Kenali Apa Itu Cloud ERP Saas Serta Kegunaannya Bagi Bisnis Wholesale Anda

Gambar Blog Ukirama Kenali Apa Itu Cloud ERP Saas Serta Kegunaannya Bagi Bisnis Wholesale Anda

Cloud ERP saas (software as a service) adalah suatu sistem perencanaan untuk membangun sumber daya perusahaan yang beroperasi pada platform cloud vendor yang dapat perusahaan akses melalui jaringan internet. Aplikasi ini mengintegrasikan fungsi ERP ke dalam bisnis keuangan dan operasional yang penting yang tersedia dalam satu sumber data. Sumber data tersebut mencakup pesanan, barang inventaris, bantuan pengadaan barang produksi, distribusi pengiriman serta pemenuhan. Dengan menggunakan aplikasi ERP berbasis cloud, bisnis wholesale dapat mengelola operasi mereka dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi. Oleh karena itu, aplikasi grosir online perlu menggunakan software untuk meraih kesuksesan dan pertumbuhan yang stabil untuk kedepannya. 

Cloud ERP Adalah? 

Jenis perangkat lunak untuk merencanakan sumber daya perusahaan yang dapat digunakan pada platform komputasi cloud provider, bukan pada pusat data perusahaan itu sendiri. Enterprise Resource Planning ( ERP) adalah software modular yang dirancang dan dibuat untuk mengintegrasikan proses bisnis perusahaan. Misalnya kegiatan akuntansi, pembelian, penjualan dan lainnya ke dalam sistem terpadu yang ada pada perusahaan itu sendiri. Apa Itu Cloud ERP Saas? Cloud ERP Saas ( Software as a service) adalah perangkat lunak yang menyediakan akses penuh ke sistem ERP. ERP sendiri merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola dan mengintegrasikan seluruh proses bisnis perusahaan seperti pembelian dan penjualan barang, proses produksi, pengiriman serta transaksi keuangan.Dengan menggunakan Saas ERP, perusahaan akan dapat mengelola operasional sendiri secara efisien tanpa harus membeli perangkat keras dan lunak secara terpisah. Cloud ERP Saas menjadi sangat penting karena memberikan kemudahan dalam mengelola operasional bisnis perusahaan. Selain itu, ia juga dapat membantu proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi operasi, meningkatkan kualitas pelayanan, serta meningkatkan kinerja bisnis perusahaan. Hal ini dapat diwujudkan dengan adanya akses tak terbatas serta dapat dimonitor secara real time. Oleh karena itu Cloud ERP Saas menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan perkembangan perusahaan dalam jangka panjang. 

Bisnis Wholesale Online? 

Wholesale adalah bisnis distribusi barang dengan cara membeli produk barang yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat besar kepada perusahaan penyedia. Dan selanjutnya, barang tersebut akan disortir menjadi bagian unit unit kecil lalu didistribusikan kembali kepada industri, pebisnis, kantor dan sebagainya. Sistem wholesale online saat ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang distribusi. Yang membedakan nya dengan pihak distributor adalah kesepakatan kerja yang resmi antara pihak penyakit dengan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, setiap perusahaan memiliki distributor resmi di berbagai daerah nya tetapi tidak memiliki wholesale nya. Karena wholesale membeli produk dan memasarkan nya sendiri dan tidak terkait kesepakatan dengan pihak manapun sehingga dapat menjadikan nya sebagai bisnis grosir multinasional. 

Manfaat Cloud ERP Saas Bagi Bisnis Wholesale

Pada bisnis wholesale, dalam menjalankan proses operasi nya dibutuhkan efisiensi dan pengoptimalan operasi untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan yang stabil. Software ERP wholesale ini menjadi solusi terbaik untuk dapat membantu bisnis mengelola prosesnya dengan efisien dan pengoptimalan kinerja karyawan dengan baik. Berikut manfaat Cloud ERP Saas Untuk bisnis wholesale:

  1. Kemudahan Akses Dan Fleksibel

Fleksibel merupakan salah satu manfaat utama dari software bisnis grosir ini. Melalui sistem ini, anda dapat mengakses data perusahaan dari mana saja dan kapan pun melalui koneksi internet. Hal ini membuat Anda mampu bekerja di lokasi manapun dengan mudah dan efisien. Aplikasi wholesale online ini dapat Anda gunakan untuk saling mengintegrasikan sistem operasi yang berbeda dalam perusahaan seperti keuangan, pemasaran, dan lain sebagainya. Dengan integrasi yang terpusat pada satu cloud ini, membuat semua divisi karyawan dapat mengakses ke data yg sama sehingga proses bisnis akan lebih cepat. 

