Jangan Gagal Paham Dengan Istilah Vendor, Partner dan Customer

jangan_gagal_paham_dengan_istilah_vendor_partner_customer.png

Bagi Anda yang sedang menjalani bisnis atau sedang dalam pekerjaan yang berhubungan dengan pihak luar, seperti Public Relationship (PR), marketing dan purchasing, pasti tidak asing lagi dengan istilah vendor, partner dan customer. Ketiga istilah tersebut memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam pekerjaan atau bisnis Anda. Untuk semakin memperlancar pekerjaan Anda, tidak ada salahnya mengerti dan mengenal lebih dalam lagi tentang istilah vendor, partner dan customer. Berikut akan kami jabarkan definisi, perbedaan, dan fungsi dari istilah-istilah tersebut.

Vendor

Istilah vendor sebenarnya cukup sederhana, yaitu penjual. Namun tidak semua penjual adalah vendor. Secara rinci definisi vendor sendiri adalah pihak eksternal dari suatu badan usaha atau bisnis, yang menjual bahan baku atau bahan mentah, menjual jasa, menjual barang jadi atau barang yang telah diolah yang nantinya akan digunakan untuk keberlangsungan jalannya perusahaan atau dijual ke konsumen akhir.Vendor biasanya memiliki harga dan kebijakan khusus, serta beberapa tidak menjual langsung secara eceran kepada konsumen akhir. Untuk dapat bekerja sama, pihak vendor menawarkan proposal penawaran terlebih dahulu ke perusahaan. Biasanya perusahaan akan menilai dari segi harga dan kualitas barang dan jasa yang ditawarkan. Terkadang ada juga perusahaan yang justru menawarkan kerjasama kepada vendor. Tidak ada aturan baku mengenai ini.Fungsi dari vendor adalah sebagai pihak kedua atau pihak luar yang menjamin ketersediaan barang atau jasa, untuk keberlangsungan kegiatan operasional atau kegiatan jual beli perusahaan. Biasanya mereka akan menyediakan banyak barang, karena vendor tahu bahwa pihaknya merupakan penyedia untuk badan usaha lain. Vendor juga memberikan keuntungan bagi Anda, karena mereka biasanya memberikan harga yang jauh lebih murah daripada harga di pasar. Beberapa contoh vendor adalah sebagai berikut:

  1. Bagi perusahaan baju, perusahaan benang dan kancing merupakan vendor. Tapi bagi toko baju, perusahaan bajulah yang termasuk vendor.
  2. Pada bidang bisnis event organizer, fotografer, decor dan venue merupakan vendor dalam bentuk jasa dan barang. EO biasanya akan menawarkan vendor-vendor yang belum klien dapatkan. 
  3. Perusahaan jasa cleaning service merupakan vendor bagi badan usaha lain yang menggunakan jasanya. Cleaning service tidak dijual lagi kepada pihak lain, tetapi digunakan untuk kepentingan jalannya perusahaan.

Partner

Definisi partner disini ada 2. Pertama, partner adalah suatu pihak yang melakukan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan. Contohnya adalah vendor atau supplier.Sedangkan definisi partner yang kedua adalah suatu pihak atau bisa disebut teman yang ikut menanamkan modal atau menyumbangkan tenaga untuk bersama-sama mencapai goals perusahaan yang telah ditentukan sebelumnya. Partner yang dimaksud disini adalah orang yang juga ikut bekerja didalam perusahaan Anda.Fungsi dari partner ini secara garis besar adalah untuk mendukung kegiatan operasional Anda dan disisi lain mendatangkan keuntungan atau laba. Untuk fungsi dari definisi partner yang kedua adalah membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang ada dan bersama-sama mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.Apakah perlu memiliki partner sebelum memulai bisnis? Sangat perlu! Namun Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih partner. Kami akan berikan beberapa tips untuk mendapatkan partner yang tepat.

  1. Memiliki visi misi yang sama supaya tidak saling berbelok saat badan usaha Anda telah jalan.
  2. Memiliki job desk yang jelas untuk Anda dan partner, sehingga tidak ada double job atau tumpang tindih job desk.
  3. Saling mengisi kelemahan dan kekurangan masing-masing, sehingga bisa saling menutupi untuk dapat sama-sama mencapai goals perusahaan.
  4. Pilihlah partner yang sekiranya dapat dipercaya supaya ketika Anda lengah atau tidak ada ditempat, partner Anda tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.
  5. Pastikan Anda dan partner sama-sama dapat menerima kritik dan saran satu sama lain.

Customer

Definisi customer adalah seseorang, sekelompok orang, atau badan usaha yang membeli barang atau jasa yang Anda jual. Customer sendiri diambil dari kata custom yang berarti kebiasaan. Arti kata customer juga adalah pelanggan. Berarti seseorang dapat dikatakan sebagai customer apabila memiliki kebiasaan berbelanja atau membeli barang dan jasa yang Anda tawarkan secara berkala, bukan hanya satu kali.Customer memiliki 2 klasifikasi, yaitu customer internal dan customer eksternal. Disebut customer internal biasanya adalah dari perusahaan atau toko cabang. Misalkan, toko makmur memiliki usaha berjualan es krim dan memiliki cabang di lokasi lain. Ketika es krim coklat habis dan pesanan dari pusat belum datang, maka toko makmur membeli terlebih dahulu es krim coklat dari cabang lain. Maka toko makmur adalah customer internal.Sedangkan customer eksternal adalah pembeli dari pihak luar suatu badan usaha. Bisa itu konsumen akhir langsung, atau badan usaha lain yang menganggap Anda sebagai vendor mereka. Tanpa adanya customer, kegiatan operasional Anda akan berhenti bahkan berujung bangkrut. Untuk mendapatkan customer memang bukan hal yang mudah. Terkadang Anda harus memberikan proposal penawaran, memasang iklan, bahkan menggunakan jasa sales untuk mengundang customer membeli produk dan jasa yang Anda jual serta menjaga hubungan yang baik, supaya terjadi pembelian yang selanjutnya. Hal ini diperlukan untuk dapat menjadikan konsumen sebagai customer dan merangkul customer yang sesuai dengan pangsa pasar yang diharapkan.

Setelah mengetahui benar perbedaan dan fungsi dari vendor, partner dan customer, Anda juga perlu mengetahui perbedaan yang signifikan dari tiga istilah tersebut. Vendor, partner dan customer sama-sama memiliki fungsi dan keuntungan sendiri-sendiri bagi jalannya badan usaha Anda. Mereka tidak bisa dipisahkan satu sama lain.Vendor adalah sebagai penyedia untuk memproduksi barang dan jasa pada badan usaha untuk kemudian dijual kembali. Istilah ini cocok dipakai sebagai bentuk kerjasama antar perusahaan untuk dapat menghasilkan barang atau jasa yang siap di jual.Partner sebagai pendamping Anda untuk menjalankan bisnis. Partner harus juga memperhatikan jalannya badan usaha Anda. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan seseorang yang juga ikut berkorban waktu, tenaga dan uang untuk tercapainya tujuan badan usaha Anda.Customer sendiri adalah yang mendatangkan keuntungan untuk bisnis Anda. Mereka membayarkan sejumlah uang untuk membeli hasil produksi. Istilah ini digunakan untuk orang atau sekelompok orang yang secara rutin membeli barang atau jasa dari perusahaan Anda.


You Might Also Like