4 Alasan Pentingnya Aplikasi Pembukuan untuk Akuntansi Bisnis Anda

4_alasan_pentingnya_aplikasi_pembukuan_untuk_akuntansi_bisnis_anda

Aplikasi pembukuan juga penting dimiliki oleh semua jenis perusahaan. Tak hanya perusahaan berskala besar, bisnis mikro pun juga memerlukannya. Bagaimanapun juga, pembukuan adalah komponen penting dalam perkembangan bisnis. Sebab, pembukuan yang baik akan membentuk kondisi finansial yang sehat.  Tentu saja, kondisi finansial yang sehat akan memicu perkembangan bisnis yang baik.

Jadi, Seperti Apa Pembukuan Yang Baik?

Dalam bisnis, pembukuan adalah dasar dari sistem akuntansi atau pencatatan keuangan. Melalui pembukuan Anda bisa melihat bagaimana kondisi finansial, keuntungan, dan kerugian dalam  bisnis atau perusahaan Anda. Bahkan, pembukuan juga bisa menjadi bahan penilaian dalam bisnis. Pembukuan merupakan rekaman aktivitas yang terjadi dalam bisnis. Dengan begitu, kita bisa mengetahui dampaknya untuk kelangsungan bisnis yang dijalani.Jika aktivitas bisnis yang dijalankan membawa keuntungan, maka Anda tinggal menyusun strategi untuk mempertahankan atau meningkatkannya. Bisa dibilang, pembukuan merupakan faktor  vital dalam menentukan perkembangan perusahaan. Semakin rinci pembukuan dalam perusahaan, maka semakin baik pula dampaknya pada kelangsungan bisnis yang dijalankan.Tahapan dalam membuat pembukuan yang baik, sebagai berikut :

  1. Mencatat pengeluaran dan pemasukan

Ketika membuka usaha, Anda perlu membuat buku khusus pengeluaran yang berisi catatan semua aktivitas pengeluaran dan belanja yang dilakukan. Mulai dari biaya operasional, bahan baku, hingga gaji karyawan harus dicatat dengan baik dan jangan sampai ada yang terlewat. Setelah itu, Anda bisa membuat catatan yang merekam semua aktivitas yang terkait pemasukan dalam buku yang terpisah. Sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan harus dicatat dengan baik. Sebab, sekecil apapun jumlah uang yang masuk atau keluar sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis.

  1. Membuat buku kas utama

Langkah selanjutnya adalah membuat buku kas utama dengan menggabungkan transaksi pengeluaran dan pemasukan. Buku kas utama ini berfungsi agar Anda bisa mengetahui dengan jelas setiap keuntungan atau kerugian yang didapatkan.

  1. Membuat buku stok dan inventaris barang

Transaksi tidak hanya sekedar uang yang masuk dan keluar saja. Barang yang masuk dan keluar pun juga perlu dicatat agar mempermudah Anda memonitornya. Oleh karena itu, Anda perlu membuat buku stok dan inventaris barang. Selain mempermudah kontrol barang yang masuk dan keluar, buku stok barang juga membantu mencegah adanya kecurangan yang mungkin dilakukan supplier atau oknum tertentu. Sementara itu, buku inventaris barang sangat berguna untuk menjaga aset perusahaan agar mudah dikontrol dan tidak hilang begitu saja. Adanya buku inventaris barang juga mempermudah kegiatan mutasi.

  1. Membuat laporan laba dan rugi

Buku laba dan rugi digunakan untuk mencatat setiap keuntungan atau kerugian yang terjadi. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah bisnis yang Anda jalani sedang untung atau malah merugi. Laporan laba dan rugi juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk menyusun strategi bisnis yang akan dilakukan kedepannya serta melacak jumlah pajak yang harus dibayarkan nantinya.

  1. Membuat laporan perubahan ekuitas

Laporan ekuitas berisi perubahan modal yang terjadi pada bisnis atau perusahaan. Jumlah ekuitas bisa Anda dapatkan dengan menghitung selisih antara aset dan kewajiban. Dengan adanya laporan ekuitas, Anda bisa dengan mudah mengetahui bagaimana penggunaan modal dalam perusahaan.