  1. Meningkatkan Efisiensi

Dalam bisnis wholesale, efisiensi sangat diperlukan agar anda dapat mengakses bisnis secara realtime dari mana saja hanya dengan koneksi internet yang stabil. Hal ini menjadikan anda dapat mengelola proses bisnis dengan mudah dan cepat. Sistem yang saling terintegrasi membuat cloud ERP ini menjadi sangat cepat diakses dan dibutuhkan karyawan dalam  pengambilan data perusahaan, hal ini menjadikan proses operasional perusahaan menjadi cepat tanpa hambatan. 

  1. Biaya Yang Lebih Terjangkau

Software ERP berbasis cloud menjadikan sistem ini memiliki satu wadah khusus ( database) yang digunakan perusahaan yang berupa cloud untuk menyimpan semua proses kegiatan bisnis perusahaan. Hal ini menjadikan software wholesale online ini dapat digunakan tanpa perlu anda membeli perangkat keras dan lunak nya.Hal ini menjadikan anda dapat mengurangi biaya pemeliharaan untuk departemen IT bukan?Penggunaan cloud juga dapat anda akses melalui browser sehingga menjadikan ini solusi ERP tradisional untuk pengelolaan nya. Hal ini lah yang membuat ERP cloud akan lebih membutuhkan biaya yang terjangkau untuk jangka panjangnya. Selain itu, biaya pemeliharaan dan perawatan juga akan berkurang karena vendor akan bertanggung jawab penuh untuk menyediakan teknis dan memelihara sistem tanpa perlu anda pikirkan masalah biaya nya. 

  1. Keamanan Data Yang Akan Lebih Terjamin

Keamanan data menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan untuk pengelolaan bisnis grosir. Dengan Cloud ERP Saas, anda akan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dari ERP lainnya. Solusi ERP modern ini menjadi sangat diminati bagi industri bisnis wholesale. Data perusahaan akan aman tersimpan pada data center yang akan dilindungi oleh vendor. Serta vendor akan bertanggung jawab penuh untuk menjaga nya serta mengatasi masalah yang mungkin saja akan terjadi. Sehingga perusahaan tidak akan direpotkan dengan kendala yang mungkin saja akan dihadapi perusahaan. Anda juga dapat mengatur akses untuk setiap divisi karyawan pada Perusahaan. Dengan hak kontrol setiap divisi tersebut, akan menjamin bahwa data perusahaan akan aman. Secara menyeluruh, software grosir online ini menjadi solusi terbaik untuk bisnis grosir yang mengusung tingkat keamanan. Dengan sistem ini juga, anda dapat memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena data center yang aman akan terlindungi oleh vendor. 

  1. Mudah Mengakses Dalam Jarak Jauh

Jika anda harus mengadakan rapat atau dinas luar, tidak perlu khawatir karena anda akan tetap dapat mengakses urusan kantor dengan menggunakan cloud ERP ini.Sistem ini dirancang untuk memudahkan setiap karyawan dalam mengakses data di mana pun. Bahkan anda dapat mengakses nya hanya dengan menggunakan smartphone anda . Untuk bisnis yang memiliki beberapa kantor cabang bahkan jika ada yang berada di luar kota, bisnis grosir ini dapat diakses dan memiliki satu integrasi data yang sama. 

