Cara Promosi Usaha yang Paling Efektif

cara_promosi_usaha_yang_paling_efektif

Saat ini  banyak jenis usaha yang beroperasi, mulai dari  makanan ringan dan minuman hingga jasa angkutan penumpang. Tentu saja, agar bisnis berjalan dengan baik dan membuat  orang tertarik, Anda perlu memiliki strategi promosi yang akurat. Oleh karena itu, berikut  adalah beberapa strategi pemasaran modern yang bekerja untuk bisnis yang berbeda. 

Strategi atau Cara Promosi Usaha Saat Ini 

1. Social Media Marketing 

Pertumbuhan internet di dunia termasuk Indonesia membuat media sosial banyak digunakan oleh banyak orang untuk kampanye, strategi promosi, dari mencari teman hingga mempromosikan bisnis mereka. Media sosial merupakan cara yang paling efektif untuk bisa memasarkan produk ataupun layanan. Fitur yang tersedia di berbagai media sosial  saat ini sangat membantu untuk memasarkan bisnis yang berbeda. Contoh media sosial  yang biasa didaftarkan oleh pelaku bisnis adalah Instagram. Jejaring sosial untuk mengunduh foto dan video ini sangat bagus untuk bisnis. Selanjutnya, penggunaan hashtag di Instagram dapat menarik konsumen baru. Dengan media sosial, menjadi lebih mudah, lebih efektif, dan lebih menguntungkan untuk memasarkan produk. 

2. Membuat Website 

Selain menggunakan media sosial, membuat website adalah strategi promosi yang tepat untuk memasarkan berbagai bisnis saat ini. Adanya website ini membuat bisnis yang dipromosikan semakin layak dan profesional. Contoh sederhananya adalah seseorang di bisnis dekorasi pernikahan. Agar lebih profesional,  pemilik bisnis tidak hanya dapat menggunakan jejaring sosial, tetapi juga  menggunakan situs web. Hal ini dimaksudkan agar bisnis yang diikuti orang tersebut dikenal  dan dapat dicari di mesin pencari seperti Google. Membuat website sebagai suatu strategi pemasaran yang bisa dibilang mudah dan juga sulit. 

3. Menjual Melalui Marketplace

Tidak hanya sibuknya jejaring sosial karena perkembangan Internet, tetapi munculnya pasar juga merupakan dampak dari perkembangan Internet. Tidak hanya website yang berkembang di Indonesia, tetapi ada  puluhan bahkan ratusan pasar. Setiap marketplace memiliki karakteristiknya sendiri. Menggunakan pasar adalah strategi promosi yang baik karena di pasar bisnis yang ada dapat dipasarkan ke kategori tertentu. Misalnya, jika seseorang bergerak dalam bisnis jual beli sepeda motor, sepeda motor yang dijual di pasar ini akan termasuk dalam kategori sepeda motor. Dengan memasarkan berdasarkan kategori,  orang akan  dengan mudah menemukan produk.  

4. Membuat Video Promosi Melalui Youtube 

Ketika mendengar kata Youtube, tentunya Anda akan langsung memikirkan sebuah platform yang berisi banyak video dari berbagai genre. Misalnya kategori game, horor, vlog dan lain-lain. Lebih dari sekedar sarana untuk membuat konten, Youtube adalah alat yang cocok untuk menjadi strategi promosi bisnis. Ini karena untuk video itu lebih mudah menarik perhatian banyak orang daripada suatu teks. Video  promosi juga dapat menggunakan berbagai metode, mulai dari  video promosi animasi bentuk panjang, dan banyak lagi. Hal terpenting dari pemasaran video promosi ini adalah bagaimana video dibuat yang  dapat menarik perhatian orang. 

5. Pemasaran Menggunakan Meme 

Memasarkan bisnis Anda melalui media sosial benar-benar berhasil, tetapi apakah Anda pernah memasarkan produk menggunakan meme? Jika bisnis Anda ditujukan untuk kaum muda,  lebih masuk akal untuk menggunakan meme. Strategi promosi ini mencakup strategi promosi saat ini dan juga mudah  diingat oleh banyak orang. Mempromosikan produk melalui meme  juga  lebih mudah, karena banyak  akun media sosial  yang merekomendasikan meme tersebut kepada pengikutnya. Bisnis yang beroperasi menggunakan strategi promosi melalui meme dapat didistribusikan ke seluruh akun meme sosial. 

6. Endorsement Selebgram 

Dengan pertumbuhan Internet dan Instagram, orang-orang dengan pengikut Instagram yang besar telah menjadi pusat perhatian. Istilah saat ini untuk orang-orang ini adalah selebriti Instagram atau Selebgram. Keberadaan para selebriti  ini dengan mudahnya menjadi strategi untuk mempromosikan produk melalui  endorsement. Selebriti ini dapat dihubungi melalui Instagram atau pesan langsung untuk menanyakan harga endorsement. Endorsement di Instagram juga dikenal sebagai iklan berbayar atau iklan berbayar. Sehingga dengan adanya endorsement, bisnis yang dikelola akan semakin dikenal  karena dipromosikan oleh para selebriti. 

7. Membuat Spanduk atau Brosur yang Menarik 

Tentu saja, di jalan raya Anda sering menemukan spanduk menarik yang mungkin menggelitik atau mengejutkan seseorang. Ada juga spanduk yang berkibar di jalan dalam jumlah besar per meter. Ini adalah contoh strategi promosi yang unik tapi membosankan. Cara  ini ibarat pedang bermata dua, untung bisa menguntungkan dan  merugikan. 

8. Memahami Target Pasar Produk 

Sebelum menerapkan strategi promosi di atas, tentunya pelaku bisnis perlu memahami produk apa yang dipromosikan. Misalnya, jika target produk adalah anak muda, pemasaran melalui media sosial  seperti Instagram bisa menjadi pilihan. 

9. Bergabung dengan Komunitas Pengusaha Lain 

Dalam menjalankan bisnis tentunya tidak bisa sendiri, paling tidak pengusaha membutuhkan pengusaha lain. Rekan-rekan pengusaha ini hadir dengan tujuan untuk saling berbagi  bisnis yang dijalankan, berbagi tips promosi, dan sering berkolaborasi untuk menciptakan bisnis baru. 

10. Memperluas hubungan dengan Media 

Tidak hanya memperluas hubungan dengan pengusaha lain, pengusaha juga dapat terhubung dengan media. Social media marketing juga bisa menjadi solusi  bisnis yang Anda jalankan untuk menarik lebih banyak konsumen. Saat ini, banyak perusahaan dijalankan oleh banyak orang, dan banyak strategi pemasaran juga telah diterapkan oleh mereka. Bagi pengusaha pemula, tidak ada  salahnya  mencoba strategi promosi di atas untuk menarik minat konsumen. Satu hal lagi, jika cara di atas tidak terlalu menarik maka jangan menyerah. Masih ada jalan menuju kesuksesan. Inilah strategi atau cara promosi usaha yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin memulai bisnis. Promosi merupakan hal yang penting dalam bisnis. Jika Anda ingin memiliki bisnis yang sukses dan makmur, Anda harus mengetahui  strategi bisnis. Selain itu, Anda juga harus melakukan akuntansi yang tepat dan optimal dengan menggunakan software akuntansi sehingga Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan baik tanpa takut penipuan keuangan.


You Might Also Like