10 Cara Untuk Menurunkan Biaya Operasional Pada Perusahaan

10_cara_untuk_menurunkan_biaya_operasional_pada_perusahaan

Dalam perusahaan tentu penting untuk memperhatikan biaya operasional. Biaya operasional ini merupakan pengeluaran uang yang digunakan untuk aktivitas pokok perusahaan itu sendiri. semakin besar biaya operasional yang ditanggung maka semakin kecil profit yang dihasilkan. Biaya operasional meliputi beban pokok penjualan termasuk biaya iklan, gaji karyawan, sewa dan semua biaya yang berkaitan dengan produksi dan penjualan produk. Manajemen operasional tentu perlu diterapkan agar pengeluaran perusahaan terkendali dan keuntungan yang diinginkan bisa tercapai. Cara Menurunkan Biaya OperasionalAda beberapa trik yang bisa anda lakukan agar biaya operasional yang dikeluarkan tidak begitu besar. Walau dalam rangka menghemat biaya operasional namun trik-trik berikut ini tak lantas mengurangi kualitas produk yang ditawarkan.

  1. Berhemat Biaya Transportasi

Biaya transportasi terkadang menjadi beban yang memberatkan perusahaan jika rutin dilakukan. Apabila tidak dipenuhi tentu perjalanan dinas yang dilakukan terhambat dan perusahaan tidak bisa berkembang. Untuk mengakali biaya transportasi guna keperluan dinas ini rekomendasikan karyawan untuk menggunakan transportasi kelas ekonomi. Misalnya saja untuk perjalanan dinas yang menggunakan transportasi udara seperti pesawat disarankan menggunakan kelas ekonomi saja. untuk transportasi guna pengiriman barang ke tangan konsumen gunakan jasa pengiriman yang memberikan harga dan pelayanan terbaik. Biasanya jika anda membuat account atau menjadi langganan jasa pengiriman tersebut maka tersedia harga khusus dari pihak ekspedisi.

  1. Atur Jadwal Cuti Karyawan

Jadwal cuti yang tak diatur dengan bijak juga akan membuat perusahaan merugi. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kerja lembur karena harus menutupi pekerjaan staf yang cuti tersebut. Aturlah waktu cuti karyawan sehingga anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk kerja lembur. Untuk pengajuan cuti juga tidak diperkenankan mendadak kecuali alasan kuat yang tak bisa dihindari seperti terkena musibah atau kecelakaan.

  1. Bijak Memakai Listrik dan Air

Kebutuhan akan tenaga listrik dan air tentu dibutuhkan oleh semua jenis perusahaan. Untuk itu instruksikan karyawan untuk menggunakan listrik dan air secara bijak. Dari hal sederhana saja misalnya matikan AC ketika tidak digunakan begitu pula mematikan perangkat komputer dan lampu saat tidak dipergunakan. Periksalah keran atau saluran air di perusahaan siapa tahu ada yang bocor sehingga air tak berhenti mengalir.

  1. Efisiensi Penggunaan Kertas

Penggunaan kertas untuk kebutuhan berbagai dokumen perusahaan seperti surat-surat ataupun invoice juga perlu menjadi perhatian anda. Beralihlah untuk menggunakan elektronik paper atau menggunakan aplikasi yang menunjang meeting anda secara online atau digital. Kini faktur pajak saja sudah menggunakan digital lalu kenapa invoice anda tak beralih memakai invoice digital saja?

  1. Batasi Pelatihan Yang Tidak Perlu

Sebenarnya dengan pelatihan karyawan tentu kemampuan staf yang anda pekerjakan juga akan semakin baik. Bijaklah dalam melakukan pelatihan seperti pilah pelatihan yang memang perlu dilakukan dan mana yang tidak. Terkadang anda juga perlu membuat karyawan anda untuk mau belajar sendiri sehingga lebih kompeten.

  1. Kurangi Rapat-Rapat Di Hotel Berbintang

Terkadang melakukan rapat diluar kantor memang diperlukan agar lebih santai dan cepat akrab. Biarpun begitu jika anda sering melakukan rapat di luar kantor apalagi di hotel-hotel berbintang tentu biaya operasional perusahaan juga ikut melonjak. Manfaatkan ruangan perusahaan sebagai tempat rapat. Fasilitasi ruangan rapat anda dengan keperluan yang dibutuhkan seperti proyektor, laptop , AC untuk menunjang presentasi di hadapan klien.

  1. Batasi Penggunaan Internet

Internet memang sangat dibutuhkan perusahaan untuk keperluan informasi dan komunikasi. Terkadang ada pula karyawan yang menggunakan internet untuk wara-wiri di media social, mengunduh atau streaming video yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Tentunya hal ini akan merugikan anda selaku pemilik perusahaan. Sediakan waktu tersendiri untuk karyawan yang ingin menggunakan internet untuk keperluan pribadi agar tidak mengganggu pekerjaan utamanya.

  1. Evaluasi Fasilitas Kendaraan

Selanjutnya lakukan evaluasi fasilitas kendaraan perusahaan. Perawatan juga diperlukan oleh setiap kendaraan yang anda miliki. Beberapa bulan sekali mobil atau motor juga perlu dicek ke bengkel apakah ada bagian onderdil yang perlu diganti atau tidak. Cek apakah mobil yang perusahaan gunakan perlu diupgrade ke model yang lebih baru atau yang digunakan saat ini masih sangat layak digunakan.

  1. Cari Barang Subtitusi

Tentu ada beberapa barang yang digunakan memiliki harga beli tinggi. Entah itu barang untuk produksi maupun administrasi. Lakukan riset untuk mendapatkan barang substitusi yang jauh lebih murah namun memiliki kualitas yang sama. Disinilah anda dituntut lebih kreatif dan berani untuk melakukan eksperimen.

  1. Kurangi Penggunaan Konsultan

Beberapa perusahaan terkadang menggunakan konsultan untuk membantu mereka mengambil keputusan. Coba kaji kembali peran mereka dalam kemajuan perusahaan anda. Apakah anda kini sudah mandiri dan tidak memerlukan bantuan mereka lagi atau tidak.


You Might Also Like