Solvabilitas: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

solvabilitas

Apa itu solvabilitas? Dalam menjalankan aktivitas operasional, sebuah perusahaan memerlukan dana untuk bisa membuat aktivitas operasionalnya berjalan. Dana tersebut membantu perusahaan untuk membayar seluruh biaya yang sudah dikeluarkan sehingga mampu menghasilkan keuntungan.Akan tetapi, ketika perusahaan tidak mempunyai dana untuk membayar seluruh pengeluaran, maka kemungkinan besar akan timbul hutang. Sementara itu, setiap perusahaan harus mempunyai kemampuan ketika berhutang, kemampuan tersebut dinamakan solvabilitas.Memang utang menjadi sebuah solusi pada saat tidak mempunyai dana cukup untuk membayar seluruh kegiatan operasionalnya. Untuk jumlah hutang masing-masing perusahaan juga tidak sama. ini tergantung dari kemampuan serta kebutuhan perusahaan tersebut.Apakah perusahaan yang berhutang dalam jumlah besar termasuk perusahaan tidak bagus? Belum tentu. Meskipun hutangnya besar asalkan manajemen perusahaan mampu mengendalikannya maka hal ini tidak menjadi masalah. Solvabilitas menjadi faktor yang sangat penting pada saat perusahaan berada dalam kondisi untuk meminjam dana atau tidak ke kreditor. Kemampuan dalam meminjam dana bisa terlihat melalui solvabilitas. Jadi, ini memang menjadi sebuah kunci perusahaan untuk memperoleh pinjaman.Perusahaan bisa mengetahui berapa banyak dana yang akan mereka dapatkan dari kreditor. Ketika perusahaan memahami seperti apa kemampuan mereka dalam mengembalikan dana yang dipinjam, maka lebih mudah untuk perusahaan tersebut melakukan pengembalian.Pengertian SolvabilitasSolvabilitas merupakan kemampuan bagaimana cara mengembalikan pinjaman, baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Biasanya terkait solvabilitas jangka pendek akan melalui proses perbandingan dan penyesuaian dengan aset lancar.Sementara solvabilitas jangka panjang yaitu pendapatan merupakan poin yang sangat penting di dalam pengukuran kemampuan perusahaan. Untuk mengukurnya, aktiva menjadi sebuah pembanding dalam proses ini.Melalui solvabilitas, Anda bisa memahami seperti apa pengaruh aktiva perusahaan dalam membiayai seluruh pinjaman dari kreditor. Maka dari itu, solvabilitas ini menjadi sebuah pengukuran yang sangat penting untuk perusahaan.Melalui pengukuran tersebut perusahaan bisa tahu kemampuannya dalam mendapatkan dana. Jadi, ketika membahas terkait utang perusahaan maka istilah ini memang tidak dapat Anda kesampingkan.Jenis Rasio SolvabilitasUntuk bisa mengetahui seperti apa kemampuan sebuah perusahaan dalam mengembalikan pinjaman dana, maka Anda bisa mengetahuinya dengan cara menghitung rasio solvabilitas. Terdapat beberapa jenis rasio yang bisa Anda gunakan untuk dapat mengetahui seperti apa besaran pinjaman yang tepat  sesuai kondisi perusahaan.

  1. Debt to Asset Ratio

Debt to asset ratio juga dinamakan rasio hutang terhadap set yang ada pada perusahaan. Rasio tersebut berguna untuk mengukur bagaimana serta sejauh mana aktiva perusahaan dipengaruhi hutang perusahaan,Untuk bisa mengetahui rasio ini, maka Anda cup membandingkan jumlah semua hutang yang Anda diperoleh perusahaan dengan total keseluruhan aset yang ada pada perusahaan. Setelah Anda mengetahui rasio tersebut, nanti Anda juga akan mengetahui bagaimana aset yang dimiliki perusahaan bisa berpengaruh terhadap utang perusahaan. Kemudian perusahaan bisa mengambil tindakan berikutnya untuk bisa meminjam dana sesuai kondisi yang dibutuhkan.

