Klien Ukirama - Paranje Active

Paranje: Kelola Ratusan Unit Peternakan dengan Ukirama ERP

ERP terintegrasi dengan aplikasi produksi Paranje App, monitor pengeluaran dan hasil panen jadi gampang.

300+

mitra terbaru

90%

efisiensi meningkat

100.000+

dokumen dikelola

Testimoni Paranje

Profil Paranje

PT ASputra Perkasa Makmur (ASPM), yang dikenal dengan brand-nya Paranje, didirikan tahun 2020. Paranje sendiri adalah produk dari ASPM, yang berupa kemitraan dengan skema bagi hasil atas peternakan ayam broiler. ASPM menawarkan produk Paranje500 dan Paranje5000, yaitu kemitraan dengan kapasitas kandang 500 dan 5.000 ekor.

Lokasi

Indonesia

Fitur Kunci

Manufacturing, Inventory, Sales, Purchases, Accounting, Project, Finance

Industri

Manufaktur

Sistem Sebelumnya

Pencatatan manual

Masalah

ASPM sebelumnya menggunakan spreadsheet Excel untuk mencatat pembelian bahan baku dan alat produksi, penggunaan bibit ayam, dan perkembangan setiap ekornya di kandang. ASPM juga masih mencatat siklus panen serta budget pembangunan kandang secara manual, yang memakan banyak waktu serta rawan error.

Manajemen ASPM kesulitan untuk melihat laporan stok yang menunjukkan penggunaan pakan atau jumlah ternak yang ada di satu waktu. Mitra Paranje juga sulit untuk melaporkan progress setiap siklus panen kepada manajemen pusat.

Strategi

Setelah kurang dari 2 bulan implementasi bersama tim konsultan Ukirama, ASPM sudah bisa mulai menggunakan modul accounting, finance, inventory, manufacturing, dan project.

Dengan Ukirama, ASPM bisa mengelola inventory dengan rinci. Jumlah pakan yang terpakai bisa terukur dalam satuan sak (karung) dan kilogram, sehingga sisa pakan bisa terlihat di laporan stok dengan akurat.

ASPM juga memakai modul manufacturing untuk menjadwalkan siklus panen: setelah pertumbuhan ternak mulai dari bibit Day-Old-Chick (DOC) hingga dewasa dan siap panen. Sistem Ukirama ERP kemudian diintegrasikan dengan aplikasi Paranje App supaya mitra bisa memantau pemasukan, pengeluaran, dan perkembangan ternak di setiap kandang.

ASPM juga memakai modul Project untuk mengelola pembangunan kandang baru maupun proyek terkait kandang dan mitra yang sudah berjalan, baik Paranje500 maupun Paranje5000.

Nabia Nurhamdani

“Sistemnya Ukirama itu betul-betul mudah digunakan, dan sudah bisa integrasi dengan aplikasi produksi kita, Paranje App. Ini sangat membantu dalam perhitungan pendapatan peternak.”

Nabia Nurhamdani

EVP of Poultry Operation ASPM

Hasil

ASPM mengalami peningkatan efisiensi sampai 90% dengan menggunakan Ukirama ERP. Bahkan, saat ini Ukirama juga sudah terhubung dengan aplikasi mobile Paranje, sehingga mitra ASPM bisa melihat pengeluaran, jadwal pemberian pakan, dan pemasukan dari setiap kandang.

Sekarang, setiap proyek kemitraan bisa dipantau budget dan pengeluarannya, untuk memastikan bahwa mitra dan ASPM terus mencetak profit. Sejak mulai menggunakan Ukirama di tahun 2020, Paranje sudah berkembang dari 1 business unit menjadi 4 business unit.

Upgrade Bisnismu Sekarang

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Konsultasikan Gratis »