Ketahui Apa Itu Akuntansi Fidusia

ketahui_apa_itu_akuntansi_fidusia

Bicara tentang akuntansi memang sangat luas, ada banyak sudut pandang yang bisa dibahas. Ya, akuntansi tidak hanya membahas tentang keuangan saja. Tetapi juga berkaitan dengan berbagai bidang ilmu yang lain seperti manajemen, hukum, bisnis dan lain sebagainya. Dalam kehidupan perusahaan, akuntansi ini telah menjadi bagian terpenting dalam setiap pengambilan keputusan bisnis. Saking pentingnya, akuntansi perusahaan harus benar-benar ditangani oleh para expert di bidangnya. Bahkan mungkin mau tak mau Anda harus mencari nasihat atau bantuan dari para profesional jika internal perusahaan Anda tidak memiliki sumber daya untuk mengelolanya sendiri. Hingga mungkin dalam beberapa kasus, Anda harus menggunakan akuntansi fidusia.

Apa Itu Akuntansi Fidusia?

Akuntansi fidusia adalah salah satu dari banyaknya bidang akuntansi yang ada. Fidusia sendiri berasal dari kata fides (bahasa Romawi), yang berarti kepercayaan. Istilah fidusia juga diambil dari kalimat Fiduciare Eigendom Overdracht (bahasa Belanda) atau dalam bahasa Inggris Fiduciary Transfer of Ownership yang memiliki arti penyerahan hak milik berdasarkan kepercayaan.Sedangkan Undang-Undang No. 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia, mendefinisikan bahwa Fidusia berarti suatu pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan. Dimana hak kepemilikan benda yang  dialihkan tersebut tetap dipegang oleh si pemilik benda.Dengan kata lain, akuntansi fidusia ini merupakan cabang akuntansi yang terkait dengan pengelolaan dana dalam perwalian. Dalam hal ini, orang maupun agensi yang berperan sebagai fidusia bertanggung jawab atas aset bisnis suatu perusahaan. Seorang fidusia harus menyimpan catatan keuangan terperinci dan menerbitkan laporan berkala tentang status entitas saat mengelola perwalian.Dalam mekanisme akuntansi fidusia ini, terdapat pihak-pihak yang berperan sebagai pemberi dan penerima fidusia. Pemberi fidusia sendiri merupakan orang perseorangan/ korporasi yang memiliki benda yang menjadi objek jaminan fidusia. Sedangkan yang mempunyai piutang yang pembayarannya terjamin dengan jaminan fidusia berperan sebagai penerima fidusia. Penerima fidusia ini bisa seorang akuntan, entitas perbankan, wali amanat, dan pialang saham.

Penerapan Akuntansi Fidusia

Tak hanya dalam lingkup bisnis, akuntansi fidusia juga dapat diimplementasikan dalam pengelolaan harta milik orang yang telah meninggal dan aset untuk anak di bawah umur sampai dia mencapai usia dewasa. Tidak seperti penasihat keuangan lainnya, lembaga fidusia memiliki tanggung jawab secara hukum untuk bertindak demi kepentingan terbaik klien mereka. Sementara itu benda yang menjadi objek fidusia pun mengalami perkembangan. Yang pada awalnya hanya terbatas pada kekayaan benda bergerak yang berwujud saja. Kini juga mencakup kekayaan benda bergerak yang tak berwujud, maupun benda tak bergerak, dan yang terdaftar maupun tidak terdaftar. Jika Anda mempercayakan dana atau aset kepada agen/ lembaga penerima fidusia, mereka akan menempatkan uang itu ke dalam rekening fidusia. Rekening fidusia adalah rekening bank yang Anda miliki tetapi dikelola oleh fidusia.

Apa Saja Tanggung Jawab Akuntansi Fidusia?

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja tanggung jawab fidusia, simak pembahasan tanggung jawab fidusia secara garis besarnya berikut ini:

  • Mengelola aset klien secara etis

Agen/ lembaga fidusia memiliki standar fidusia yang lebih tinggi daripada penasihat keuangan umum. Dalam kerjanya, fidusia harus tidak boleh memiliki konflik kepentingan saat mereka bekerja untuk bisnis Anda. Mereka harus menasehati Anda untuk membuat keputusan yang menguntungkan bisnis Anda daripada yang menguntungkan mereka secara pribadi.

