Kenali Apa Itu Distributor, Serta Bedanya Dengan Supplier, Agen Dan Reseller!

Bedanya Dengan Supplier, Agen Dan Reseller!

Apa itu distributor? Mungkin jika kita sebagai pemilik usaha atau berprofesi sebagai pelaku usaha, istilah dari distributor bukan sesuatu hal rumit bukan? Beda cerita jika kita masih orang awam dan baru pertama kali terjun ke dalam dunia bisnis, yang mana rasa ingin tahu tentang apa itu distributor sangatlah tinggi. Buktinya, anda disini ingin mencari tahu tentang pengertiannya kan?Jika anda memiliki niat dalam menjalankan profesi di dunia bisnis, maka pastikan mencari tahu tentang penjelasan tentang seputaran distributor. Yang mana akan membuat anda tahu tentang konsep dasar istilah, tugas hingga fungsi dalam pengelolaan bisnis yang berkaitan dengan distributor. Perlu diketahui kalau peran dari distributor ini sangatlah penting, karena distributor adalah kunci ketersediaan stok yang dibutuhkan oleh konsumen. Jadi pastikan anda harus mengetahui dengan detail dan jelas tentangnya.Lantas apa itu distributor? Dalam pembahasan ini akan menjelaskan tentang pengertiannya hingga sampai pada fungsi dan jenis-jenis distributor yang ada. Selain itu, pembahasan ini juga akan memperlihatkan anda tentang perbedaan distributor dengan supplier, agen dan reseller. Mari simak detail pembahasannya dibawah ini.

Apa itu Distributor?

Apa itu distributor? Secara umum, distributor ini diambil dari bahasa inggris, yakni “Distributor” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah “Penyalur”. Tetapi, dalam kesehariannya, distributor lebih dikenal oleh banyak orang dan banyak juga yang memakainya. Pengertian distributor secara ekonomi adalah sekelompok atau seseorang yang menyalurkan atau sebagai penyalur barang (produk) sehingga bisa diterima oleh berbagai konsumen.Sementara proses distribusi bisa dipahami dengan anda membeli produk pada produsen, kemudian dijualkan kembali sehingga berada di tangan pengecer atau konsumen langsung. Istilah dari distributor juga sangat identik dengan membeli produk produsen yang berjumlah besar. Dengan begitu, pengertiannya sendiri dapat dianggap sebagai penghubung pertama antar produsen dan juga konsumen. Berhubungan perolehan keuntungan, distributor mengambil harga penjualan pada konsumen dan potongan harga yang berasal dari produsen.

Fungsi Distributor

Bagaimana dengan fungsi distributor? Sesudah anda mengenal apa itu distributor atau pengertiannya, maka selanjutnya anda akan melihat tentang fungsi-fungsinya. Distributor memiliki fungsi yang sebagai membeli produk, menjual produk, menyimpan produk, mengklasifikasi produk, mengangkut barang hingga mengikuti promosi. Detail pembahasannya, bisa lihat dibawah ini.

1. Membeli produk

Seperti yang sudah dibahas diatas, dimana distributor adalah pihak membeli produk seperti barang maupun jasa yang berasal dari produsen. Dan kemudian, pihak distributor menyalurkan barang yang sudah dibeli sebelumnya pada pengecer atau konsumen langsung.

2. Menjual produk

Peran dan fungsi dari distributor ini juga sebagai berjualan  produk. Dalam berjualan produk, distributor dapat memanfaatkan aplikasi distributor terbaru tahun 2023. Pasalnya, jika anda menggunakan software distribusi terbaik tahun 2023, maka penjualan barang dapat terjual dan terlaksana dengan mudah. Bahkan,  adanya software distributor terbaik di Indonesia bisa membuat pencatatan data barang dan beberapa hal penting lainnya dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi distribusi terbaik di Indonesia. Setiap produk yang sudah dibeli, lalu disimpan langsung oleh distributor, yang pastinya akan dijualkan kembali. Target pasar dari distributor sendiri juga termasuk pada pengecer, pedagang kecil ataupun langsung pada konsumen langsung.

3. Menyimpan produk

Selanjutnya fungsi distributor adalah menyimpan produk. Seorang produsen akan menyimpan produknya ketika sudah membeli produk yang berasal dari produsen dengan jangka waktu tertentu. Jadi, tak heran jika distributor besar mempunyai banyak gudang dengan tujuan untuk menyimpan produk sementara. Mungkin anda dapat gunakan aplikasi logistik terbaik di Indonesia dalam mengontrol dan mengatur produk yang akan disimpan.

4. Mengklasifikasi produk

Selain untuk menyimpan produk, ternyata distributor juga mempunyai untuk mengklasifikasi produk yang sudah dibeli dengan berdasarkan ukuran, jenis produk dan beberapa informasi penting terkait produk tersebut. Coba perhatikan spare part management system untuk pengelolaan penjualan yang lebih mudah, ini sudah termasuk dengan proses distribusi pada tangan konsumen.

5. Mengangkut barang

Dalam penjualannya, distributor akan menyalurkan produknya pada konsumen targetnya. Hal tersebut ditandai bahwa distributor mempunyai fungsi untuk memastikan kalau setiap produknya yang disalurkan pada tangan pedagang atau konsumen sudah berjalan dengan baik dan aman tanpa terjadi kerusakan terhadap produk tersebut.