Software ERP Cloud Base Terbaik

Setelah membahas mengenai manfaat Cloud ERP Saas Untuk bisnis wholesale anda, simak beberapa sistem wholesale ini yang dapat perusahaan anda gunakan:

  1. Ukirama ERP

Ukirama ERP merupakan sistem ERP berbasis cloud buatan anak Indonesia. ERP berbasis cloud akan menggunakan jaringan internet untuk pengoperasiannya. Keuntungan jenis sistem seperti ini yaitu pengguna dapat membuka dan menggunakan sistem ERP dimanapun dan kapanpun serta data yang tersedia bersifat real time. Dalam sistem Ukirama ERP memiliki banyak modul yang siap untuk digunakan, seperti modul penjualan, pembelian, produksi, persediaan, keuangan, human resource, hingga service. Modul-modul tersebut akan saling terhubung, sehingga memudahkan perusahaan untuk mengatur proses-proses yang ada di dalamnya. Integrasi ini termasuk ke dalam modul keuangan, sehingga laporan keuangan akan selalu terupdate dengan data yang terbaru. Jenis usaha yang cocok untuk menggunakan Ukirama ERP adalah trading, distribusi, makanan, retail, kontraktor, dan manufaktur.Keunggulan dari sistem Ukirama ERP yaitu proses bisnis yang diadaptasi dalam sistem sudah disesuaikan dengan proses bisnis yang ada di Indonesia. Oleh karena itu pelaporan pajak akan lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini juga ditunjang oleh salah satu fitur Ukirama ERP dalam mengubah transaksi yang ada dalam sistem menjadi template pelaporan e-Faktur. 

  1. SAP Business One

SAP Business One sendiri merupakan sistem ERP yang berasal dari Jerman. Dalam sistem ERP ini disediakan dua jenis instalasi, yaitu on-premise dan cloud. On-premise yaitu pemasangan pada infrastruktur server yang dimiliki oleh perusahaan atau dengan kata lain perusahaan perlu untuk memiliki server internal perusahaan. Cloud yaitu pemasangan sistem akan ditempatkan pada penyimpanan online, sehingga perusahaan tidak perlu menyediakan fasilitas server pribadi. Modul yang ada dalam SAP Business One meliputi keuangan, penjualan, pengadaan, dan persediaan. Dengan adanya modul-modul ini, perusahaan dapat mengelola dengan baik proses bisnis yang dilakukan.

  1. Oracle Netsuite ERP

Oracle NetSuite ERP merupakan sistem ERP yang berasal dari Amerika Serikat. Layanan ERP yang ditawarkan oleh Oracle akan berbasis cloud, sehingga penyimpanan data akan dilakukan pada penyimpanan online. NetSuite menyediakan layanan modul yang mencakup pengelolaan akuntansi, keuangan, cabang perusahaan, persediaan, penjualan, rantai pasok, dan pengelolaan gudang. Keuntungan dari penggunaan modul ini akan mengotomatisasi proses keuangan, informasi persediaan yang terpercaya, optimisasi rantai pasok, pengelolaan pesanan yang lebih baik, dan meningkatkan efisiensi dari gudang perusahaan. Dengan penggunaan modul-modul tersebut, maka perusahaan dapat mengelola proses bisnis dengan efektif dan efisien. Semua layanan atau modul dari NetSuite bersifat all-in-one atau pengguna akan mendapat semua modul tersebut.

  1. Ramco

Ramco ERP merupakan sistem ERP yang dibuat oleh Ramco System Limited yang berasal dari India. Layanan atau modul ERP yang ditawarkan oleh Ramco meliputi keuangan, rantai pasok, manajemen aset perusahaan, manajemen proyek, produksi, manajemen kualitas, dan personalia (HR). Layanan dari ramco bersifat cloud atau penyimpanan data dan akses menggunakan jaringan internet. Lini bisnis yang cocok untuk menggunakan layanan ERP dari Ramco meliputi logistik, jasa profesional, produksi, peminjaman peralatan, kontaktor, dan energi.

  1. Deskera

Deskara merupakan sistem ERP yang memiliki kantor pusat di Singapura dan memiliki pasar di Asia Tenggara. Jenis sistem ERP yang dikembangkan oleh deskara merupakan sistem ERP yang berbasis cloud atau penyimpanan dan penggunaan yang berbasis online, sehingga penggunaan akan lebih fleksibel. Modul atau fungsi yang disediakan oleh Deskara meliputi pengelolaan keuangan, persediaan, penjualan, dan personalia (HR).Cloud ERP Saas memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan anda. Penggunaan nya dan akses yang mudah membuat cloud ini lebih fleksibel dan memudahkan proses bisnis. Oleh karena itu, cloud ERP ini menjadikan solusi yang tepat bagi anda pemilik perusahaan wholesale untuk memudahkan dan meningkatkan efisiensi proses bisnis anda!


You Might Also Like