  1. Debt to Equity Rasio

Rasio solvabilitas yang kedua adalah debt to equity ratio alias rasio utang yang dapat berpengaruh terhadap ekuitas sebuah bisnis. Tujuan melakukan penghitungan rasio jenis ini adalah agar bisa memahami seberapa besar hutang perusahaan dapat mempengaruhi ekuitas perusahaan tersebut.Bagaimana cara menghitung rasio ini? Untuk menghitungnya tidak jauh berbeda dengan jenis rasio yang pertama. Akan tetapi, yang dijadikan sebagai pembanding yaitu ekuitas perusahaan. Dengan begitu, semua hutang yang dimiliki perusahaan harus Anda bandingkan dengan total ekuitas perusahaan.Dari sini Anda akan tahu seperti apa kemampuan perusahaan tersebut dalam membayar hutangnya. Selain itu, melalui cara ini Anda juga tahu bagaimana hutang dapat mempengaruhi ekuitas.

  1. Tangible Assets Debt Coverage

Selain kedua jenis rasio solvabilitas di atas, masih ada satu lagi yaitu tangible assets debt coverage. Tujuan menghitung menggunakan rasio ini yaitu untuk bisa memahami seberapa jauh pengaruh dari hutang jangka panjang terhadap aset tetap perlahan. Perhitungan ini memang agak berbeda dibandingkan jenis sebelumnya.Ketika Anda menghitung tangible assets debt coverage, Anda akan tahu seperti aset tetap dalam bentuk nomina mata uang. Aset inilah yang nantinya akan digunakan untuk membayar total hutang jangka panjang perusahaan tersebut. Ketika sudah mendapatkan hasil penghitungannya, perusahaan bisa menarik kesimpulan untuk memperoleh total pinjaman sesuai dengan kemampuan dari perusahaan tersebut.Manfaat dari Solvabilitas Bagi PerusahaanUntuk beberapa kasus, solvabilitas bisa menjadi poin penting yang akan membebankan beberapa bisnis. Akan tetapi, jika Anda melihat sisi positifnya, kehadiran solvabilitas bisa membantu perusahaan agar tidak mengalami kesulitan di masa yang akan datang ketika ingin membayar semua dana yang telah dipinjam.Perusahaan bisa mengetahui besaran pinjaman yang diperlukan serta bagaimana cara membayar dana tersebut kepada kreditor. Ketika perusahaan berhasil menerapkan solvabilitas ini, perusahaan bisa beroperasi dalam waktu yang lama. Mengapa?Alasannya karena perusahaan tersebut tidak merasa terbebani dengan harus membayar pinjaman dana. Apalagi jika dana yang dipinjam dalam jumlah yang besar. Pinjaman tersebut tentunya harus dikembalikan dengan jumlah yang sama atau mungkin bisa lebih besar jika berlaku bunga di situ.Untuk itu, solvabilitas menjadi kunci bagi bisnis agar bisa terhindar dari kedutan tersebut. solvabilitas menjadi sebuah kesempatan bagi perusahaan untuk memperoleh dana pinjaman sesuai yang dibutuhkan perusahaan tersebut dengan memperhatikan kondisinya. Perusahaan juga bisa mengetahui kemampuannya dalam membayar pinjaman tersebut.KesimpulanSekian informasi seputar solvabilitas dan jenis-jenisnya. Jadi, solvabilitas menjadi faktor yang sangat penting yang memungkinkan perusahaan untuk meminjam dana sesuai kebutuhan. Solvabilitas juga menunjukkan seperti apa kemampuan perusahaan dalam membayar hutang-hutangnya tersebut kepada kreditor.Terdapat beberapa jenis solvabilitas yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, jika Anda ingin perusahaan mampu bertahan dan tidak terbebani dengan hutang yang harus dibayar, maka Anda harus bisa menerapkan solvabilitas dengan baik. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like