6 Media Sosial Terpopuler untuk Membantu Pemasaran Digital Anda

6_media_sosial_terpopuler_untuk_membantu_pemasaran_digital_anda

Dunia digital sudah mulai dikenal dan digunakan oleh semua orang. Tak hanya terpaku pada golongan usia tertentu tetapi semua kalangan mulai dari yang muda sampai yang tua. Kementrian Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa sekarang ini pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang. Ini membuktikan bahwa dunia digital sudah menjadi bagian dari hidup dari setiap orang yang menggunakannya. Banyak orang lebih memilih media sosial sebagai kegiatan alternatif yang menghibur di sela-sela kesibukan mereka. Tak dapat dipungkiri bahwa media sosial menjadi tempat yang penting untuk orang melihat informasi tentang orang-orang yang mereka kenal. Selain itu juga untuk informasi terkini dan berita-berita hangat yang sedang terjadi. Di dalam dunia bisnis media sosial banyak dipakai untuk Digital Marketing (Pemasaran Digital) untuk meningkatkan penjualan. Tentunya trik pemasaran digital lewat media sosial ini dapat menjangkau mereka yang sering bercengkrama di dunia maya. Hal ini tentunya dapat anda lakukan untuk meningkatkan eksistensi dari produk yang anda jual. Berikut ini adalah 6 media sosial yang cocok untuk pemasaran digital.

Facebook

Siapa yang tidak tahu Facebook? Media sosial buatan Mark Zuckerberg ini berhasil menghipnotis banyak orang untuk menggunakannya setiap waktu. Pengguna aktif Facebook sekarang mencapai 2 milyar per bulan. Tak mengenal usia aplikasi ini digandrungi oleh tua maupun muda. Pada tahun 2016 di Indonesia pengguna Facebook mencapai 88 juta. Fenomena ini membuktikan bahwa banyak orang sangat tertarik untuk menggunakan Facebook. Di kesempatan inilah anda perlu melakukan promosi secara digital lewat media sosial Facebook. Fitur share bisa membuat teman anda untuk membagikan gambar-gambar yang anda upload sehingga makin banyak orang yang melihat produk anda. Anda bisa menggunakan Facebook untuk memasarkan produk anda lewat membuat sebuah grup yang mengunggah foto produk anda secara berkala atau menggunakan fitur Facebook Page. Di samping itu ada juga fitur berbayar Facebook Ads yang dapat mendongkrak kampanye pemasaran anda melalui Facebook.

Instagram

Sudah tidak dipungkiri lagi kepopuleran dari media sosial yang satu ini. Instagram memang menyihir penggunanya untuk sesering mungkin mengupload foto atau video. Kebanyakan dari mereka mengekspresikan aktivitas dan kegiatan yang mereka lalui sepanjang hari. Instagram juga melahirkan banyak selebgram (sebutan untuk artis yang terkenal lewat Instagram). Selebgram ini juga banyak dipakai oleh pengusaha dan perusahaan untuk memasarkan produk mereka karena mereka memiliki banyak followers. Istilah ini lebih dikenal dengan kata endorsement. Di Indonesia sendiri pengguna Instagram berjumlah 45 juta orang. Oleh karena itu, dari jumlah penggunanya yang fantastis, Instagram menjadi media sosial yang tepat untuk pemasaran secara digital. 58% penggunanya adalah remaja dan anak muda yang berkisaran 18-29 tahun. Jika produk anda memiliki target pasar anak muda, pemasaran di Instagram jauh lebih efektif dan lebih gampang menjangkau kaum milenial. Di Instagram juga ada fitur berbayar untuk pemasaran digital yang bernama Instagram Ads.

Youtube

Youtube adalah platform penyedia video streaming terbesar di dunia saat ini. Bahkan banyak artis-artis internet yang lahir dari situs yang satu ini. Ini juga adalah tempat alternatif bagi orang yang mencari informasi setelah Google. Karena ketika mereka sudah mendapatkan informasi secara tertulis lewat Google, mereka ingin melihatnya secara visual dan Youtube adalah situs yang mereka tuju. Youtube bisa dianggap sebagai alternatif dari siaran televisi. Kebanyakan orang membuka situs ini untuk melihat ulasan tentang suatu produk atau kejadian dan peristiwa yang sedang terjadi. Kesempatan ini tentunya sangat bermanfaat untuk melakukan promosi produk secara visual dengan membuat video review tentang produk anda. Di samping itu anda juga bisa mengunggah video tentang acara-acara yang berkaitan dengan produk anda. Ini akan membuat orang memiliki pengalaman visual dan melihat secara langsung produk yang anda jual. Di dalam platform tersebut anda juga dapat menggunakan fitur berbayar yang bernama Youtube Ads. Dengan fitur ini anda bisa membuat sebuah video pendek untuk ditampilkan di situs tersebut.

Twitter

Anda pasti mengenal media sosial yang satu ini. Twitter menjadi media sosial yang penuh sensasi. Orang-orang terkenal seperti artis, tokoh politik, dan musisi sering memakainya untuk mengekspresikan isi hati. Ini membuat banyak orang membuat akun untuk melihat para tokoh-tokoh tersebut. Twitter sekarang memiliki 300 juta pengguna aktif dan menjadi ladang yang bagus untuk mempromosikan produk anda. Promosikan produk anda secara rutin untuk mengundang minat para pengguna Twitter. Namun anda harus mempunyai konten yang bagus baik itu video, foto ataupun tulisan yang menarik minat pengguna sehingga mereka tertarik untuk retweet (hampir sama dengan fitur share di Facebook) postingan anda. Twitter membatasi penggunanya untuk mengunggah video hanya selama 2 menit 20 detik. Oleh karena itu gunakan durasi video itu sebaik mungkin. Twitter juga mempunyai fitur berbayar dalam hal pemasaran digital yang bernama Twitter Ads campaigns.

Line

Media sosial asal jepang ini telah banyak dipakai orang khususnya di indonesia. Penggunanya pun sebanyak 90 juta dan didominasi oleh remaja dan dewasa muda. Salah salah satu alasan mengapa Line bisa sangat populer di kalangan anak muda adalah fitur stiker. Line juga salah satu media sosial yang banyak dipakai pebisnis untuk promosikan produknya. Untuk itu cobalah untuk menggunakan Line sebagai salah satu langkah pemasaran di media sosial. Yang membuat Line berbeda dari media sosial yang lain adalah adanya fitur khusus untuk membuat stiker. Nah jika anda ingin untuk membuat stiker khusus perusahaan atau usaha anda, anda bisa meminta creator stiker untuk membuat membuatnya.

Path

Salah satu media sosial yang cukup populer di Indonesia adalah Path dan hampir mirip dengan Facebook yang membedakannya adalah desainnya yang lebih eye catching (terlihat menarik). Path bisa membantu anda melakukan pemasaran digital. Salah satu fiturnya yang bisa mengunggah dan membagikan foto kepada pengguna lainnya. Anda bisa menggunakan Path untuk meningkatkan pemasaran digital anda di media sosial. Tahun lalu Path menghadirkan fitur berbayar untuk advertising yaitu Path Track yang bisa membuat iklan untuk produk anda.


Sekarang banyak perusahaan menggunakan promosi digital untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Karena sekarang ini media sosial sudah menjadi hiburan untuk sebagian besar orang. Kesempatan ini tentunya harus anda gunakan untuk menambah peluang terjadinya penjualan. Dengan langkah dan strategi yang tepat, ini dapat membantu kampanye pemasaran anda untuk memiliki hasil yang baik. Cr: Berbagai sumber


You Might Also Like