6. Mengikuti promosi

Selain produsen, ternyata distributor juga mempunyai fungsi untuk memasarkan produk atau barang yang dijual. Aktivitas yang seperti ini tentunya sangat menguntungkan juga bagi distributor. Karena distributor sendiri merupakan pihak membeli dan kemudian menjualnya kembali hingga barang atau produknya sampai ke tangan konsumen.

Jenis-jenis Distributor

Agar anda lebih dalam lagi mengenal distributor, maka anda dapat memperhatikan tentang setiap jenis distributor yang ada. Pada umumnya, jenis-jenis distributor terdiri dari distributor barang, jasa dan perorangan. Nah, untuk penjelasan yang lengkap mengenai jenis-jenis tersebut, coba perhatikan penjelasan dibawah ini.

  • Distributor barang

Distributor barang adalah salah satu jenis penyalur yang akan memilih produk usaha berupa barang. Artinya masih dalam bentuk fisik yang dijualkan pada konsumen. Distributor barang banyak disukai oleh pelaku bisnis, karena alur distribusinya adalah pihak produsen yang mempercayakan barangnya pada distributor.

  • Distributor jasa

Distributor jasa merupakan jenis penyalur dengan usaha yang menawarkan jasa. Maksudnya disini, alur distribusi jasa menawarkan produknya langsung pada konsumen tanpa melalui pengecer.  Sistem trading dan distribusi online dapat anda manfaatkan demi pemasaran usaha anda.

  • Distributor perorangan

Distributor perorangan adalah penyalur dengan sistem yang kelihatan sama dengan distributor jasa. Bisnis yang seperti ini menjadi suatu badan usaha dengan memanfaatkan sistem pemasaran. Yang mana ini akan memanfaatkan konsumen dalam jaringan pendistribusian.

Bagaimana Perbedaannya dengan Supplier, Agen dan Reseller?

Gimana dengan penjelasan seputaran distributor? Bagi anda yang sudah mengerti, maka mulai saat ini anda harus membedakan distributor, supplier, agen dan reseller. Mengingat keduanya memiliki tujuan yang sama seperti menjangkau konsumen atau pelanggan yang sesuai dengan targetnya. Sebagai perbedaannya yang seperti apa, anda dapat melihat uraian yang tersusun seperti berikut.

  • Distributor

Dalam pengertian distributor, dimana ini adalah sekelompok orang atau mungkin seseorang yang akan produk milik produsen, dan kemudian akan menjualkannya kembali kepada pedagang kecil ataupun konsumen langsung.

  • Supplier

Hal yang membedakan antar supplier dengan distributor adalah barang yang dijualkan. Apabila seorang distributor menjualkan produknya pada konsumen dengan barang yang sudah jadi atau siap. Sementara supplier adalah pihak yang memberikan penawaran produk mentah untuk diproduksi oleh pabrik maupun perusahaan tertentu.  Coba gunakan software supplier terbaik tahun 2023 untuk mengembangkan bisnis anda sebagai supplier.

  • Agen

Agen seringkali membeli produk atau barang langsung dari distributor. Bisa dibilang kalau agen adalah seseorang atau sekelompok orang (pihak) yang sudah menjadi target dari pasar distributor. Agen sendiri merupakan pihak yang akan membeli barangnya pada distributor dan kemudian akan dijual kembali kepada pelanggannya langsung. Seringkali seorang agen akan berusaha dalam menjangkau pelanggannya sehingga tidak membeli barangnya langsung dari distributor, begitupun dengan sebaliknya.

  • Reseller

Reseller adalah pihak yang akan mengambil barangnya dari produsen atau distributor. Barang yang ada akan dijualkan kembali pada konsumen tanpa adanya perantara. Jika dibandingkan dengan distributor atau agen, jumlah yang akan diambil oleh reseller lebih sedikit. Tak hanya itu saja, perbedaan mencoloknya bisa juga dilihat dari reseller yang tidak membeli maupun menyimpan barang.Yang mana seorang reseller hanya perlu mengunggah gambar produk dan kemudian dijualkan pada pelanggan atau konsumen. Dalam pemasaran, mungkin anda dapat memanfaatkan aplikasi reseller terbaik tahun 2023 atau aplikasi distributor. Mengingat aplikasi distributor dan reseller memiliki fitur terbaik dalam membantu anda untuk mengembangkan usaha yang ada.Pembahasan kita bisa simpulkan kalau distributor adalah pihak yang berpengaruh penting dalam kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Dalam pembangunan bisnis, tentu saja anda akan membutuhkan banyak usaha dan perjuangan yang harus dilalui. Hal tersebut juga sama dengan distributor, dalam hal ini anda harus menggunakan aplikasi trading dan distribusi terbaik tahun 2023. Kenapa? Karena software trading and distribution itu mempunyai fungsi yang baik dengan fitur-fiturnya yang bisa membantu anda dalam mengembangkan usaha sebagai distributor. Dengan bisnis distributor yang berjalan dengan baik dan lancar, maka anda bisa menyusun laporan keuangan dengan akurat. Cobalah manfaatkan aplikasi akuntansi Ukirama untuk membuat laporan keuangan secara otomatis dengan hasil yang lebih akurat.


You Might Also Like