  1. Membuat neraca keuangan

Dengan adanya neraca keuangan, Anda bisa mengetahui posisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui nilai perusahaan setelah menjalani berbagai aktivitas keuangan. Laporan ini meliputi unsur harta, kewajiban, dan modal.

Pentingnya Aplikasi Pembukuan

Membuat pembukuan terlihat merepotkan, bukan? Membuat pembukuan dengan cara manual memang rumit dan rentan mengalami error  sehingga tidak efisien dan justru memperlambat kinerja akuntan. Tapi, Anda tak perlu khawatir. Sebab, perkembangan teknologi telah mempermudah hidup kita, termasuk dalam urusan membuat pembukuan. Di zaman yang canggih ini, kita bisa memanfaatkan aplikasi pembukuan yang prosesnya lebih cepat dan akurat.Dengan begitu, waktu luang kita untuk mengembangkan bisnis pun lebih banyak. Apalagi, sudah banyak aplikasi pembukuan yang  terintegrasi dan berbasis cloud sehingga data yang kita masukan lebih aman. Agar Anda lebih yakin dalam menggunakan aplikasi pembukuan, berikut 4 alasan pentingnya aplikasi pembukuan :

  1. Akurasi data lebih tinggi

Akurasi data sangat penting dalam laporan keuangan. Aplikasi pembukuan memperkecil kesalahan data yang kerap terjadi pada pembukuan manual sehingga data yang dihasilkan lebih akurat. Sebab, aplikasi pembukuan telah didukung dengan sistem khusus sehingga berbagai kesalahan seperti duplikasi data bisa dideteksi dengan mudah.

  1. Informasi keuangan lebih lengkap

Aplikasi keuangan bisa memberikan informasi keuangan yang lebih lengkap karena dilengkapi oleh fitur yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa aplikasi pembukuan bahkan  dilengkapi fitur untuk memprediksi arus kas dan berbagai detail mengenai rincian keuangan yang kita butuhkan.

  1. Pengelolaan pajak lebih mudah

Beberapa aplikasi keuangan juga memungkinkan kita membuat laporan tentang berapa banyak pajak yang dibayarkan pada faktur atau pajak yang telah dibayarkan  selama periode tertentu. Dengan begitu, Anda lebih muda mengumpulkan data untuk melakukan pelaporan pajak.

  1. Data tersimpan aman

Selain bisa diakses di mana saja, data yang tersimpan dalam aplikasi pembukuan juga lebih aman. Aplikasi pembukuan biasanya terintegrasi oleh cloud dan koneksi internet sehingga resiko kehilangan data bisa diminimalisir. Apalagi, aplikasi pembukuan yang tersedia biasanya memiliki garansi keamanan data sehingga lebih terjamin.

Cara Memilih Aplikasi Pembukuan yang Baik

Untuk menemukan aplikasi pembukuan yang tepat, Anda perlu melakukan berbagai pertimbangan. Berikut hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih aplikasi pembukuan :

  • Siapkan dana dan lakukan riset harga

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan untuk membeli aplikasi. Setelah itu, lakukan riset untuk menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang telah Anda siapkan.

  • Pahami kebutuhan bisnis Anda

Catat dengan detail apa saja kebutuhan dalam bisnis Anda. Lalu cari tahu fitur apa saja yang Anda butuhkan dari sistem pembukuan tersebut.

  • Diskusikan dengan ahlinya

Agar tidak salah pilih, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan software yang Anda percaya. Meskipun Anda paham bagaimana akuntansi bekerja, mungkin Anda belum sepenuhnya memahami bagaimana software akuntansi bekerja. Jadi, sebaiknya berdiskusi terlebih dahulu dengan ahlinya agar menemukan aplikasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.Itulah alasan pentingnya aplikasi pembukuan dalam bisnis. Selain mempermudah Anda, aplikasi pembukuan juga membantu meminimalisir kesalahan data. Dengan begitu, kondisi finansial dalam bisnis Anda bisa dikontrol dengan baik.


You Might Also Like