  • Mengungkapkan catatan terperinci

Ketika fidusia memberitahu Anda tentang sesuatu, mereka wajib mengungkapkan catatan terperinci. Contohnya ketika membuat rekomendasi investasi. Catatan tersebut dapat membantu Anda untuk melihat bagaimana keputusan tersebut akan menguntungkan perusahaan Anda.

  • Memperbarui laporan akuntansi

Fidusia harus memperbarui laporan akuntansi Anda dengan mencatat keuntungan dan kerugian modal bisnis. Dan, pihak fidusia perlu menyediakan dokumen pendukung agar pencatatan laporan akuntansi Anda jelas dan akurat.

Manfaat Menggunakan Akuntansi Fidusia

  • Kepentingan Anda menjadi prioritas

Salah satu manfaat terbesar menyewa fidusia untuk menangani aset maupun investasi Anda adalah dapat memberikan Anda pada keputusan terbaik sehingga membawa ketenangan pikiran Anda. Karena fidusia memiliki kewajiban untuk jujur dan bertindak dengan itikad baik maka berarti mereka hanya merekomendasikan strategi yang berguna bagi Anda meski mungkin tidak akan menghasilkan apa-apa bagi mereka.

  • Memaksimalkan aset dan tabungan Anda

Mungkin sulit bagi seseorang yang tidak memiliki pengalaman tentang manajemen keuangan untuk memahami strategi keuangan terbaik dan memilih opsi yang tepat. Bekerja dengan fidusia berarti Anda akan memiliki akses ke panduan konstan dalam memaksimalkan penghasilan Anda.

  • Membantu menavigasi tantangan dan perubahan yang tak terduga

Bekerja dengan akuntansi fidusia memastikan Anda akan mendapatkan nasihat dan bimbingan keuangan yang Anda butuhkan untuk menyesuaikan diri dengan tantangan kehidupan. Fidusia dapat membantu Anda menyempurnakan strategi penyesuaian, memperhitungkan perubahan keadaan Anda, dan mencapai tujuan utama keuangan Anda.

Cara Mendaftar Akuntansi Fidusia

Menurut pasal 13 UU Nomor 42 tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, permohonan pendaftaran jaminan fidusia dapat dilakukan oleh penerima fidusia, wakil atau kuasanya dengan melampirkan pernyataan pendaftaran jaminan fidusia. Pernyataan pendaftaran tersebut mencakup informasi, antara lain sebagai berikut:

  • Tanggal dan nomor akta jaminan fidusia
  • Identitas pemberi dan penerima fidusia
  • Akta notaris jaminan fidusia
  • Data perjanjian pokok fidusia
  • Uraian mengenai objek jaminan fidusia, yaitu identitas benda yang menjadi objek jaminan beserta surat bukti kepemilikannya
  • Nilai benda yang menjadi objek jaminan fidusia
  • Nilai penjaminan

Setelahnya pernyataan pendaftaran tersebut diserahkan kantor pendaftaran fidusia setempat yang kemudian diajukan kepada menteri hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia. Untuk ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran jaminan fidusia dan biaya pendaftaran ini tercantum pada Peraturan Pemerintah.Demikian pembahasan mengenai akuntansi fidusia. Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan Anda tentang jenis akuntansi yang satu ini. Mengingat sifatnya yang sensitif dan vital, akuntansi fidusia harus dilakukan oleh akuntan/ jasa akuntansi yang bersertifikasi atau yang setara serta memiliki rekam jejak yang meyakinkan.Selain itu pastikan pula untuk menggali lebih lanjut tentang calon penerima fidusia sebelum Anda membuat keputusan. Pahami tanggung jawab mereka kepada Anda dan apa saja strategi yang akan mereka lakukan untuk membantu mencapai tujuan Anda.


You Might Also Like

Hubungi kami via whatsapp