Cara Mudah Membuat Laporan Fiscal Income Statement

Laporan fiscal income statement adalah laporan laba rugi yang seharusnya dikeluarkan oleh setiap usaha yang berjalan. Terkadang walau sifatnya wajib, banyak juga dari Anda yang belum memahami mengenai jenis laporan fiscal income statement ini. Bagaimana kemudian Anda bisa membuatnya, jika pengertiannya saja Anda belum terlalu jelas?Mau tidak mau tentu Anda harus memahami mengenai laporan fiscal income statement dahulu, sebelum Anda bisa belajar mengenai cara membuatnya. Cara membuat laporan fiscal income statement bisa Anda temukan pada pembahasan kali ini. Namun sebagai awalan, akan dijelaskan lebih dalam mengenai laporan fiscal income statement.Jadi bagi Anda yang tertarik untuk dapat menguasai cara pembuatan laporannya, pastikan Anda juga memahami mengenai apa dan bagaimana fungsi laporan tersebut. Semoga informasi yang diberikan pada bagian di bawah ini, akan sangat membantu Anda dalam pengelolaan laporan keuangan nantinya. Silahkan simak penjelasannya pada bagian di bawah ini dengan tidak kekurangan sesuatu apapun ya!

Apa yang Dimaksud dengan Fiscal Income Statement?

Informasi pertama yang dibutuhkan dalam upaya membantu Anda membuat laporan fiscal income statement adalah mengenai apa itu fiscal income statement. Jangan sampai Anda berusaha membuat laporan fiscal income statement, namun sebenarnya tidak memahaminya.Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan fiscal income statement. Bagaimana Anda bisa memahaminya? Tentu adalah dengan menyimak pembahasan kali ini. Pembahasan di bawah ini akan membahas dengan lengkap apa itu fiscal income statement dan membuat Anda tidak bingung lagi laporan seperti apa yang sebenarnya ingin Anda buat.Fiscal Income Statement adalah laporan keuangan yang dibuat oleh sebuah perusahaan setelah balance sheet dan cash flow. Istilah lain untuk laporan ini adalah laporan laba rugi yang dapat memberikan informasi mengenai sebenarnya berapa besar pendapatan dan beban yang ditanggung oleh perusahaan tersebut.Jadi setelah melihat laporan keuangan ini, Anda bisa mengetahui berapa jumlah tepatnya keuntungan kotor dari perusahaan Anda. Namun setelah dikurangi dengan beban (expense) perusahaan, maka Anda bisa mengetahui juga berapa keuntungan bersihnya.Sangat bermanfaat bukan suatu fiscal income statement yang Anda buat? Sebenarnya lebih daripada itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa diberikan dari suatu laporan fiscal income statement. Penasaran apa saja manfaatnya? Silahkan simak penjelasannya pada bagian di bawah ini ya.

Bagaimana Fungsi dari Fiscal Income Statement Tersebut?

Anda sudah memahami pengertian formal dari fiscal income statement, artinya kini Anda sudah cukup jelas dengan jenis laporan yang ingin dibuat. Namun selain informasi tersebut, sebenarnya Anda juga perlu memahami kegunaan dari laporan yang Anda buat.Mengetahui kegunaan dari laporan yang akan Anda buat, bisa menjadi alasan kuat untuk Anda membuat laporan fiscal income statement yang terbaik. Informasi inilah yang sebaiknya Anda manfaatkan untuk kebutuhan pengembangan hasil laporan yang lebih baik.Jadi, sudah penasaran ingin tahu apa yang saja manfaat dari laporan fiscal income statement yang Anda buat? Terus simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lengkap lagi mengenai apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan tersebut.

  • Melihat Bagaimana Efisiensi Kebijakan Keuangan dalam Perusahaan
  • Memberikan Referensi Hasil Evaluasi Keuangan Perusahaan
  • Mengetahui Apakah Usaha Untung atau Rugi
  • Mengetahui Berapa Besar Pajak yang Harus Dibayarkan Perusahaan
  • Menjadi LAndasan dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan

Berikut Cara Mudah Membuat Laporan Fiscal Income Statement Anda!

Bagaimana menurut Anda seluruh manfaat dari fiscal income statement yang biasanya Anda buat? Sekarang Anda semakin jelas bukan mengapa penting sekali laporan fiscal income statement ini dibuat? Jadi itulah sebabnya Anda terlebih dahulu perlu mengetahui apa dan bagaimana manfaat dari membuat laporan ini.Setelah sudah cukup jelas dengan kedua informasi sebelumnya, Anda sudah bisa mempelajari bagaimana cara mudah membuat laporan fiscal income statement. Simak penjelasan pada bagian di bawah ini, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut.

  1. Buat Header Berisi Judul Laporan Fiscal Income Statement Tersebut

Anda harus membuat laporan fiscal income statement yang dilengkapi dengan judul. Jadi, pastikan selalu menempatkan judul dari laporan Anda di bagian header (kepala) kertas yang digunakan. Hal ini akan membuat laporan Anda lebih mudah untuk diproses oleh pembaca nanti 

  1. Hitung Total Beban yang Diperoleh Pada Kolom Neraca Lajur

Berikutnya cara mudah membuat laporan fiscal income statement dapat Anda lakukan dengan menghitung total beban yang diperoleh. Seluruh total beban yang dimiliki oleh perusahan Anda apapun jenisnya harus tercatat dalam bagian ini. Lakukan penjumlahan atas seluruh besar beban tersebut dan lanjutkan ke tahapan berikutnya.

  1. Hitung Total Pendapatan yang Diperoleh Pada Kolom Neraca Lajur

Tahapan berikutnya dari pembuatan laporan fiscal income statement ini adalah penghitungan pendapatan. Hasil dari pendapatan yang telah ditotal ini mencakup seluruh bentuk uang masuk dari keuntungan penjualan usaha Anda. Jumlahkan semuanya pada kolom neraca lajur.

  1. Lakukan Perhitungan Selisih Pendapatan dan Beban Sebelumnya

Terakhir cara mudah membuat laporan fiscal income statement ini ditutup dengan melakukan perhitungan untuk menemukan selisih antara pendapatan dan beban. Jika hasil selisih menunjukkan pendapatan lebih besar, maka itulah jumlah keuntungan Anda. Jika beban lebih besar, maka itulah kerugian Anda.

Demikianlah tadi penjelasan yang sangat lengkap terkait cara mudah membuat laporan fiscal income statement yang perlu Anda kuasai. Ternyata tidak cukup hanya mengetahui cara membuatnya saja bukan? Anda juga harus mempelajari mengenai apa fiscal income statement tersebut dan bagaimana fungsinya.Menggunakan informasi yang lengkap seperti ini, Anda bisa segera menguasai tidak hanya cara untuk membuat laporan fiscal income statement, tetapi juga bisa memahami mengapa dan untuk apa laporan tersebut dibuat.Tentunya Anda tidak akan mudah menemukan informasi lengkap seperti ini di tempat lain. Jadi pastikan untuk menyimak pembahasannya dan menggunakan informasi tersebut untuk kebutuhan Anda dalam membuat fiscal income statement saja.Selamat menggunakan informasinya dan pastikan Anda membuat laporan fiscal income statement yang tepat dan mencakup berbagai kebutuhan informasi yang memang seharusnya ada dalam laporan keuangan tersebut saja. Semoga laporan buatan Anda sukses menyampaikan seluruh informasi yang dibutuhkan ya!


You Might Also Like