan salah satu bisnis tempat harga yang bisa berubah kapan saja. Oleh karena itu pengelolaan harga yang dilakukan secara manual menjadi tidak efektif. Apa lagi jika barang-barang yang dijual bervariasi. Untuk itulah kehadiran software ERP dapat menjadi solusi bagi Anda.Sistem yang ada di dalam ERP mampu melakukan pencatatan seputar riwayat harga dan juga diskon secara otomatis. Dengan begitu, proses perhitungan yang ada di mesin kasir menjadi lebih cepat lengkap dengan rincian harganya.

  1. Terkoneksi dengan Modul yang Lain

Minimarket memerlukan berbagai kanal yang nanti dapat digunakan dalam waktu yang bersamaan agar operasi bisnis menjadi lancar. Software ERP mampu mengintegrasikan kanal tersebut di dalam sebuah platform yang telah terintegrasi. Dengan begitu, seluruh departemen bisa membagikan datanya dengan lebih mudah dan cepat.Mereka tidak perlu lagi membuat memo antar departemen satu dengan departemen lainnya secara manual. Semua pembaruan melalui ERP sudah bisa dicek dengan mudah. Selain itu, karyawan juga bisa mengakses data kapan saja sehingga membuat komunikasi menjadi lebih efektif  dan efisien.Itulah beberapa keuntungan minimarket  yang menggunakan software ERP di tengah persaingan yang semakin ketat. Aplikasi ERP dilengkapi dengan fitur yang mampu meningkatkan efektivitas dalam menjalankan operasi bisnis yang selanjutnya akan memberikan dampak positif terhadap profit minimarket. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like